Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo

Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo

www.ung.ac.id

1.VISI DAN MISI

VISI :

“Universitas Pelopor Peradaban”

Visi ini menujukkan pandangan UNG sebagai perguruan tinggi yang menjadi pioner dalam pengembangan peradaban dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Visi ini juga menujukkan pandangan UNG untuk menyatu dalam masyarakat karena melalui visi ini UNG mengaktualisasikan diri dalam pengembangan peradaban, bukan saja untuk civitas dan lulusannya tetapijuga bagi masyarakat.Universitas pelopor peradaban mengandung makna bahwa UNG menjadi perguruan tinggi terdepan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan moral berdasarkan tata nilai universitas.

 

MISI :

1.

Menghasilkan lulusan yang  bermutu, profesional dan beradab

2.

Meningkatkan peran UNG dalam pengembangan ipteks dan pengabdian pada masyarakat

3.

Menata kelembagaan dan pencitraan publik

 

2.FAKULTAS

a.fakultas ilmu

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) merupakan unsur pelaksana Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan mengembangkan ilmu pendidikan dan ilmu keguruan melalui pengkajian keilmuan yang dilakukan oleh jurusan-jurusan dan program studi.

Sebagai bagian integral dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) memiliki komitmen yang tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan sesuai core activity Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian dalam usaha menciptakan tenaga guru dan tenaga kependidikan lainnya yang handal dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan & Konseling, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Jasmani & Kesehatan serta Pendidikan Usia Dini dengan tetap konsisten pada azas pembangunan pendidikan yang efektif dan berkelanjutan (Sustainable Effectivitnes Education).

b.Fakultas MIPA

c.Fakultas ilmu sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dalam aktualisasi perannya menetapkan Tujuan Umum sebagai berikut: “Mewujudkan sumber daya Civitas Akademika yang mampu mewujudkan Tata Nilai Universitas Negeri Gorontalo sebagai Kampus Peradaban (Civilization) dalam perilaku dan norma kehidupan kampus sekaligus sebagai manifestasi dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk lebih mengukuhkan UNG sebagai Civilization of University.
Secara khusus tujuan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran yang efektif yang berorientasi pada kepentingan sosial dan pembangunan kemasyarakatan yang dukung oleh mentalitas akademik yang paripurna, Sistem Akademik yang handal dan Sinergitas Net-working yang berkelanjutan, dalam mengukuhkan FIS sebagai Faculty that Oriented for Social Interest and Community Development.
2.Meningkatkan Kualitas Penelitian yang didukung oleh disiplin ilmu sosial dan ekonomi  yang berkolaborasi untuk melahirkan produk penelitian yang bermanfaat bagi kepentingan Civitas Akademika dan masyarakat sebagai stakeholders pembangunan.
3. Meningkatkan Kualitas Pengabdian pada Masyarakat yang berbasis kepentingan untuk kemajuan masyarakat
4. Meningkatkan Kualitas Kemitraan internal kelembagaan dan eksternal dengan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial.
5. Meningkatkan Kualitas Manajemen Pembinaan dan Pengembangan sikap ilmiah mahasiswa berdasarkan keilmuan dan integritas kepribadian yang mendorong terciptanya budaya ipteks, imtaq, dan entrepreneurship yang dilandasi dengan etika moral dan akhlak mulia.

d.Fakultas Sastra

VISI :
Fakultas Sastra dan Budaya UNG  pada tahun 2010 menjadi lembaga yang mampu  menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki budaya akademik dan profesional yang tinggi, dan akrab dengan teknologi informasi dalam mengembangkan IPTEKS di bidang bahasa, sastra, seni, budaya, dan pariwisata.

MISI :

Berdasarkan visi di atas, FSB memiliki misi sebagai berikut.

1.Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran bahasa, sastra, seni, budaya, dan pariwisata.

2.Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu bahasa, sastra, seni, budaya, dan pariwisata, serta kependidikannya.

3.Melaksanakan pengabdian  pada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra, seni, budaya, dan pariwisata, serta kependidikannya.

4.Mengembangkan pembinaan kemahasiswaan.

