Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Politeknik Negeri Samarinda, Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda, Samarinda

www.polnes.ac.id

1.VISI DAN MISI

VISI :

“Berkualitas,sejahtera,dan unggul di tingkat nasional dan internasional”

Kata Kunci

a.Berkualitas

-Menjadi pilihan Utama (mahasiswa baru,pemerintah,industry dan Masyarakat).

-Fasilitas Pendidikan

-Sistem Perjaminan Mutu Pendidikan Vokasional

-Student Carrer.

b.Sejahtera

Memberikan Nilai Tambah Pada Komunitas internal Dan Lingkungan Sekitar.

c.Unggul

SDM.KARYA,PRODUK,LULUSAN,NETWORKING.

d.Nasional

Area Pasar Kompetensi yang juga di yakini produk kita unggul pada Negara tetangga tertentu di tingkat ASEAN,asia atau dunia.

MISI :

a.Menyelenggarakan program pendidikan vokasional yang bertumpu kepada Peningkatan kualitas pendidikan,perluasan akses dan lulusan berdaya saing tinggi.

b.membangun organisasi yang sehat,otonom,dan komunitas yang sejahtera.

c.mengembangkan dan menghasilkan karya dan produk intelektual yang inovativ.

d.membangun networking dan pencitraan public di tingkat nasional dan internasional.

2.JURUSAN

a.Teknik sipil (D4)

Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,Jurusan teknik sipil menyelenggarakam pendidikan D-IV Tekni8k sipil dalam bidang Keterampilan teknologi dan analisis terapan utanamya rekayasa jalan dan jembatan dengan gelar sarjana sains terapan(S.ST)

Waktu kuliah terdiri dari 8 (delapan semester) untuk teori dan praktek dengan keseluruhan 155 sks.

Khusus semester ke-8 di konsetrasikan untuk pemangan industry dan proyek akhir dengan bobot 7 sks.

b.Teknik Sipil (D3)

Politeknik Negeri samarinda menyelenggarakan Pendidikan D-3 Teknik sipil yang menghasilkan tenaga ahli madya professional dalam bidang teknik sipil yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan metode yang efektifdan efisien yaitu,dengan menyiapkan tenaga ahli yang terampil dan siap kerja guna memenuhi kebutuhan tenga kerja di industri sesuai dengan bidang nya. Dengan menitikberatkan program nya pada ilmu-ilmu terapan dengan komposisi jumlah jam teori 45% dan praktek 55 %.

c.Teknik Elektro/listrik (D3)

Program Studi teknik elektro yang di dirikan pada tahun 1987,di latarbelakangi oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang nya, Menyelenggarakan Pendidikan dengan kurikulum yang di rancang khusus dan selalu di sesuaikan dengan perkembangan di bidang industri dan teknologi baik di tingkat local kaltim,nasional maupun internasional.

d.Teknik informasi (D3)

Program studi Teknologi informasi memiliki kurikulum yang mengacu pada competency based polnes yang berorientasi pada kebutuhan pangsa dunia industry kaltim dengan komposisi materi 70% praktek dan 30% teori.

e.Teknik Mesin Perawatan (D3)

Program Kosentrasi Mesin Perawatan pada dasarnya adalah program pendidikan profesional yang di arahkan pada kompetensi bidang industry gas,minyak,batu bara,perusahaan alat berat,plywood yang berbasis pada perbaikan dan perawatan. Pada awal berdirinya Program teknik mesin perawatan tidak terlepas dari dukungan masyarakat,pemerintahdan industry yang merupakan user di wilayah Kalimantan timur dengan kurikulum yan di susun berdasarkan berbasis industry bidang perawatan dan perbaikan mesin.

f.Teknik Mesin Produksi (D3)

Kosentrasi Teknik Mesin Produksi didirikan bertujuan memenuhi kebutuhan tenaga teknisi yang memiliki pengetahuan serta keterampilan sesuai kebutuhan industri manufaktur. Sedangkan sasaran yang ingin di capai adalah menghasilkan lulusan yang terampil dalam perencanaan dan pengendalian produksi serta mampu melakukan rekayasa manufaktur dalam proses-proses produksi.

