Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Institut Seni Indonesia Surakarta

Institut Seni Indonesia Surakarta

isi-ska.ac.id

1.VISI DAN MISI

Visi

ISI Surakarta dalam waktu 10 tahun ke depan mampu berperan sebagai kiblat kehidupan kreativitas dan keilmuan seni-budaya bagi kemaslahatan manusia Indonesia.

 

Misi

ISI Surakarta:

  1. mewujudkan pendidikan seni yang bermutu, berdaya saing dan relevan dengan kebutuhan masyarakat;
  1. mewujudkan pusat kajian seni-budaya nusantara, laboratorium kekaryaan, dan produksi seni yang responsif dan adaptif terhadap perubahan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya;
  2. mewujudkan sistem pendidikan seni yang efektif dan efisien;
  3. mendinamisasikan kehidupan seni-budaya dalam rangka pembentukan manusia seutuhnya;
  4. mewujudkan pusat informasi yang baik dan benar tentang seni-budaya;
  5. mewujudkan tatakelola institusi yang profesional dan akuntabel.

2.FAKULTAS

  a.Fakultas Seni Pertunjukan

   1) Dekanat FSP

Fakultas Seni Pertunjukan memiliki empat jurusan program sarjana (S-1) meliputi Pedalangan, Tari, Karawitan, dan Etnomusikologi. Dalam waktu dekat akan membuka dua program studi baru yaitu S-1 Teater.

2) Jurusan Karawitan

a.Menyediakan kesempatan belajar bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dasar mengenai karawitan dalam konteks keilmuan maupun kekaryaan seni.

b.Memberi kesempatan untuk memperoleh soft skills yang berupa ketrampilan melalui sistem pembelajaran maupun aktivitas di luar perkuliahan.

c.Menyediakan kesempatan memperoleh dasar untuk studi pada jenjang yang lebih tinggi.

3) Jurusan etnomusikologi

a. Menghasilkan sarjana etnomusikologi yang berkepribadian dan berbudi pekerti; yang tanggap terhadap perubahan sosial budaya dan kebutuhan masyarakat; yang menguasai dasar-dasar ilmu dan metodologi tertentu; yang memiliki kemampuan bimusikalitas, transkripsi, dokumentasi, penelitian lapangan; serta yang mampu menyusun karya-karya etnomusikologis dalam bentuk tulisan ilmiah, ilmiah populer, notasi musik, dan multimedia.

b..Menghasilkan karya-karya penelitian etnomusikologis “musik etnik Nusantara”, baik dalam bentuk tulisan (buku, laporan penelitian, karya ilmiah, dan karya [ilmiah] populer) maupun dalam bentuk dokumenter audio dan atau audio-visual, yang akan menjadi isi penting dari  pusat sumber kajian dan informasi musik etnik Nusantara.

c.Mendiseminasikan karya-karya penelitian etnomusikologis “musik etnik Nusantara” baik melalui pelayanan dan atau hubungan langsung dengan perorangan dan kelompok masyarakat, maupun melalui media internet.

d. Menggiatkan usaha-usaha untuk menciptakan kondisi musik etnik Nusantara yang kondusif melalui kegiatan festival, dialog, pelatihan, workshop, penyiaran dan penerbitan.

4)Jurusan Tari

  1. Mempunyai kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai budaya Indonesia, tanggap dan peka terhadap perubahan serta gejala dalam kebudayaan;
  1. Mempunyai wawasan yang luas, menguasai pengetahuan bidang seni tari, dan mampu menelaah serta merumuskan masalah-masalah untuk diwujudkan ke dalam karya seni tari atau visual deskriptif dan atau diskursif;
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan konsep kesenian secara kreatif dan inovatif untuk diekspresikan ke dalam karya tari, serta dikomunikasikan kepada masyarakat;
  3. Memiliki pengetahuan dasar keilmuan untuk dapat memahami, menjelaskan, merumuskan, dan menganalisis masalah-masalah seni tari secara deskriptif dan diskursif;
  4. Mandiri dan memegang teguh integritas profesional serta cerdas mengikuti perkembangan pengetahuan dan kekaryaan tari.

