Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Universitas Haluoleo, Kendari

Universitas Haluoleo, Kendari

www.unhalu.ac.id

1.VISI DAN MISI

Visi :

  1. Menjadikan Universitas Haluoleo pada tahun 2010 sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang maju dan mandiri.
  2. Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing pada pasar kerja global

Misi :

Untuk mewujudkan visi tersebut ditetap-kan misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan/ pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya mempertahankan keberlanjutan pembangunan nasional dan regional.
  2. Menciptakan suasana akademik (akademik atmospir) yang sehat diantara mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi yang dapat mendorong proses – belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas.
  3. Mengaplikasikan hasil – hasil penelitian secara luas melalui pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian sesuai kebutuhan masyarakat.
  5. Memberikan bantuan keahlian dalam mengidentifikasi masalah pembangunan serta mencarikan alternatif pemecahannya melalui penelitian ilmiah.
  6. Menyelenggarakan program pasca sarjana S2/S3 dan pendidikan professional.
  7. Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga administrasi melalui peningkatan kualifikasi pendidikan formal dan non formal.
  8. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.
  9. Membenahi kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan pasar kerja (link and match).
  10. Mewujudkan suasana akademis yang lebih kondusif dalam rangka menciptakan budaya akademik (academic atmosphere)
  11. Meningkatkan kemampuan entrepreneurship lulusan

2.FAKULTAS

a.FMIPA

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral dan mampu bersaing dalam pasar kerja.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif.
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kuliah layanan.
  5. Meningkatkan koordinasi dengan fakultas yang dilayani dan instansi terkait.
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian.
  7. Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat.
  8. Meningkatkan penerapan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.
  9. Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi manajemen.
  10. Meningkatkan penggunaan sistem informasi manajemen.
  11. Mengembangkan organisasi fakultas.

b.FKIP

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1981 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 37 tahun 1981 yang memiliki 2 jurusan, yakni Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial dan Jurusan Pendidikan Matematika.
Pada tahun 1986 keluar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 39/DIKTI/KEP/1986 tanggal 12 Agustus 1986 tentang penetapan jenis dan jumlah program studi pada setiap jurusan dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu sebagai berikut:
Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Jurusan Pendidkan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Biologi dan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi dan Koperasi dan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan.

c.FTENIK

a.Terciptanya suatu Jaringan Kampus dengan menggunakan teknologi NGN (Next-Generation Network)

b.Mengintegrasikan Jaringan Kampus dengan jaringan INHERENT (JARDIKNAS) dan jaringan internet.

c.Mengembangkan Corporate System, yaitu sistem informasi pendukung manajemen Universitas Haluoleo.

d.Mengembangkan Academic System yaitu sistem informasi pendukung proses pembelajaran.

d.FAPERTA

Fakultas pertanian sejak berdininya sampal dengan tahun 1993 hanya mempunyal satu Jurusan dan dna Program Studi yalta Jurusan Budidaya Pertanian Program Studi Agronomi dan Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Namun upaya membenahi din untuk berkembang terus digalakkan seperti : penambahan tenaga dosen dan berbagai disiplin ilmu, peningkatan kualitas tenaga pengajar dengan memberlkan kesempatan yang luas kepada setiap dosen untuk rne1axjutkan pendidikan kejenjang S2 dan S3 di dalam maupun di luarnegeri, serta kursus-kursus dan magang. Penyempurnaan kurikulum dan penambahan prasarana penunjang seperti gedung perkuliahan, gedung perpustakaan, gedung laboratonium. alat dan bahan praktikum, kebun percobaan, dan persawahan terus diadakan.

Pada tahun 1995 Fakultas Pertanian mempunyai tiga Jurusan dengan delapan Program Studi dan satu Program D3, yaita Jurusan Budidaya Pertanian (Agronomi, Ihnu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Ilmu Tanah, dan Produksi Ternak), Jurusan Sosek Pertanian (Ekonomi Pertanian, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian), dan Jurusan Perikanan (Manajemen SumberdayaPerairan, Budidaya Perairan). Pada Tahun 2004 Program Studi Manajemen Hutan memperoleh izin penyelenggaraan dan Dirjen Dikti Depdiknas, berada dalam )ingkup Jurusan BudidayaPertanian. Selanjutnyapadatahun 2005 Program Studi Produksi Temak berkembang menjadi Jurusan Produksi Ternak, dan pada tahun 2006 Jurusan Perikanan berkembang menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan berpisah dan Fakultas Pertanian.

e.FEKOM

Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari lahir bersamaan dengan diresmikannya Universitas Haluoleo Kendari tanggal 19 Agustus 1981, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 37 Tahun 1981. Fakultas Ekonomi merupakan salah satu dari empat Fakultas yang tergabung dalam Universitas Haluoleo.
Pada mulanya Universitas Haluoleo Negeri adalah embrio dari Universitas Haluoleo Swasta yang dikelola oleh YP3T sesuai Akte Notaris Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Sulawesi Tenggara No. 15 tanggal 1 Juni 1964. Pada Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VII No. 7/KPT/UN/74 tanggal 2 Desember 1974 di Ujung Pandang.
Dalam perkembangan selanjutnya Panitia Pendiri Universitas Haluoleo mempertimbangkan secara layak membuka 2 Jurusan yaitu : (1) Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan (2) Jurusan Ketatalaksanaan Perusahaan. Kemudian dalam konsorsium ilmu-ilmu ekonomi di Denpasar Bali pada bulan Desember 1981disepakati kedua jurusan tersebut berubah menjadi : (1) Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan (2) Jurusan Manajemen. Perubahan nama jurusan ini dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0576/Q/1983 tanggal 8 Deseber 1983.

f.FPIK

Universitas Haluoleo memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi lembaga akademik yang sanggup merubah masyarakat dalam rangka memasuki era TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dengan penerapan TIK,  civitas akademika UNHALU dapat memiliki mutu akademik yang tinggi, yang sanggup memberdayakan dan mencerdaskan masyarakat ke tingkat lebih tinggi.  Supaya dapat menggelar TIK yang tepat pada masyarakat, UNHALU harus sanggup menguasai teknologi ini sebagai salah satu kompetensi intinya.

Pengembangan TIK di UNHALU diarahkan pada UNHALU digital (Cyber UNHALU), yang artinya bahwa civitas akademika UNHALU, program dan aktivitas, fasilitas fisik, dan sumber daya berada dalam sebuah Cyber UNHALU.  Cyber UNHALU adalah suatu model dimana komunitas UNHALU mencapai mutu akademik tinggi berkat pemanfaatan TIK.  Mutu akademik tinggi ini memampukan civitas akademika UNHALU untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan industri.

"
'