Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

POLITEKNIK Negeri Lampung (Polinela)

POLITEKNIK Negeri Lampung (Polinela)

www.polinela.ac.id/

Profil

Politeknik Negeri Lampung pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001. Pendiri: Departemen Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan.

 

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah. Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus. dan Sejak tahun 2005 Politeknik Pertanian Negeri Lampung berubah nama menjadi  Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan perluasan bidang studi yang di selenggarakan saat ini  tidak hanya di bidang pertanian. bidang-bidang tersebut antara lain : Agribisnis,  Akuntansi,  Manajemen Informatika,  Peternakan, Perikanan, Perkebunan, dan Teknologi Pertanian. dan hingga saat ini  terdiri dari 11 Program studi.

 

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

 

Politeknik mempunyai filosofi adalah sebagai berikut :

  1. Keterkaitan dan kesepadanan antara kurikulum dan kebutuhan industri yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan (customer satisfactory).
  2. Penyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi.
  3. Peningkatan kualitas secara berkelanjutan (continuous quality improvment).
  4. Belajar dengan melakukan (learning by doing).
  5. Pengembangan organisasi dan manajemen modern yang berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan serta mampu bersiang secara nasional maupun regional.
  6. Profesional dan berakhlak mulia.

 Akademik

Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi; Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 036/O/2001 tentang pendirian Politeknik Negeri Lampung, dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 092/O/2004 Tanggal 2 Agustus 2004, tentang perubahan nama. kemudian dinyatakan bahwa Politeknik Negeri Lampung adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional/vokasi.

 

Pendidikan Profesional/Vokasi

Tujuan umum program pendidikan profesional/vokasi adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.

Program pendidikan profesional/vokasi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lampung terdiri atas Program Diploma III dan Program Diiploma IV :

  • Program Diploma 3 mempunyai beban studi komulatif 110 – 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 – 20 semester.
  • Program Diploma 4 mempunyai beban studi komulatif 144 – 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester.
Copyright secured by Digiprove © 2011
"