Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

IAIN Raden Fatah Palembang

IAIN Raden Fatah Palembang

www.radenfatah.ac.id/

Visi&Misi

 

1.      Visi :

Menjadikan IAIN Raden Fatah sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitif.

 

2.      Misi :

a.       Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman, yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional;

b.      Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman, yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan

c.       Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat muslim.

 

      3. Tujuan:

a.     Menyiapkan mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang  beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia,

b.     Menghasilkan sarjana yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap penegakan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusian.

c.     Menghasilkan sarjana yang mampu menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu agama Islam dan seni yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman,

d.     Menghasilkan sarjana yang mampu mengupayakan penggunaan dan penyebarluasan ilmu keislaman dan seni untuk meningkatkan taraf kehidupan  masyarakat dan memperkaya nilai-nilai kebudayaan nasional.

Tujuan tersebut sesuai dengan tugas pokok IAIN yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 33/1985, yakni  “menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas perguruan tingkat menengah yang berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dan secara ilmiah memberikan pendidikan pada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama Islam sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku.”

Tujuan itu diperinci menjadi : (1) Tujuan eksistensial, yakni memberikan pendidikan dan pengajaran agama Islam tingkat universitas serta menjadi pusat untuk memperdalam dan memperkembangkan  ilmu pengetahuan agama Islam. (2). Tujuan institusional, yakni membentuk sarjana muslim yang  ahli dalam ilmu agama Islam dan ilmu-ilmu lainya yang berkaitan, yang bertaqwa dan beraklak mulia, yang cakap dan trampil serta bertanggung jawab atas kesejahteraan umat, bangsa dan negara.

A.Fakultas Syari’ah

 

a.Tugas dan Fungsi
Fakultas Syari’ah merupakan unit pelaksana akademik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi IAIN Raden Fatah dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran, program penelitian, dan program pengabdian kepada masyarkat di bidang ilmu syari’ah (hukum Islam) bagi lulusan pendidikan tingkat menengah dalam program sarjana S1 (Strata Satu).

b. Tujuan Pendidikan
“Menyiapkan sarjana muslim yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan, memperdalam, dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam di bidang ilmu syari’ah serta mengupayakan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan untuk memperkaya nilai-nilai budaya bangsa”. Dengan tujuan tersebut, profil lulusan fakultas ini diharapkan memiliki karakter dan kompetensi:

1. Sebagai warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Kuasa, berakhlak mulia, percaya diri dalam melaksanakan tugas, terbuka, kreatif, objektif serta berfikir sistematis di bidang ilmu syari’ah (hukum Islam).

2. Sebagai sarjana muslim yang mampu memperdalam, mengembangkan dan menerapkan ilmu syari’ah dalam pranata sosial di Indonesia sesuai dengan keahlian dan profesinya

Fakultas Syari’ah menyelengarakan lima (5) jurusan/program studi yang memiliki karakteristik kemampuan akademik tersendiri,yaitu :
1. Al-Akhwal al-Syakhsiyah (AS) / Hukum Keluarga
2. Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH)
3. Jinayah Siyasah (JS) / Pidana dan politik
4. Mu’amalah (M) / Perdata dan Niaga
5. Ekonomi Islam (EKI)
6. D3 Perbankan Syari’ah (DPS)

Fakultas Syariah

Bertujuan mempersiapkan dan mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang hukum Islam, menyiapkan kader-kader ulama, hakim-hakim agama, konsultan, dan tenaga profesional untuk mengelola lembaga-lembaga perekonomian bernuansa Islami.

Kompetensi Lulusan:

1.      Mampu melaksanakan penelitian dan menulis karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan ilmu syari’ah

2.      Mampu membaca dan menganalisis kajian-kajian syari’ah dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris

3.      Memiliki akhlakul karimah dan dapat menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat

4.      Memiliki keterampilan kerja dalam bidang syari’ah

5.      Mampu membimbing dan memimpin berbagai kegiatan sosial keagamaan

 

Prospek Karir Lulusan

Hakim, Panitera, Pengacara, Peneliti, Penyuluh Hukum, Dosen Ilmu Syari’ah, Pengamat Bidang Hukum dan Politik, Konsultan, Wartawan, Mubaligh dan da’I, Pegawai Perbankan pada bank-bank Syari’ah

Tarbiyah

a. Tugas dan Fungsi
Fakultas Tarbiyah merupakan unit pelaksana akademik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi IAIN Raden Fatah dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran, program penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat di bidang Tarbiyah (Pendidikan Islam) bagi lulusan pendidikan tingkat menengah dalam program Sarjana S-1 (Stratum Satu) dan Diploma 2.

