prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

5 STRATEGI PEMBELAJARAN

Posted on | November 1, 2011 | No Comments

Dalam kegiatan pembelajaran oleh guru maupun siswa dibutuhkan suatu strategi supaya hasil yang dicapai efektif dan efisien.Strategi pembelajaran terdapat  makna perencanaan.Yakni, strategi masih bersifat konseptual mengenai keputusan atau langkah yang akan diambil dalam kegiatan pembelajaran.

Secara harfiah, metode yang dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dapat diartikan sebagai strategi.Di dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang isinya mengenai rangkaian kegiatan yang diatur untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu rencana atau rangkaian kegiatan yang didalamnya terdapat metode dan pemanfaatan sumber media yang tujuannya untuk mencapai tujuan pendidikan.

Untuk mencapai tujuan tertentu dibutuhkan strategi.Maksudnya, tujuan dari semua penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan sehingga penyusunan metode pembelajaran, pemanfaatan berbagai media, dan sumber pembelajaran diarahkan ke dalam satu upaya pencapaian tujuan.Namun, sebelum take action diperlukan rumusan suatu tujuan yang jelas supaya dapat diukur tingkat keberhasilannya

Strategi pembelajaran ekpositori

Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang diarahkan pada proses penyampaian materi oleh seorang pengajar kepada siswanya agar dapat menguasai materi secara optimal.Strategi ini diorientasikan kepada pengajar  dalam pendekatan pembelajaran kepada siswanya. Jadi, pengajar memegang peranan penting (dominan) dalam proses pembelajaran.

Strategi Pembelajaran Inquiry

Strategi pembelajaran inquiry adalah strategi pembelajaran yang diarahkan pada proses berpikir secara kritis dan analisis yang betujuan untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban atau hasil dari suatu masalah.Kegiatan pembelajarannya biasanya berupa diskusi atau tanya jawab antara pengajar dan siswa.Strategi ini lebih diorientasikan oleh siswa dalam pendekatan pembelajarannya. Jadi, yang memegang peranan penting (dominan) adalah siswa itu sendiri.

Strategi pembelajaran berbasis masalah

Strategi pembelajaran berbasis masalah adalah strategi pembelajaran yang diarahkan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Dalam strategi pembelajaran ini, terdapat 3 hal yang menjadi ciri utama, yaitu:

  • Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan rangkaian aktivitas atau kegiatan pembelajaran. Artinya, dalam prosesnya siswa tidak hanya sekadar mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi pelajaran saja. tetapi, para siswa diarahkan juga untuk aktif dalam berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, serta menyimpulkannya.
  • Kegiatan pembelajaran untuk menyelesaikan masalah. Strategi pembelajaran ini mengondisikan masalah sebagai  proses pembelajaran. Maksudnya, kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan optimal tanpa adanya suatu masalah.
  • Pendekatan berpikir ilmiah dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Proses  berpikir deduktif dan induktif menjadi acuan utama dalam berpikir secara ilmiah. Dalam prosenya dilakukan secara sistematis dan empiris. Sistematis artinya proses penyelesaian masalah dilakukan secara bertahap. Sedangkan empiris artinya proses penyelesaian masalah yang bersumber atas data dan fakta yang jelas.

Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir

Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir adalah strategi pembelajaran yang ditekankan kepada kemampuan berpikir siswa. Dalam strategi ini, para siswa dalam prosesnya masih dibimbing dan diarahkan untuk menemukan sendiri jawaban masalah melalui dialog yang bersumber dari pengalaman siswa.Jadi, tujuan utama dalam pembelajaran ini adalah pengembangan kemampuan berpikir siswa dengan cara menelaah sumber – sumber terpercaya (fakta) untuk memecahkan suatu masalah.

Strategi Pembelajaran Koperatif

Strategi  pembelajaran koperatif adalah strategi pembelajaran dilakukan oleh siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran atau penyelesaian masalah. Unsur utama dalam strategi ini ada 4, yaitu : ada peserta dalam suatu kelompok, ada aturan kelompok, ada kegiatan belajar dalam setiap kelompok, dan ada tujuan yang jelas dalam kelompok.

baca juga :

cara menyusun silabus

Manajemen pendidikan dan sasarannya

5 strategi pembelajaran

tantangan dalam dunia karir

metode pembelajaran terpadu

Manfaat pendidikan karakter bagi guru

Strategi Pembelajaran

Copyright secured by Digiprove © 2011
"

Comments

Leave a Reply