UIN SUNAN KALIJAGA

www.uin-suka.ac.id

1.Visi Dan Misi

Visi:

Menjadi universitas yang unggul dalam bidang akademik, profesional, efisien, efektif, dan akuntabel untuk memajukan peradaban bangsa.

Misi:

  1. Mengembangkan sumber daya akademik universitas untuk peningkatan kualitas penelitian, pembelajaran dan pengembangan masyarakat
  1. Mengembangkan sistem manajemen dan kelembagaan universitas yang sehat dan harmonis
  2. Memperluas jaringan kerjasama secara kreatif dan inovatif untuk peningkatan kesejahteraan

2.Fakultas

    a.adab dan ilmu budaya

       Fakultas Adab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta resmi dibuka pada tanggal 12 Oktober 1961 berdasarkan Penetapan Menteri Agama No. 43 tanggal 9 Agustus 1960. Dari tahun 1961 hingga tahun 1970, jurusan yang dibuka hanya Jurusan Sastra Arab, dan pada tahun akademik 1970/1971 mulai dibuka Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam.

Pada tahun 1974, berdasarkan hasil Rapat Kerja Pengembangan Kurikulum di Cipayung, Jurusan Sastra Arab diperluas menjadi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, sedangkan Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam tetap tidak mengalami perubahan. Pada akhirnya fakultas Adab memiliki tiga jurusan/program studi, yaitu:

1)      Bahasa dan Sastra Arab (BSA)

2)      Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI)

3)      Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI)

a)       Ilmu Perpustakaan (S1)

b)       Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)

 

b.Dakwah

        Fakultas Dakwah saat ini memiliki lima jurusan dengan kompetensinya masing-masing, yaitu:

1)      Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

2)      Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)

3)      Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

4)      Manajemen Dakwah (MD)

5)      Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS)

c.Tarbiyah dan keguruan

      Sekarang Tarbiyah sebagai salah satu fakultas terkemuka di IAIN Sunan Kalijaga memiliki empat departemen, yaitu, Pendidikan Agama Islam [Pengajaran Islam], Pendidikan Bahasa Arab [Arab Pengajaran], Kependidikan Islam [Pendidikan Islam], dan Tadris [Ilmu Pendidikan], yang memiliki empat program studi, yaitu, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
   d.syariah dan hokum

     fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga merupakan fakultas Syari’ah yang tertua di Indonesia dan telah berusia lebih dari setengah abad.

Visi Fakultas Syari’ah adalah menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu syari’ah yang berwawasan keindonesiaan, kelimuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memajukan peradaban dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.

Fakultas Syari’ah memiliki enam jurusan/program studi, yaitu:

  1. Al-Ahwal al-Syakhsyiyyah/Hukum Keluarga (AS)
  2. Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH)
  3. Jinayah Siyasah/Hukum Pidana dan Ketatanegaraan Islam (JS)
  4. Muamalat/Hukum Perdata dan Bisnis Islam (MU)
  5. Keuangan Islam (KUI)
  6. Ilmu Hukum (IH)
  1. d.      Fakultas Ushuluddin

Dalam perkembangannya, jurusan Tasawwuf ditutup karena kurang diminati. Pada tahun 1970, jurusan Dakwah ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Dakwah, sehingga Fakultas Ushuluddin hanya memiliki dua jurusan, yaitu Perbandingan Agama dan Filsafat. Tahun akademik 1982/1983 dibuka Program Studi Teologi Islam, namun tidak berumur panjang. Tahun akademik 1989/1990, Fakultas Ushuluddin mendapat tambahan jurusan Tafsir-Hadis yang semula merupakan salah satu jurusan pada fakultas Syari’ah. Seiring perkembangan zaman, Fakultas Ushuluddin menambah lagi satu Program Studi, yaitu Program Studi Agama dan Masyarakat yang kemudian berubah nama menjadi Program Studi Sosiologi Agama. Dengan demikian, Fakultas Ushluddin saat ini memiliki empat Jurusan/Program Studi, yaitu:

  1. Aqidah dan Filsafat
  2. Perbandingan Agama
  3. Tafsir Hadits
  4. Sosiologi Agama
  5. e.       Fakultas Sains dan Teknologi

        Fakultas Sains dan Teknologi resmi dibuka seiring dengan perubahan IAIN Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2004 -2005. Dengan mencanangkan konsep ZIKR (Zero based, Iman, Konsisten dan Result oriented) sebagai orientasinya. Fakultas Sains dan Teknologi membuka enam program studi ditambah empat program studi yang sebelumnya berada di Fakultas Tarbiyah, yaitu:

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi
  5. Teknik Informatika
  6. Teknik Industri
  7. Pendidikan Matematika
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Biologi
  10. Pendidikan Fisika
  1. f.       Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

VISI

Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi keislaman, ilmu sosial dan humaniora bagi kemanusiaan.

 

MISI

  1. Memadukan dan mengembangkasn studi keislaman, ilmu sosial dan humaniora dalam pendidikan dan pembelajaran.
  2. Mengembangkan budaya penelitian dan advokasi sosial keagamaan.
  3. Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk
  4. meningkatkan kualitas akademik, manajerial, dan pengabdian pada masyarakat.
  1. g.      Program Pascasarjana

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta lahir sebagai kelanjutan dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kelahirannya bertujuan untuk menggali ajaran Islam dan mengembangkan khazanah rohaniah bangsa sebagai  proses  perjuangan rakyat Indonesia dan ikut serta dalam mengisi serta mewujudkan cita-cita Kemerdekaan RI, yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mau Dapat Info PKN STAN Terbaru, Langsung Dari Alumni PKN STAN??

kamu ingin melanjutkan ke PKN STAN? Kalau iya, akses informasi mengenai PKN STAN. Banyak mereka yang gagal karena terlewatkan informasi Penting mengenai PKN STAN, informasi berjalan cepat, jika akses informasimu lambat, impianmu masuk PKN STAN pasti juga terhambat.

Isi Data kamu dengan benar dan lengkap pada form dibawah ini untuk mendapatkan informasi penting dari mahasiswa dan alumni PKN STAN

Loading...