b. Tujuan Pendidikan
“Menyiapkan Sarjana Muslim dan guru yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan, memperdalam dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam di bidang Ilmu Tarbiyah (Pendidikan Islam) serta pengupayakan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan untuk memperkaya nilai-nilai budaya bangsa”. Dengan tujuan tersebut, profil lulusan Fakultas ini diharapkan memiliki karakter dan kompetensi.

c. Prospek Profesi Lulusan
Lulusan Jurusan/Program Studi ini sangat potensial untuk menjadi guru dan dosen pendidikan agama Islam pada lembaga-lembaga pendidikan pemerintah dan swasta, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan Islam dan kursus, dan studi lanjut ke jenjang S-2 dan S-3 sehingga menjadi ahli di bidang pendidikan agama Islam.

Pogram studi/jurusan yang ada :
1. Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
3. Jurusan/Program Studi Kependidikan Islam (KI)
4. Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (PGKMI)
5. Jurusan/Program Studi Bahasa Inggris (PBI)
6. Jurusan/Program studi Tadris (Pendidikan MIPA)

a. Pendidikan Matematika
b. Pendidikan Biologi

 

 

B.Fakultas Tarbiyah

Bertujuan mempersiapkan tenaga professional di bidang pendidikan yang mempu mengembangkan dan cakap menerapkan ilmu pengetahuannya.

Kompetensi Lulusan:

Mampu melaksanakan penelitian dan menulis karya ilmiah yang berhubungan dengan ilmu-ilmu kependidikan

Mampu membaca dan menganalisis kajian-kajian kependidikan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris

Memiliki akhlakul karimah dan dapat menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat

Memiliki keterampilan kerja dalam dunia kependidikan

Mampu membimbing dan memimpin berbagai kegiatan sosial keagamaan

 

Prospek Karir Lulusan

Guru Agama, Gurus Kelas, Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Guru MIPA, Pengamat Bidang Pendidikan, Administrator, Dosen, Penerjemah, Penulis, Peneliti, Konsultan, Guru Privat pada lembaga-lembaga pendidikan dan kursus

C. Fakultas Ushuluddin

 

a. Tugas dan fungsi
Fakultas Ushuluddin merupakan sub unit pelaksana akademik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi IAIN Raden Fatah dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran, program penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Ushuluddin bagi lulusan pendidikan tingkat menengah dalam program Sarjana S-1 (Strata Satu).

b. Tujuan Pendidikan
Menyiapkan sarjana muslim yang memiliki kemampua akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan, memperdalam dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam di bidang Ilmu Ushuluddin serta mengupayakan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan untuk memperkaya nilai-nilai budaya bangsa.

Atas dasar tujuan tersebut, profil lulusan fakultas ini diharapkan memiliki karakter dan kompetensi: “Sebagai warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Kuasa, berakhlak mulia, percaya diri dalam melaksanakan tugas, terbuka, kreatif, inovatif, objektf, serta berfikir sistemastis di bidang ilmu Ushuluddin”.

Jurusan / Program Studi yang ada :
1. Jurusan Perbandingan Agama (PA)
2. Jurusan Tafsir Hadist (TH)
3. Jurusan Aqidah Filsafat (AF)
4. Jurusan Psikologi Islam (PI)

Fakultas Ushuludin

Bertujuan menyiapkan pemikir keagamaan, tenaga ahli dalam bidang al-Qur’an dan Hadis, dan tenaga profesional dalam bidang psikologi yang berperspektif islam.

Kompetensi Lulusan:

Mampu melaksanakan penelitian dan menulis karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan ilmu-ilmu ushuluddin

Mampu membaca dan menganalisis kajian-kajian keagamaan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris

Memiliki akhlakul karimah dan dapat menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat

Memiliki keterampilan dalam keberagamaan

Mampu membimbing dan memimpin berbagai kegiatan sosial keagamaan

 

Prospek Karir Lulusan

Dosen, Mediator Keagamaan, Psikolog, Pengamat professional, Konsultan, Muballigh dan da’I.

D. Fakultas Adab

a. Tugas dan Fungsi

Fakultas Adab merupakan sub unit pelaksana akademik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi IAIN Raden Fatah dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran, program penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu Adab yang meliputi Bahasa dan Sastra Arab serta Sejarah dan Kebudayaan Islam bagi lulusan pendidikan tingkat menengah dalam program sarjana S-1 (Strata Satu).

b.Tujuan Pendidikan
“Menyiapkan Sarjana Muslim yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan, memperdalam dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam di bidang ilmu Adab serta mengupayakan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan untuk memperkaya nilai-nilai budaya bangsa.”

