Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

UNIVERSITAS BENGKULU

 UNIVERSITAS BENGKULU

 www.unib.ac.id/

Visi
——————
Universitas Bengkulu akan menjadi perguruan tinggi yang berada di barisan terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang mendukung berkelanjutan yang beretika dan bermoral dalam suatu sistem akademik yang demokratis dan didukung oleh fasilitas yang efesien, efektif dan terpadu serta memberikan pelayanan yang memuaskan.

 Misi
——————
Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mencerdaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat;
Meningkatkan suasana akademik yang lebih beretika, bermoral, dan demokratis;
Meningkatkan dan mengembangkan program-program akademik unggulan, kemitraan dengan dunia usaha, pemerintah dan masyarakat;
Meningkatkan kemampuan kompetisi lulusan Univerrsitas Bengkulu melalui program-program akademik yang strategis, efektif, komprehensif dan relevan;
Meningkatkan kualitas citivitas akademika Universitas Bengkulu.

 

 

Visi

Fakultas Pertanian akan menjadi suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mampu memberikan pelayanan terbaik dalam pengelolaan sumber daya manusia, alam dan lingkungan tropis untuk mewujudkan harapan dan keinginan mahasiswa, masyarakat, pemerintah dan pengusaha secara memuaskan.

Misi

Fakultas Pertanian mempunyai misi : melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi untuk mencapai kemaslahatan dan keselamatan manusia; meningkatkan dan mengembangkan program akademik unggulan di lingkungan tropis dalam bidang ilmu-ilmu pertanian yang bermitra dengan masyarakat, pemerintah dan pengusaha; membangun dan memperbaiki suasana dan sistem akademik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang pertanian menghadapi era kesejagadan, serta menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan pengusaha.

Tujuan

Visi dan Misi Fakultas Pertanian  tersebut di atas diwujudkan melalui tujuan-tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut:

  1. 1.      Mewujudkan sistem pendidikan pertanian yang mendorong sivitas akademika untuk  menghayati dan melaksanakan proses penyerapan IPTEK.
  2. 2.      Menyelenggarakan program pendidikan program pendidikan jenjang S2, S1 dan S0 dalam ilmu pertanian melalui jalur akademik berlandasan peraturan pemerintah yang ada.
  3. 3.      Menemukan, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan IPTEK di bidang pertanian sesuai dengan sumberdaya alam yang tersedia dan kebutuhan masyarakat dalam mendukung kepentingan pembangunan pertanian yang berwawasan lingkungan dan sistem pertanian yang berkelanjutan.

FAKULTAS ISIP

Visi, Misi dan Tujuan Fakultas

 Sebagai orientasi pengembangan ke depan, maka penyelenggaraan (governance) pendidikan tinggi di FISIP mengacu pada

1. Visi


“Menjadi Fakultas terdepan dalam Pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai Daya Dukung Pembangunan yang Bertradisi Akademik dan Demokratis dalam penyelenggaraan

 pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat”.

2. Misi

1.      Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat

2.      Meningkatkan derajat kepuasan dosen, mahasiswa, dan staf serta pengguna sesuai dengan tata krama akademik yang demokratis

3.      Mengembangkan program-program unggulan sesuai dengan kebutuhan pengguna (users)

4.      Meningkatkan mutu kerja dosen dan staf

Berdasarkan pada misi tersebut,maka penyelenggaraan pendidikan tinggi di FISIP ditujukan untuk:

1.      Mengembangkan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarkat berbasis kebutuhan masyarakat.

2.      Meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga dalam rangka meningkatkan kepuasan pelayanan terhadap dosen, mahasiswa, staf administrasi, dan pengguna.

3.      Mengembangkan dan membina kehidupan masyarakat akademik melalui sistem manajemen pendidikan tinggi yang profesional, transparan, dan akuntabel.