g.Teknik Mesin alat berat (D3)

Kosentrasi Teknik alat berat program studi teknik mesin adalah program kerjasama antara politeknik negeri samarinda dengan PT.trakindo utama dan dapat dukungan dari perusahaan alat berat amerika (caterpillar).

h.Teknik Kimia (D3)

Sejak di dirikan pada tahun 1999 jurusan teknik kimia POLNES Memounyai program studi yang berbasis petro dan oleo kimia. Hal ini di sadari oleh semakin pesatnya perkembangan dunia industri di Kalimantan timur khususnya yang berbasis petro dan oleo kimia.sebagian besar industry-industri maju seperti pertamina,vico,unocal,schlumberger,pupuk Kalimantan timur,Total E&P Indonesia serta Perusahaan-perusahaan lainnya berbasis minyak bumi dan gas alam ( petro kimia).

i.Desain Produk (D3)

Program studi desain produk politeknik negri samarinda merupakan satu-satu nya politeknik negri jurusan desain di Indonesia yang di rancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswanya sebagai desainer yang siap terjun dalam dunia kerja. Program ini akan di tempuh selama 3 tahun.komposisi sebagian besar mata kuliah adalah 60% praktek dan di dukung 40% kuliah teori.

j.Arsitektur (D3)

Program Studi arsitektur Politeknik negeri samarinda merupakan pendidikan profesi yang mempunyai keterampilan khusus dan siap kerja. Arsitektur Merupakan seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, di mana bahasa domain yang di gunakan adalah bahasa gambar.

k.Akutansi Manajerial (D4)

Pendidikan program studi akutansi manajerial jenjang diploma 4 (D4) di laksanakan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 1506/D/2007 Tanggal 22 juni 2007. Jumlah SKS yang di tempuh sama dengan program S-1 yaitu 144 s/d 160 SKS. Dengan sistem pembelajaran 60% praktek 40 % teori yang di laksanakan selama 38 jam/minggu 7 semester di bangku kuliah, 1semester magang di industri.

L.Akutansi (D3)

Program Studi akutansi (D3) Menerapkan Kurikulum dan system pembelajaran yang mampu membekali lulusan berkemampuan di bidang akutansi dan IT berbasis industri.dengan komposisi materi pembelajran 40% teori dan 60% praktrek. Di dukung 36 staf pengajar berkualifikasi pendidikan dalam dan luar negeri meliputi S-3 (4 orang),S-2(27 orang), S1(5 orang).

M.Pariwisata (D3)

Provinsi Kalimantan Timur merupakan Daerah Tujuan wisata ke XV,dan sebagai kawasan destinasi pariwisata. Kalimantan timur memiliki kekayaan objek wisata alam telah berupaya mengembangkan dan memasarkan objek wisata unggulan.

N.Pemasaran (D4)

Program D-IV Pemasaran Politeknik Negeri samarinda adalah program studi baru di bawah jurusan administrasi bisnis.program ini menyiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga-tenaga marketing manajer.lulusan program D-IV ini berhak memakai gelar sarjana sains terapan atau .S.S.T

O.Kemaritinan (D3)

Jurusan Kemaritinan politeknik negeri samarinda,sebelum nya akademi maritin Kalimantan (AMK) milik pemerintahan propinsi Kalimantan timur yang merupakan UPTD di bawah dinas perhubungan propinsi Kalimantan. Jurusan pada AMK saat itu adalah teknika,nautika,ketatalaksanaan Pelayaran niaga dan kepelabuhan dengan jenjang diploma III.

P.Administrasi Bisnis (D3).

Pada tahun 2007 program studi ADMINISTRASI BISNIS telah memiliki laboratorium terpadu untuk mengantisipasi permintaan terhadap kualitas lulusan yang siap kerja baik di industri maupun jasa sesuai dengan bidang kemampuan atau keahlian nya sehingga mendapatkan SERTIFIKASI AKREDITASI (B) di lanjutkan dengan program system perjaminan mutu akademik berbasis ISO 9001-2000.

"
'