Portal Informasi STAN Nomor 1

belajar matimatika

soal matematika

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Belajar Matematika

Posted on | June 26, 2012 | No Comments

Cara Belajar Matematika

Adek-adek yang sekolah pasti memiliki suatu pelajaran yang gak disukai. Salah satunya adalah matematika. Namun perlu disadari bahwa sebenarnya matematika adalah pelajaran yang sangat bermanfaat karena bisa dipakai untuk banyak hal. Maka dari itu adek-adek sangat disarankan agar tidak takut pada pelajaran matematika ini. Di sini akan dijelaskan cara belajar matematika yang baik serta alasan kenapa matematika itu ditakuti.

Pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa di setiap tingkatan sekolah. Hal ini ada karena adanya pendapat salah bahwa matematika itu sangat sulit karena  memerlukan ketepatan dan ketelitian dalam setiap proses belajarnya.

Dalam benak kebanyakan siswa, matematika adalah pelajaran sulit yang tersusun atas kumpulan angka yang merupakan sebuah masalah yang sangat sulit untuk dipecahkan. Akibatnya banyak siswa yang merasa takut saat harus mempelajari pelajaran matematika yang dianggap sulit itu.

Hal ini yang menyebabkan terhambatnya seorang siswa dalam belajar matematika. Ditambah adanya salah pengertian terhadap matematika itu sendiri menambahkan beban yang ada pada siswa. Mereka merasa malu, segan maupun minder, karena merasa tidak mampu untuk dapat mengikuti pelajaran yang sejak awal telah dianggap sulit.

Bagi para guru pengajar, apalagi guru matematika, hal tersebut merupakan tantangan yang sulit. Selain mengajarkan materi yang agak sulit kepada siswa, para guru tersebut harus juga menghilangkan pandangan tidak benar seorang murid terhadap matematika. Tanda adanya perubahan pandangan kearah positif  seorang siswa terhadap matematika akan menyebabkan seorang guru kesulitan dalam mencapai target pembelajaran yang telah dirancang.

Cara Belajar Matematika

Dengan adanya pandangan tidak benar seorang siswa terhadap matematika, seorang guru wajib menciptakan suatu sistem yang akan membuat seorang siswa mulai menyukai pelajaran ini. Karena jika telah munculnya rasa suka terhadap pelajaran ini, akan memunculkan motivasi dalam belajar yang selanjutnya akan membuat perkembangan ke arah yang positif.

Jika seorang siswa masih tidak menyukai matematika, saya akan memberi sedikit saran yang dapat dilakukan kepada siswa agar mereka tidak terlalu membenci matematika. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam belajar matematika antara lain :

  1. Pelajari dasar yang ada pada matematika dan bukan hanya sekedar menghafal materi tersebut. Karena dasar matematika dapat dipakai hingga kapanpun. Dan jika kita hanya menghafal materi ataupun konsep pada matematika, maka kita tidak akan mampu menguasai soal-soal yang diberikan.
  2. Perbanyak mengerjakan soal. Dengan banyaknya melakukan latihan, maka kita akan terbiasa dalam mengerjakan soal-soal yang ada. Tapi sangat disarankan agar dalam mengerjakan soal dilakukan dengan keinginan sendiri, karena jika dipaksakan dalam mengerjakan soal kita akan merasa jenuh dan malas yang akibatnya akan membuat kita tidak dapat memahami soal yang kita kerjakan. Setiap soal harus dikerjakan sendiri dulu. Dan bila tertahan atau buntu barulah meminta bantuan orang lain. Karena setiap soal yang dikerjakan sendiri akan menambah pemahaman kita, dibanding jika kita menyontek jawaban orang. Bahkan seringkali bila kita menyontek kita hanya menyalin saja tanpa memahami apa yang kita salin.
  3. Belajarlah dengan orang yang lebih pandai. Karena pada saat kita tidak mengerti suatu materi ataupun soal, orang tersebut dapat mengajarkan kita sehingga kita menjadi tahu apa yang kita tidak ketahui dan yang tidak kita pahami. Tetapi saat belajar dengan orang yang lebih pandai janganlah menjadi benalu, dimana kita hanya bertanya-tanya tanpa sedikitpun berusaha untuk memahami materi yang dipelajari.
  4. Sering-seringlah mengikuti suatu lomba matematika. Karena jika mengikuti lomba, kita akan memiliki pengalaman yang lebih banyak, serta trik dalam memecahkan soal secara cepat dan praktis. Namun jika tidak bisa mengikuti lomba, bisa juga dengan melakukan suatu kerja kelompok dimana kita melakukan suatu lomba untuk mengerjakan soal.
  5. Jangan pernah melupakan materi yang sudah lewat, karena setiap materi pada matematika saling berhubungan, sehingga jangan pernah menganggap materi yang sudah lewat bagai angin berlalu. Jadi setiap materi dalam matematika harus dipahami, jangan dihafal.

Dengan mengikuti trik-trik yang ada diatas, saya harap adek-adek para pelajar dapat menyerap pelajaran matematika dan tidak lagi takut atau benci terhadap pelajaran matematika, karena matematika merupakan dasar yang dapat dipakai dalam kehidupan ini.

"

Comments

Leave a Reply





'