Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

SNMPTN

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur test untuk masuk ke perguruan tinggi negri yang diadakan serentak se Indonesia.  Tujuanya diadakan SNMPTN agar penerimaan perguruan tinggi dapat dilakukan dengan adil dan merata.

Yang bisa menjadi peserta ujian SNMPTN antara lain:

Lulusan Jurusan IPA, IPS atau Bahasa baik dari SMA, STM, atau sederajat dan telah berhasil lulus ujian nasional di tahun tersebut (maksimal dua tahun) dari waktu penyelenggaraan SNMPTN. Contoh snmptn tahun 2011, SNMPTN pada tahun 2011 bisa diikuti oleh lulusan IPA, IPS atau Bahasa dari SMA atau sederajat yang berhasil lulus ujian nasional pada tahun 2011, 2010 atau 2009. Peserta dikelompokkan berdasarkan jurusan yaitu IPA, IPS, dan IPC. Masing-masing peserta mengikuti ujian sesuai jurusannya dan pemilihan jurusan ketika kuliah, missal siswa SMA atau sedrajat dengan jurusan IPS bila dia mendaftar jurusan non eksakta, seperti sosiologi, HI, komunikasi, ekonomi, maka hanya mengikuti test IPS, begitu pula dengan peserta dari jurusan IPA bila ingin menmpuh kuliah dibidang eksakta seperti teknik, farmasi, dll maka  perlu mengikuti test IPA . masing-masing jurusan wajib mengikuti ujian hari kedua sesuai jurusannya, sementara bila ada siswa dari jurusan IPA atau IPS yang ingin memilih jurusan kuliah yang tidak selaras dengan jurusan di SMA maka siswa tersebut harus mengikuti test IPC, missalkan siswa IPS menginginkan kuliah dibidang eksakta seperti teknik, maka dia harus menempuh kededua test baik IPA maupun IPS.

Materi Yang di Ujikan di SNMPTN antara lain :

  • Hari pertama
    • Tes Potensi Akademik 75 soal
    • Kemampuan dasar (kuantitatif dan bahasa):
    • Matematika Dasar 15 soal
    • Bahasa Indonesia15 soal
    • Bahasa inggris 15 soal
  • Hari kedua
    • Kemampuan IPA
    • Matematika IPA 15 soal
    • Biologi 15 soal
    • Kimia 15 soal
    • Fisika15 soal
      • Kemampuan IPS
      • Sejarah 15 soal
      • Geografi 15 soal
      • Ekonomi15 soal
      • Sosiologi 15 soal

Berita SNMPTN

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 4 November 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya serangkaian kegiatan sosialisasi mengenai tata laksana SNMPTN 2011 Jalur Undangan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, panitia telah mendapatkan berbagai masukan dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat umum, tentang ketentuan dan persyaratan sekolah dan siswa pelamar SNMPTN 2011 Jalur Undangan sebagaimana tercantum dalam Informasi Awal. Oleh karena itu, panitia telah menyempurnakan ketentuan tentang sekolah dan siswa pelamar Jalur Undangan, sekaligus pemutakhiran informasi mengenai integrasi Program Bantuan Biaya Pendidikan (Bidik Misi), sebagaimana disajikan dalam buku informasi ini.

Buku informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2011 baik jalur ujian tertulis/keterampilan dan jalur undangan, persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, termasuk kelompok Program Studi baik Kelompok IPA maupun IPS dari 60 Perguruan Tinggi Negeri. Buku informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN 2011, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi SNMPTN dengan baik. Secara rinci informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN dimuat dalam Buku Panduan Peserta SNMPTN 2011 yang dapat diakses di laman (website) dengan alamat http://www.snmptn.ac.id.

Mengetahui,
Ketua Majelis Rektor
Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Jakarta, 12 Januari 2011
Panitia Pelaksana SNMPTN 2011
Ketua Umum,

Prof.Dr.Ir. H. Musliar Kasim, M.S Prof.Dr.Ir. H.Herry Suhardiyanto, M.Sc.

"
'