Portal Informasi STAN Nomor 1

Kuliah Idaman

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Renungan untuk adik-adik Kelasku, Mau Kemana Setelah Lulus SMA??

Renungan untuk adik-adik Kelasku, Mau Kemana Setelah Lulus SMA??

Oleh yepe adi

Sebuah Renungan buat adik2 yang baru menyelesaikan pendidikan di bangku SMAnya, bagi yang belum lulus sabar ya, tunggu saatnya nanti kamu akan mengalaminya, baca saja tulisan ini siapa tahu memberikan gambaran mau  kemana setelah lulus SMA.

Banyak yang menganggap lulus dari SMA adalah segalanya, ada yang mencorat-coret bajunya, ada yang pawai keliling kota, dan banyak cara yang lain untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa dirinya sudah lulus dari SMA, justru sebaliknya lulus dari SMA adalah sebuah langkah awal masuk ke persaingan yang sebenarnya.

Sebagai seorang yang pernah merasakan bagaimana rasanya duduk dibangku sekolah, kuliah, dan bekerja, saya merasakan bahwa kondisi ternyaman adalah ketika duduk dibangku sekolah khususnya ketika duduk di bangku SMA. Ketika masih di SMA banyak yang membayangkan saya pengen segera kuliah, dan yang sudah pengen kuliah saya pengen segera bekerja, dan bagi yang sudah bekerja pengen kembali ke masa SMA lagi.

Saran saya buat adik-adik yang belum lulus, nikmati masa-masa ini, kalau yang masih tinggal bersama keluarga nikmati masa-masa ini jadilah anak yang selalu menurut dengan orang tua lagi, karena nanti ketika melanjutkan dikuliah biasanya harus ngekos tak jarang hanya bisa pulang beberapa minggu sekali, bahkan setahun berapa kali, beruntung bagi kalian yang bisa tinggal bersama keluarga.

Selain nikmati masa-masa ini, persiapkan dirimu kedepan.. Mau jadi apa kamu? Apa cita-cita kamu? Apa passion kamu? Mau kemana setelah ini? kakak ceritakan biasanya pada kemana para lulusan SMA setelah mereka lulus UAN, silahkan adik renungkan dan pikirkan adik mau kemana setelah ini, dari survey yang kakak lakukan dan  hasil dari browsing kesana-sini ini kesimpulan kakak.

Kemana Setelah Lulus SMA?

Menganggur: Pilihan untuk menganggur sebenarnya diambil karena terpaksa, beberapa teman kakak dulu ada yang terpaksa harus menganggur, biasanya alasannya karena tidak mendapat kuliah yang sesuai keinginan, ada juga karena masalah biaya, dan banyak faktor lain. Saran kakak usahakan mendaftar kuliah jangan hanya di satu tempat saja, buat kamu yang merasa tidak mampu dalam hal biaya, tingkatkan prestasimu dan rajin belajar, daftar  saja kuliah di universitas Negeri, biaya kuliahnya tidak sengeri yang dibayangkan kok, apalagi kalau kamu bisa menunjukan prestasimu banyak kok yang beasiswa yang diberikan di perguruan tinggi, kalau mau cari sekolah ikatan dinas. Biaya kuliahnya gratis, daftar sekolah kedinasan dapat dilihat disini.

Nikah : Teman kakak dulu semasa SMA, ada juga yang mengambil pilihan langsung menikah setelah lulus, biasanya yang menjadi alasan biasanya mereka yang langsung menikah karena memang sudah punya calon/pacar yang sudah cukup umurnya buat nikah, hayo siapa yang begitu juga?? Siap2 dinikahin ya?? hehehe. Pilihan ini juga bukan salah satu pilihan favorit, pikirkan matang2 apabila kamu mau mengambil pilihan ini, menikah setelah lulus SMA berarti harus siap mengorbankan masa muda bersama teman2 untuk keluarga, kalau yang cowok pikirkan kamu harus menafkai keluargamu, buat yang cewek siap-siap harus mengurus anak dan suami.

Kerja : Langsung bekerja setelah kuliah juga menjadi pilihan para lulusan SMA/SMK, untuk teman-teman yang berasal dari SMK biasanya sudah siap menghadapi hal ini, lulusan SMK memang sudah dipersiapkan untuk hal ini, tetapi untuk teman-teman yang SMA harus mempersiapkan diri untuk mengambil pilihan ini. Tips kakak untuk kalian yang mau bekerja setelah lulus, belajar keahlian ketika masih di SMA. Manfaatkan waktu kalian sebaik-baiknya, ingat persaingan diluar sangatlah keras jika kalian tidak punya keahlian tidak akan terpakai. Berapa contoh keahlian yang bisa kalian pelajari dahulu seperti menjadi EO acara2 sekolah, Belajar softwere2 komputer(seperti corel atau photoshop), belajar tentang mesin, dan banyak lagi yang bisa kalian pelajari terlebih dahulu. Mulai dari sekarang selain belajar pelajaran sekolah pelajarilah keahlian.

Kuliah : Harapan para lulusan SMA adalah bisa lanjut ke tempat kuliah yang dia impikan, baik itu di dalam maupun luar negeri. UI, UGM, ITB, ITS adalah beberapa PTN favorit di Negeri ini, untuk bisa masuk di dalamnya perlu bersaing dengan ribuan pendaftar. Nah kebanyakan yang dialami para mahasiswa adalah merasa dirinya salah jurusan, sehingga untuk kuliah mereka jadi malas dan tidak bersemangat, kakak punya tips biar kalian tidak merasa salah jurusan. Hal ini penting karena study yang kalian ambil menentukan masa depan kalian, kalian kedepannya akan bekerja di profesi apa. Ini bukan hanya untuk setahun sampai lima tahun saja, tapi akan jadi pegangan seumur hidup kalian jadi saran kakak pikir matang2 ketika akan mengambil jurusan di universitas nanti, saran kakak pilih sesuai pasionmu, kamu suka dalam hal apa, missal kamu suka dalam hal matematika ambil saja kuliah itu, kalau kamu suka sejarah tapi ambil jurusan matik, ya pasti akan merasa tidak nyaman. Cara menentukan pasionmu dimana, cari tahu hal2 yang kamu senang lakukan dan sering kamu lakukan. Buat kamu yang masih bingung kakak bisa membantu kamu, silahkan saja hubungi kakak lewat chating ataupun Facebook, akan kakak bantu menemukan passion kamu dimana. Gag usah malu-malu, dengan senang hati kakak bantu J. Baca juga   tulisan kakak tentang Tips memilih kuliah Idaman.

Bagaimana? Renungkan setelah ini mau kemana? Lulus SMA salah satu langkah kecil dalam kehidupan kalian,  Perjalanan masih panjang, milikilah harapan dan cita-cita yang tinggi, dan selalu berupaya mewujudkan setiap impian kita. Optimalkan diri kalian setiap hari, berbuat baiklah setiap hari, yakinlah semua impian itu akan menjadi kenyataan entah kapan tapi pasti.

Semoga bisa menjadi salah satu kakak terbaikmu

Salam Yepe Adi

"
'