Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Bahu

Kekuatan Bahu

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Bahu

Posted on | May 28, 2014 | No Comments

Cara Melatih Kekuatan Bahu

 

Pada dasarnya, semua orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat dan proporsional. Namun, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa hal tersebut tidaklah mudah. Diperlukan olahraga secara teratur dan komitmen yang sangat tinggi.

Mungkin muncul pertanyaan lainnya, seperti apa olahraga yang tepat untuk melatih kekuatan bahu itu ? Sebelum kita membahas hal tersebut, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga dan sejuta manfaatnya.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

 Latihan adalah proses kerja yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Beban atau intensitasnya semakin hari semakin bertambah agar memberikan rangsangan secara menyeluruh terhadap tubuh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental secara bersama-sama.

Kebugaran adalah keadaan tubuh seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas setiap hari tanpa mengalami kelemahan yang berarti. Latihan kebugaran jasmani adalah jenis latihan fisik (jasmani) melalui gerakan-gerakan anggota tubuh atau gerakan tubuh secara keseluruhan, dengan maksud untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran jasmani.

Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

 Otot Lengan dan Bahu yang kuat merupakan dambaan banyak orang. Untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu ini dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti angkat beban atau dengan cara push up.

Untuk lebih jelas mengenai cara melatih kekuatan bahu, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.  Melakukan gerakan push up

 Nama olahraga yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. adapun manual singkat bagaimana caranya melakukan olahraga ini, yaitu :

–      Tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus kebelakang dengan    ujung kaki bertumpu pada lantai.

–   Kedua telapak tangan menapaklantai di samping dada, jari-jari menghadap ke depan, siku ditekuk.

–   Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, sementara posisi kepala,badan, dan kaki berada dalam satu garis lurus.

–   Badan diturunkan kembalidengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kakitetap lurus tidakmenyentuh lantai.

–    Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai tidak kuat.

Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:

–   mengubah jarak telapak tangan

–    bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan

–   mengubah jarak antar kaki

–    mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain

–   mengubah jumlah tangan yang digunakan : satu tangan atau dua tangan

2.  Melakukan jongkok angkat tubuh

 Salah satu cara melatih kekuatan bahu adalah dengan melakukan jongkok angkat tubuh. Olahraga ini dilakukan dengan cara :

–    Sikap awal jongkok, kedua kaki sedikit terbuka, keduatelapak tangan menempel di lantai di antara kedua paha mendekati lutut, danlengan lurus.

–   Sentuhan paha ke bagian dalam dekat dengan siku tangan

–   Angkat kedua kaki ke atas secara perlahan-lahan hingga lepas dan lantai,siku dapat berfungsi sebagai penahan pada paha.

–    Tahan gerakan ini selama mungkin.

3. Melakukan chin up

 Olahraga ini sangatlah mudah untuk dilakukan, hal yang anda perlukan hanyalah sebuah palang. Adapun  cara untuk melakukan olahraga ini, yaitu :

–      Bergantung pada palang tunggal, jarak kedua tangan    selebar bahu, posisi telapak tangan mengahadap kearahkepala, kedua lengan lurus.

–  Mengangkat tubuh ke atas hingga daguberada di atas palang.

–   Badan diturunkan kembali dengan cara meluruskan lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kaki tetap lurus.

–   Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai tidak kuat.

Inilah sekilas mengenai cara melatih kekuatan bahu. Semoga bermanfaat

 

 

 

"

Comments

Leave a Reply





'