Portal Informasi STAN Nomor 1

stan ikatan dinas

stan ikatan dinas

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Apakah STAN bukan ikatan dinas lagi?

Posted on | October 8, 2012 | No Comments

Memasuki kampus favorit, berkualitas, serta memiliki banyak peminatnya, pastilah sangat membanggakan. Itulah yang menjadi landasan utama para lulusan SMA SMK ataupun Aliyah untuk memilih kampus.

Apalagi lulusan kampus tersebut terbukti dengan mudah masuk dalam ranah kerja terutama ditambah lagi kampus tersebut termasuk Ikatan Dinas, menjadikan mahasiswanya tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah bahkan mereka akan mendapatkan uang dan  bisa dengan mudah menjadi Pegawai Negri Sipil seperti yang diinginkan oleh ribuan orang.

Merekapun akan terjamin kerjanya di berbagai instansi atau departemen-departemen pemerintahan yang tiap tahunnya selalu membutuhkan tenaga-tenaga professional baru.

Itulah beberapa alasan mengapa banyak orang tua dan juga juga para pelajar yang menginginkan anaknya ataupun dirinya sendiri dapat kuliah di kampus yang merupakan ikatan dinas pemerintah.

Termasuk didalamnya adalah (sekolah Akuntansi Negara) STAN. Kampus ini, selalu menjadi kampus impian bagi para murid-murid lulusan SMA SMK atau Aliyah.Yang membuat minat masuknya siwa/siswi lulusan SMA masuk Sekolah Akutansi Negara (STAN) adalah mahasiswanya sudah terikat Ikatan Dinas seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Sehingga setelah lulus, mereka tidak perlu khawatir lagi untuk masalah pekerjaan, karena secara tidak langsung dengan mereka masuk kampus STAN mereka sudah masuk Pegawai Negri, dan mereka hanya tinggal mempersiapkan diri mereka untuk masalah  penempatannya yang nantinya ditentukan oleh pihak kampus.

Namun mulai tahun 2011, beberapa pendaftar mulai bingung dan khawatir.  Pasalnya, ada kebijakan baru dari kemenkeu mengenai pengaturan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini.

Dan akhirnya, banyak dari para pendaftar  yang bertanya-tanya, apakah, STAN sudah bukan ikatan dinas lagi?

Memang STAN sudah bukan ikatan dinas lagi, sesuai dengan  Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.01/2011 tanggal 14 Desember 2011

“ yang didalamnya merupakan perubahan pada Peraturan Menteri Keuangan No 94/PMK.01/2011 tentang Tentang Tata Cara Penyaringan Dan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II Dari Lulusan Program Diploma I Dan III Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.”

Namun, banyak yang salah mengartikan ikatan dinas ini. karena, sebenarnya, ikatan dinas prinsipnya  adalah selagi kuliah sudah mendapat uang karena status CPNS, tetapi berbeda di  STAN.

Mahasiswa yang masuk dan diterima akan mendapatkan kuliah gratis, lalu setelah lulus para mahasiswa diberi  kesempatan magang sambil menunggu SK penempatan. Lalu setelah beberapa bulan barulah diberi kesempatan menjadi PNS dilingkungan kemenkeu. Jadi walaupun bukan ikatan dinas, namun lulusan STAN akan tetap kerja di lingkungan kemenkeu.

Inilah makanya dalam bidang pendidikan dibedakan antara ikatan dinas yang sepenuhnya diberikan, ada juga ikatan dinas yang hanya sebagian, dan STAN adalah bagian dari yang kedua ini. Dimana mahasiswanya tidak menerima uang, seperti sekolah ikatan dinas pada umumnya, namun kemudahan untuk menjadi Pegawai Negri Sipil akan sangat mudah untuk diraihnya.

Lalu untuk masalah PNS ini, tidak perlu dikhawatirkan, karena banyak yang mengira nantinya mahasiswa STAN akan menghadapi ujian pns seperti yang lainnya, karena sesuai dengan perubahan pasal 5 ayat 3 yang menyatakan bahwa “prodip I dan III Keuangan sekolah Tinggi Akuntansi Negara  Wajib mengikuti ujian penerimaan CPNS sesuai ketentuan yang mengatur mengenai pengadaan Peagawai Negri  Sipil.”

Namun berkaca pada penerimaan CPNS  tahun 2011 kemarin, walaupun mahasiswa STAN mereka tetap mengikuti ujian penerimaan CPNS. Tetapi ujian untuk alumnus STAN, khusus untuk alumnus mahasiswa STAN tidak dicampur seperti yang lain. Dan peluang bagi mahasiswa STAN untuk diterima sebagai PNS lebih besar dari yang lainnya seperti pengalaman tahun kemarin.

Dengan mayoritas mereka bekerja di kemenkeu dan beberapa instansi yang membutuhkan alumnus STAN juga, yaitu sperti BPK (badan pemeriksa keuangan). Itu karena kredibilitas alumnus STAN sudah teruji kemampuannya, baik secara intelektualnya, ataupun kinerjanya, yang memang selalu ditanamkan kedisiplinan, keuletan serta kegigihannya saat menjadi mahasiswa di kampus STAN. Dan merekapun sejak awal kuliah sudah disiapkan untuk bekerja untuk pemerintah.

Jadi walaupun mahasiswa STAN bukan termasuk ikatan dinas lagi, tetapi mahasiswanya tetap lebih mudah untuk dapat mampu masuk departemen keuangan dan intansi pemerintah serta pasti lebih mudah menjadi PNS dari alumni kampus-kampus lain.

"

Comments

Leave a Reply





'