5)Jurusan Perdalangan

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengembangan di bidang seni pedalangan secara professional.
  1. Melaksanakan kajian seni pedalangan nusantara serta memproduksi karya-karya seni pedalangan yang responsive dan adaptif.
  2. Memacu dinamika kehidupan seni pedalangan dalam rangka pembentukan masyarakat madani.
  3. Menyebarluaskan informasi yang baik dan benar tentang seni pedalangan.

b.Fakultas Seni Rupa Desain

    1) Dekanat FSRD

Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki empat jurusan program sarjana (S-1) meliputi Kriya Seni, Seni Media Rekam (prodi Televisi & Film), Desain (prodi Desain Interior), dan Seni Rupa Murni. Dalam waktu dekat akan membuka dua program studi baru yaitu Fotografi dan Desain Komunikasi Visual.

2) Jurusan Kriya Seni

Melalui pendidikan Jurusan S-1 Kriya Seni diharapkan seorang lulusan dapat menggunakan ilmu seni rupa dan desain  serta kemampuan ketrampilan,penalaran berkarya menggunakan  transferable skills dalam rangka mengidentifikasi dan menganalisis dan menciptakan karya seni dan menawarkan berbagai alternatif pemecahan permasalahan. Diantara kompetensi yang diharapkan dapat dicapai lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menghasilkan dan mengekspresikan beragam gagasan ke dalam berbagai bentuk karya seni .
  1. Mampu mengkaji dan menganalisis  beragam fenomena seni dan budaya.
  2. Mampu menyajikan karya seni secara kreatif, inovatif, dan profesional.

3)Jurusan Seni Rupa Seni

a. Kompetensi Profesi Utama : Seniman Lukis

Memiliki Tingkat Keprofesian seni dalam penguasaan Teknik Seni Lukis Serta Mampu

Mewujudkan ide dan konsep yang bersumber dari nila-nilai budaya nusantara secara

Revitalisasi,reinterprestasi,dan ekspresi simbolik yang kretif dan inovativ.

b.Kompetensi Profesi Pendukung : Peneliti

Memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena perkembangan seni rupa pada kontek sosial budaya dalam bentuk tulisan ilmiah.

Mampu melaksanakan penelitian lapangan, mendeskripsi dan menganalisis data-data penelitian di bidang seni rupa serta mewujudkan dan mengkomunikasikannya dalam bentuk karya ilmiah.

4)Jurusan Desain

a. Mahasiswa dapat merancang interior berdasarkan konsep lingkungan dan budaya

Tradisi Nusantara Secara Profesional,etis,dan estetis.

b.Mahasiswa dapat mendiskripsikan konsep-konsep keruangan dalam lingkungan

dan budaya tradisi budaya dalam bentuk karya ilmiah .

5) Jurusan Seni Media Rekam

Melalui pendidikan Program Studi S-1 Televsi dan Film ISI Surakarta, diharapkan            lulusan dapat menjadi sarjana seni dalam bidang pertelevisian yang terdiri dari dua jalur minat: pengkaji (skripsi) dan pencipta program televisi (karya).

  1. Pengkaji (Skripsi)
    1. Menguasai konsep-konsep dasar metodologi ilmu dan seni sehingga mampu memahami dan menjelaskan fenomena pertelevisian dan perfilman
    2. Mengamati, mengidentifikasi, mendeskripsi, menginterpretasi, menganalisis, dan mengevaluasi fenomena pertelevisian dalam masyarakat dan memberikan alternatif pemecahan
    3. Mengimplementasikan konsep dan metodologi petelevisian untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan, dan pemberdayaan masyarakat
  2. Pencipta Program (Karya)
    1. Menguasai penciptaan karya pertelevisian dan film secara kreatif, komunikatif, estetis, serta profesional
    2. Mampu melakukan eksplorasi kreatif untuk penulisan naskah dan desain produksi televisi
    3. Mampu mengorganisasi elemen sumber daya agar sistem produksi televisi berjalan efektif
"
'