5.Meningkatkan SDM dan ketenagaan

6.Meningkatkan kompetensi pegawai

7.Melaksanakan kerja sama secara berkelanjutan dengan instansi terkait baik negeri maupun swasta.

e.Fakultas Teknik

Pada awalnya sesuai SK Mendiknas No. 140/0/2001 Tanggal 5 September 2001 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, merupakan Fakultas yang mempunyai hak dan kewenangan menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga (D-III) Non Keguruan atau Non Kependidikan.

Pada Tahun Akademik 2000-2001, dibuka beberapa Program Studi di bidang Teknik yang berada di bawah naungan Program Diploma STKIP Gorontalo dengan Koordinator Prof. Dr. Yasin Tuloli, M. Pd. Program Studi yang menjadi cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik tersebut sesuai SK Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Tanggal : 18 Agustus tahun 2000; adalah : 1) No. 275/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D-1 Kriya Kain; 2) No. 278/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Teknik Sipil, 3) No. 279/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Teknik Elektro; dan 4) No. 281/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Manajemen Informatika.

Perjuangan dan tekad lembaga dalam upaya Alih Status STKIP menjadi IKIP Negeri Gorontalo terealisasi dengan diresmikannya IKIP Negeri Gorontalo pada tahun 2001. Sebagai konsekwensinya adalah perubahan perangkat organisasi. Jurusan pada masa STKIP menjadi Fakultas. Salah satu Fakultas tersebut adalah Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Teknik Kriya dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3). Pada tahun akademik 2003/2004 FPTK menambah Program Studi baru yaitu D3 Teknik Arsitektur. Pada tahun akademik 2004/2005, terlahir Program Studi D3 Teknik Industri.

Seiring dengan percepatan proses peralihan status IKIP ke Universitas, FPTK menjadi salah satu primadona dilihat dari segi Non Kependidikannya. Karena salah satu syarat Perguruan Tinggi berbentuk IKIP bisa berubah status menjadi Universitas adalah harus tersedianya Program Studi Non Kependidikan.

f.Fakultas Pertanian

Tujuan :

1.Mengembangkan kemampuan dosen dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.

2.Mengembangkan kemampuan tenaga administrasi dalam pengelolaan administrasi dan keuangan.

3.Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

4.Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam aspek budidaya, pengolahan hasil perkebunan, dan pengawasan mutu.

5.Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam bidang industri ternak.

6.Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam aspek budidaya, pengolahan hasil perikanan, dan berjiwa wirausaha

g.Fakultas IKK

Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan yang disingkat dengan nama FIKK adalah Fakultas yang termuda diantara Fakultas-Fakultas lainnya yang ada di Universitas Negeri Gorontalo. FIKK didirikan pada tanggal 5 April 2008 seiring dengan dilantiknya secara resmi Pimpinan Fakultas oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas ini walaupun umurnya tergolong masih muda akan tetapi telah memiliki jumlah mahasiswa yang besar yakni sebanyak 855 orang yang tersebar di 5 (lima) Program studi yakni:
1. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan
2. Program studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
3. Program studi S1 Kesehatan Masyarakat
4. Program studi S1 Farmasi
5. Program Studi D III Farmasi.

h.Pasca sarjana

Penyelengaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berlangsung sejak tahun 2001 yang diawali dengan program studi S2 kerjasama antara UNG dengan berbagai perguruan tinggi, antara lain dengan Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Gadjah Mada.

Pembenahan dan pengembangan Program Pascasarjana terus dilakukan, mengacu pada pola pengelolaan pascasarjana yang mandiri sebagaimana yang berkembang dalam forum pimpinan pascasarjana dari berbagai perguruan tinggi, termasuk pertemuan periodik antar pimpinan Pascasarjana LPTK Negeri seluruh Indonesia. Program Pascasarajana Universitas Negeri Gorontalo diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara rapat konsorsium para Rektor dan Pimpinan Pascasarjana PTN se Kawasan Timur Indonesia pada bulan Mei 2005.

Sejalan dengan makin luas dan beragamnya tuntutan masyarakat dalam peningkatan kualita sumberdaya manusia, pada tahun 2004 Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo telah membuka program studi secara mandiri diawali dengan Program Studi  Pendidikan Bahasa dengan dua konsentrasi, yaitu konsentrasi Bahasa Indonesia dan konsentrasi Bahasa Inggris berdasarkan izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 456/D/T/2004 tanggal 6 Februari 2004.

"
'