Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Universitas Borneo, Tarakan

Universitas Borneo, Tarakan

www.borneo.ac.id

1.VISI DAN MISI

Visi :

Visi Universitas Borneo adalah sebagai pusat penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan akademik, mandiri, profesional, serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya guna mendukung Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Borneo.

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat yang selaras dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Borneo.

Menghasilkan lulusan yang unggul.

Menggali, mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya kepada masyarakat luas.

Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam rangka penggalian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

2.FAKULTAS

a.fakultas hukum

Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas yang didirikan selain Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan, Fakultas Pertanian serta Fakultas Ilmu Kesehatan. Berdirinya Unversitas Borneo Tarakan secara resmi mulai menyelenggarakan proses belajar dan mengajar pada tanggal 5 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 37/D/O/2001. Berdasarkan Surat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 2064/D/T/K-XI/2009 perihal perpanjangan ulang ijin penyelenggaraan program studi ilmu hukum strata satu (S1) pada Universitas Borneo Tarakan yang berlaku sampai dengan 15 Juli 2013.

Pada tanggal 10 Desember 2010 Program Studi Ilmu Hukum telah diakreditasi ulang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi , berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 dengan Status Terakreditasi “B”. Universitas Borneo Tarakan telah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri sejak tanggal 13 November 2010.

b.fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang ada di Kalimantan Timur Bagian Utara, keberadaannya sangat diharapkan oleh masyarakat luas menjadi salah satu institusi yang dapat memberikan sumbangan pemikiran dan tindakan nyata dalam penyelesaian berbagai masalah, baik lokal, nasional, regional, maupun global.

c.Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan

d.Fakultas Teknik.

VISI :

Menciptakan sumber daya manusia keteknikan yang unggul yaitu, manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan akademik, mandiri, profesional, serta memiliki rasa tanggung jawab kepada masyrakat dan nilai kebangsaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

MISI :

1.Menyelenggarakan pendidkan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat yang berciri keilmuan dan keteknikan dan selaras dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Borneo.

2.Menghasilkan lulusan keteknikan yang unggul dan profesional

3.Menggali, mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya

4.Menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya kepada masyarakat luas.

5.Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional dalam rangka penggalian, pengembangan dan penyebaluasan ilmu pengetahuan.

e.Fakultas Perikanan

Tujuan

Mempersiapkan sarjana yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Budidaya perairan dan Manajemen sumberdaya perairan dengan mampu bekerja secara profesional, berakhlak dan memenuhi kebutuhan pengguna.

f.Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Borneo merupakan lembaga pendidikan swasta di bawah Universitas Borneo yang didirikan oleh Pemerintah Kota Tarakan. Fakultas Pertanian Universitas Borneo secara resmi memulai penyelenggaraan Tri dharma pada tanggal 5 Juni 2001, sesuai ijin yang diberikan Mendiknas melalaui Surat Keputusan No. 37/D/O/2001.

Fakultas pertanian Universitas Borneo berkedudukan di Kota Tarakan yang terletak di Wilayah Utara Kalimantan Timur, ini berarti Fakultas Pertanian Universitas Borneo berada pada kawasan tropis basah yang memiliki sumber daya alam hayati dan nonhayati melimpah. Disamping itu Fakultas Pertanian Universitas Borneo juga terletak pada wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia-Sabah, yang secara goe-politik dan geo-ekonomi memiliki peranan penting.

g.DII Kebidanan

Universitas Borneo didirikan oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 9 Oktober 1999 dan ditetapkan pada 30 Maret 2000 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pinekindi Nomor: 011/YP/TRK/III/2000. Unversitas Borneo secara resmi mulai penyelenggarakan proses belajar dan mengajar pada tanggal 5 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 37/D/O/2001.

Universitas Borneo berada dalam kawasan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah baik berupa sumberdaya pesisir dan kelautan, hutan, tambang, lahan pertanian dan lainnya. Selain itu Universitas Borneo terletak pada geografis yang strategis dengan ciri khusus berada di dekat wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia serta Philipina.

Menyadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi serta persaingan di berbagai bidang saat ini, maka pembangunan dan pengembangan pendidikan merupakan kata kunci dalam menyediakan Sumberdaya Manusia yang mampu berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu Universitas Borneo membangun Visi dan mengembangkan Misi untukmencapai tujuan diatas.

Dengan demikian keberadaan fakultas pertanian Universitas Borneo yang dibangun atas dasar keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam Agronomi dan Agrobisnis, baik secara geostrategis, geopolitik, maupun geoekonomi sangat memiliki kelayakan.

h.DIII Keperawatan.

Membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan penuh rasa tanggung jawab demi masa depan Bangsa dan Negara.
Menyiapkan peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia yang siap pakai untuk mengelola sumber daya yang ada, serta menjadikan mereka sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan Ilmu Pengetahuan,Teknologi, Seni dan Budaya.
Meningkatkan mutu manusia Indonesia sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berwatak, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air, dan memiliki rasa kesetiakawanan.

"
'