Jurusan/program studi yang ada :
1. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA)
2. Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam

a. Konsentrasi Ilmu Politik
b. Konsentrasi Ilmu Perpustakaan

Fakultas Adab bertujuan untuk mempersiapkan sejarawan, budayawan, seniman Islam, dan Pustakawan. Di samping itu, Fakultas Adab mempersiapkan ahli-ahli sastra Arab, ahli-ahli di bidang perpustakaan, serta para ahli di bidang ilmu politik.

Kompetensi Lulusan:

1.      Mampu melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang berhubungan dengan ilmu keadaban seperti sastra Arab, sejarah dan kebudayaan Islam.

2.      Mampu membaca dan menganalisis teks-teks keadaban dan kesejarahan berbahasa Arab dan Inggris

3.      Memiliki keterampilan kerja dalam kajian peradaban dan sastra

4.      Memiliki akhlakul karimah dan dapat menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat

5.      Mampu membimbing dan memimpin berbagai kegiatan sosial keagamaan

 

 

Prospek Karir Lulusan:

Diplomat, Penerjemah, Sejarawan, Pemandu wisata, Sastrawan, Dosen, Pengamat, Penulis, dan Peneliti.

E. Fakultas Dakwah

a. Tugas dan Fungsi

Fakultas Dakwah merupakan sub unit pelaksana akademik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi IAIN Raden Fatah dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran, program penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu dakwah yang meliputi komunikasi dan penyiaran Islam, dan bimbingan dan penyuluhan Islam, bagi lulusan pendidikan tingkat menengah dalam program sarjana S-1 (Strata Satu).

b.Tujuan Pendidikan
Menyiapkan sarjana muslim yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang mampu mengembangkan, memperdalam dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam di bidang ilmu dakwah serta mengupayakan penggunaannya dalam bebagai aspek kehidupan untuk memperkaya nilai-nilai budaya bangsa”.
Jurusan / Program Studi yang ada :
1. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)]

a.             Konsentrasi Jurnalistik

b.            Konsentrasi Public Relation (humas)

2. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)

a.             Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (kesos)
b.      Konsentrasi Konseling Keagamaan

3. Jurusan Sistem Informasi (SI)
4. Jurusan Jurnalistik

 

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Bertujuan mencetak sarjana dakwah dan publisistik yang berpengetahuan dan mempunyai keahlian dalam menyampaikan dakwah dengan berbagai cara kepada umat.

Kompetensi  Lulusan:

Mampu melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang berhubungan dengan ilmu dakwah

Mampu menganalisis dan membaca teks-teks dakwah dalam bahasa Arab dan Inggris

Memiliki akhlakul karimah dan menjadi uswah hasanah bagi masyarakat

Memiliki keterampilan kerja dalam berdakwah

Mampu membimbing dan memimpin kegiatan sosial keagamaan

 

Prospek karir lulusan:

Da’i/muballigh, Mediator, Ahli sistem informasi, Pekerja Sosial, Humas, Konsultan, Peneliti, Penulis, Wartawan, Dosen, Karyawan pada lembaga instansi pemerintah.

F. Pasca sarjana

PROGRAM:
•  Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)
•  Magister Hukum Islam (M.H.I)
•  Magister Humaniora (M.Hum)

MASA PERKULIAHAN
Perkuliahan di PPs IAIN Raden Fatah diadakan setiap hari mulai Pukul 08.00 – 17.30 WIB

MASA DAN BEBAN STUDI
Perkuliahan semua Program Studi di PPS IAIN Raden Fatah dapat diselesaikan dalam waktu minimal 3 semester dan maksimal 8 semester dengan beban studi minimal 37 sks, yang terdiri atas 31 sks perkuliahan teoritis dan 6 sks Penulisan Tesis.

PROGRAM STUDI, KONSENTRASI DAN MATA KULIAH KEAHLIAN Pada tahun akademik 2010/2011, PPs IAIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan tiga program studi jenjang Magister (S2) masing-masing dengan tiga konsentrasi sebagai berikut :

  Program Studi   Konsentrasi
Ilmu Pendidikan Islam (IPI) Pemikiran pendidikan Islam (PPI)
Metodologi Pendidikan Islam (MTPI)
Manajemen Pendidikan Islam (MJPI)
Hukum Islam (HI) Ekonomi Syariah (ES)
Islam dan Tata Negara (ITN)
Peradilan Agama (PA)
Sejarah Peradaban Islam (SPI)   Islam di Indonesia (II)
Politik Islam (PI)
Tafsir Hadis (TH)

 

 

 

 

 

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011 
"