4.      Mengembangkan atmosfer akademik yang kondusif dalam rangka peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

5.      Mengembangkan area penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemecahan masalah kekinian.

6.      Mengembangkan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan

FAKULTAS KIP

Visi Dan Misi

Visi

Mewujudkan Lembaga Pendidikan dan Keguruan yang unggul dan mampu menghasilkan pendidik dan pengelola satuan pendidik yang berkepribadian utuh dan berintegrasi tinggi, profesional pada bidangnya serta berjiwa pemimpin yang berakhlak mulia, bermartabat, kompetitif dan inovatif, serta memiliki kecakapan ilmiah dan kultural untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan

Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dan akuntabel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tenaga pendidik dan kependidikan;

2.      Menyelenggarakan dan mengembangkan program-program kompetitif dan produktif untuk memenuhi kebutuhan dunia pendidikan baik regional, nasional dan global;

3.      Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi kepada peningkatan mutu institusi, lulusan pendidik serta peserta didik pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan;

4.      Menyelenggarakan Pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada kebutuhan dunia pendidikan;

5.      Melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan institusi lainnya untuk pengembangan mutu kinerja kelembagaan;

6.      Menyediakan jasa kependidikan untuk pengembangan dan peningkatan mutu SDM;

7.      Membantu peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan.

FAKULTAS EKONOMI

Visi

Mewujudkan kualitas lulusan JEP yang mempunyai daya  saing tinggi dalam memenuhi kebutuhan Stakeholders pada  era globalisasi

 

Misi

·         Membangun dan menciptakan kapasitas institusi dan lembaga yang kuat

·         Membangun dan menciptakan akademik yang konduksif

·         Meningkatkan pemberdayaan staf akademik (dosen) dalam melaksanakan tri dharma Perguruan Tinggi

·         Meningkatkan dan mengefektifkan pelaksanaan pembelajaran dan menjalin kerjasama antar institusi dan lembaga

FAKULTAS HUKUM

1.  Visi

Fakultas Hukum sebagai salah satu fakultas terkemuka dan pelopor dalam rekayasa sosial melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang berbasis sumberdaya yang mempunyai kekuatan moral dan pelayanan.

 

2.  Misi

1.      Menjadikan Fakultas Hukum sebagai mitra pemerintah, LSM, Lembaga Penegak Hukum, DPR, DPRD, dalam pengembangan hukum dan penegakan hukum dalam mencapai supremasi hukum berbasis keadilan.

2.      Mengupayakan pendidikan hukum yang dilaksanakan dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian dengan penekanan pada peningkatan kualitas atsmosfir akademik melalui pengelolaan yang transparan.

3.      Peningkatan daya saing lulusan dengan pengembangan program pendidikan yang kompetitif, kemampuan kewirausahaan serta keahlian profesional.

FAKULTAS MIPA

Visi, Misi, dan Tujuan

 

      Visi

Fakultas MIPA Universitas Bengkulu merupakan lembaga pendidikan, penelitian, dan penerapan MIPA yang bermutu, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan tropik untuk menunjang Pembangunan yang berkelanjutan.

 

      Misi

Misi Fakultas MIPA Universitas Bengkulu yaitu melaksanakan tugas pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang MIPA.

a.      Misi Pendidikan

Membentuk lulusan yang cakap menguasai ilmu pengetahuan bidang MIPA, memiliki sikap ilmiah, terampil menggunakan metode ilmiah, memiliki akhlak dan kepemimpinan yang baik, dan cepat bekerjasama dalam tim kerja, sehingga mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi.

b.      Misi Penelitian

§          Menempatkan FMIPA Unib berada digaris depan dalam pengembangan MIPA, khususnya di dalam pengkajian pengelolaan, dan pemodelan lingkungan tropik.

§          Mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional maupun internasional.

c.       Misi Pengabdian kepada Masyarakat

§          Mampu menerapkan hasil-hasil penelitian bidang MIPA agar dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat luas.

