Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Berapa Sih Biaya Setelah Masuk STAN?? Beneran GRATIS??

Posted on | May 4, 2014 | No Comments

Banyak yang menanyakan berapa biaya kuliah yang dikeluarkan untuk kuliah di STAN , Jawabanya GRATIS, alias tidak ada biaya untuk kuliah di STAN.  Karena untuk biaya kuliah selama 3 tahun sudah ditanggung oleh Negara.

Karena Negara hanya menanggung biaya Kuliah saja, maka masih ada beberapa biaya yang masih kita tanggung dan keluarkan, biaya tersebut antara lain:

1.Uang Pendaftaran, uang pendaftaran  untuk mengikuti USM STAN adalah  Rp.150.000,- biaya saat kita akan mendaftar pertamakali di STAN

2. apabila kita lolos USM STAN, sebelum menjadi Mahasiswa dan belajar di STAN diadakan daftar ulang terlebih dahulu, biaya untuk tahun2 sebelumnya sekitar Rp 750.000,00 biaya itu sesungguhnya tidak untuk lembaga STAN, tetapi untuk kegiatan Mahasiswa melalui BEM STAN, hal ini sesungguhnya tidak wajib, dan untuk teman2 yang merasa terlalu berat dengan jumlah iuran kemahasiswaan  itu bisa minta keringanan saat pendaftaran(sudah ada standnya sendiri kok)

3. Setelah tiga tahun belajar, kita lulus dan melaksanakan Upacara Wisuda. Untuk biaya wisuda sendiri sekitar Rp.500.000,00 tidak wajib kok, tapi sayang momen yang ditunggu selama tiga tahun nih, sayang kalau terlewatkan.

Untuk Biaya hidup di STAN Rinciannya seperti ini:

  1. Makanan

Harga makanan di Sekitar kampus STAN terbilang murah(dibanding wilayah Jakarta yang lain lho) contohnya saja dengan 5000 rupiah kita sudah dapat nasi sayur, plus lauknya biasanya tempe, tahu, atau telur.. minumnya kalo air putih gatis,,

2. Tempat Tinggal

STAN tidak menyediakan asrama, jadi beruntung buat kamu yang punya saudara, atau tempat tinggalnya didaerah STAN, biaya tempat tinggal bisa Gratis.. asik bener dah, tempat tinggal gratis, kuliah gratis, jangan2 makan juga gratisan… Mantaaab..

Untuk yang tidak ada saudara, dan berasal dari luar daerah (termasuk saya) biasanya kami ngekos atau menyewa kontrakan.. untuk harga kamar kosnya sendiri harganya cukup variasi dari harga 2,5 jutaan-10 jutaan per tahun ada, kembali lagi tergantung fasilitasnya..biasanya kos memberi fasilitas kasur, lemari, dan meja belajar .

Untuk sewa kontrakan biasanya dilakukan oleh teman2 mahasiswa yang berasal dari satu daerah, biasanya mereka mencari satu rumah untuk ditinggali bersama-sama. Harga sesuai negosiasi dengan pemilik rumah. Untuk tips memilih kos-kosan atau kontrakan, Hindari Calo alias makelar kos(biasanya berkeliaran ketika musim daftar ulang) mending setelah kamu keterima STAN kamu  hubungi kakak kelas yang sudah menjadi mahasiswa terlebih dahulu atau  kalau  gag ada hubungi saya saja, biar nanti saya carikan info

4. Buku dan  Media belajar lainnya

Buku sebenarnya sudah dipinjamkan oleh kampus, tapi untuk melengkapi referensi biasanya teman2 mahasiswa membeli tambahan buku sendiri, untuk biaya tergantung harga bukunya dan kepiawaian kita nego dengan penjualnya.

Media belajar yang lain adalah fotocopyan, biasanya ketika ujian tiba banyak materi yang difotocopy dan ini opsional boleh ikut fotocopy atau tidak terserah kita.

Tips agar mengurangi cost biaya buku ini adalah dengan meminjam ke kakak kelas, ilmu komunikasi sangat penting disini, segera cari kakak kelas yang bisa dipinjam bukunya ketika kamu mendapati kamu masuk
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

5. Biaya Lain-lain

Ini tergantung dirimu mau  menghabiskan uang gimana, kalau memang sudah terbiasa dengan pola hidup ngirit ya biaya lain-lain tidaklah banyak, tapi kalau punya kebiasaan belanja ya siap-siap saja.. hehehe..(banyak pusat perbelanjaan disekitar kampus STAN)

"

Comments

Leave a Reply





'