IAIN RADEN INTAN LAMPUNG

IAIN RADEN INTAN LAMPUNG

www.iainlampung.ac.id/

Visi dan Misi IAIN Raden Intan Lampung

 

Visi IAIN Raden Intan Lampung

Menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitif.

DDi dalam menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi, IAIN Raden Intan kembali harus memperkuat visi dan misi kelembagaannya. Hal ini harus dilakukan agar secara institusional IAIN Raden Intan Lampung dapat meraih nilai keunggulan yang bercirikan pada adanya kemampuan untuk melakukan daya adaptasi, inovasi, dan antisipasi. Ketiga daya tersebut sangat diperlukan IAIN Raden Intan dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dalam konteks keislaman dan keindonesiaan.

Hal tersebut sangat relevan dengan status WIDER MANDATE yang kini disandang IAIN Raden Intan untuk menjadi suatu lembaga perguruan tinggi yang mampu mengawal proses berlangsungnya integrasi nilai-nilai keislaman secara baik, utuh dan berkesinambungan ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kemampuan ini antara lain dapat diperoleh lewat berbagai penelitian yang dilakukan baik kuantitatif maupun kualitatif dalam berbagai bidang ilmu, seni dan budaya.

Mengingat arus deras globalisasi tidak saja diyakini telah menyuguhkan sejumlah kebaikan dan kemajuan namun ternyata juga telah membawa dampak negative yang tak terbayangkan sebelumnya, maka upaya pengembangan keilmuan dan kelembagaan yang dilakukan harus tetap mengedepankan aspek moralitas Islam (akhlak al-karimah) sebagai karakter utama, tentunya tanpa mengesampingkan aspek-aspek keindonesiaan (budaya lokal).

Untuk itu dalam rangka memajukan kehidupan masyarakat yang bermartabat, IAIN Raden Intan mengorientasikan laju pengembangan kelembagaannya secara integratif yakni dengan memadukan ranah akademik dan ranah dakwah sesuai cita-cita luhur para pendirinya terdahulu, sehingga diharapkan seluruh civitas akademika tidak hanya memiliki keunggulan intelektual namun juga berbagai keutamaan sosial. Dalam konteks ini, inisiatif untuk membangun kepercayaan dalam mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak dipandang tidak hanya relevan, namun juga penting dilakukan. Dengan keunggulan dan keutamaan tersebut sejatinya IAIN Raden Intan dapat tetap eksis, inovatif dan kompetitif di era globalisasi.

 

Misi IAIN Raden Intan Lampung

1.Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman, yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional

2.Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman yang relevan dengan kebutuhan masyarakat;

3.Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat muslim.

Fakultas Dakwah

Fakultas

  1. Fakultas Dakwah
  2. Fakultas Syariah
  3. Fakultas Tarbiyah
  4. Fakultas Ushuluddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.