§          Bertindak proaktif memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

      Tujuan

Tujuan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu adalah untuk:

a.       Menghasilkan sarjana MIPA dengan kompetensi sebagai berikut:

  • ·          Cakap menguasai ilmu pengetahuan bidang MIPA.
  • ·          Memiliki sikap ilmiah.
  • ·          Terampil menggunakan metode ilmiah.
  • ·           Memiliki akhlak dan kepemimpinan yang baik.
  • ·          Dapat bekerjasama dalam tim kerja.
  • ·          Mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi.

b.       Menghasilkan karya Penelitian yang:

  • ·          Menempatkan FMIPA Unib berada digaris depan dalam pengkajian, pengelolaan, dan pemodelan lingkungan tropik.
  • ·          Dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional.

c.       Menghasilkan karya Pengabdian pada Masyarakat dalam bidang MIPA khususnya di dalam pengkajian, pengelolaan dan pemodelan lingkungan tropis, yang menjadikan FMIPA Unib mampu:

  • ·          Menerapkan hasil-hasil penelitian yang dilakukannya.
  • ·          Memberikan manfaat sebesar-besarnya pada kepentingan masyarakat luas.
  • ·          Bertindak proaktif memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

 

FAKULTAS TEKNIK

 

 

Visi Dan Misi

 

Visi

Untuk mewujudkan Program Teknik sebagai program yang unggul dan terdepan dalam penguasaan dan pengembangan keilmuan dan ketrampilan di bidangnya melalui Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi keilmuan dan ketrampilan, keahlian berkarya dan beretika baik dalam berkarya maupun dalam berkehidupan bermasyarakat.

Misi

Meraih keunggulan dalam proses belajar-mengajar dalam bidang keteknikan sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, sesuai dengan perkembangan zaman, melalui penciptaan atmosfir akademik yang kondusif bagi pengembangan intelektualitas, profesionalitas serta kepribadian staf dan mahasiswa juga membangun jaringan dengan masyarakat melalui pertukaran ilmu dan teknologi secara kultural dan edukasional.

 

Fakultas MIPA Universitas Bengkulu merupakan lembaga pendidikan, penelitian, dan penerapan MIPA yang bermutu, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan tropik untuk menunjang Pembangunan yang berkelanjutan.

 

      Misi

Misi Fakultas MIPA Universitas Bengkulu yaitu melaksanakan tugas pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang MIPA.

a.      Misi Pendidikan

Membentuk lulusan yang cakap menguasai ilmu pengetahuan bidang MIPA, memiliki sikap ilmiah, terampil menggunakan metode ilmiah, memiliki akhlak dan kepemimpinan yang baik, dan cepat bekerjasama dalam tim kerja, sehingga mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi.

b.      Misi Penelitian

§          Menempatkan FMIPA Unib berada digaris depan dalam pengembangan MIPA, khususnya di dalam pengkajian pengelolaan, dan pemodelan lingkungan tropik.

§          Mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional maupun internasional.

c.       Misi Pengabdian kepada Masyarakat

§          Mampu menerapkan hasil-hasil penelitian bidang MIPA agar dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat luas.

§          Bertindak proaktif memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

      Tujuan

Tujuan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu adalah untuk:

a.       Menghasilkan sarjana MIPA dengan kompetensi sebagai berikut:

  • ·          Cakap menguasai ilmu pengetahuan bidang MIPA.
  • ·          Memiliki sikap ilmiah.
  • ·          Terampil menggunakan metode ilmiah.
  • ·           Memiliki akhlak dan kepemimpinan yang baik.
  • ·          Dapat bekerjasama dalam tim kerja.
  • ·          Mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi.

b.       Menghasilkan karya Penelitian yang:

  • ·          Menempatkan FMIPA Unib berada digaris depan dalam pengkajian, pengelolaan, dan pemodelan lingkungan tropik.
  • ·          Dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional.

c.       Menghasilkan karya Pengabdian pada Masyarakat dalam bidang MIPA khususnya di dalam pengkajian, pengelolaan dan pemodelan lingkungan tropis, yang menjadikan FMIPA Unib mampu:

  • ·          Menerapkan hasil-hasil penelitian yang dilakukannya.
  • ·          Memberikan manfaat sebesar-besarnya pada kepentingan masyarakat luas.
  • ·          Bertindak proaktif memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.
"
'