Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Betis

Kekuatan Betis

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Betis

Posted on | May 29, 2014 | No Comments

Cara Melatih Kekuatan Betis

 

Otot betis merupakan salah satu otot yang paling ingin dibentuk, khususnya bagi kaum pria. Selain itu, para atlet bola atau futsal juga pasti ingin mempunyai otot betis yang bagus. Namun, sebagaimana yang kita ketahui bahwa hal tersebut membutuhkan kerja keras dan komitmen yang kuat.

Banyak orang yang bertanya tanya mengenai cara melatih kekuatan betis itu. Namun, sebenarnya jawabannya sangatlah sederhana, yaitu dengan melakukan berbagai latihan atau olahraga secara teratur, karena otot yang satu ini tidak terbentuk begitu saja dengan sendirinya.

Akan tetapi, sebelum kita membahas jenis olahraga yang dapat membentuk otot betis itu, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Kegiatan olahraga ini sendiri banyak dimanfaatkan oleh orang orang sebagai sarana rekreasi dan penghilang stress karena dinilai menyenangkan. Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur.

Latihan adalah proses kerja yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Beban atau intensitasnya semakin hari semakin bertambah agar memberikan rangsangan secara menyeluruh terhadap tubuh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental secara bersama-sama.

Betis adalah salah satu kelompok otot yang paling sulit untuk dilatih dan dibentuk. Beberapa orang bahkan terlahir dengan ukuran betis yang kecil. Bahkan banyak juga binaragawan yang memiliki bentuk kaki dan betis yang kurus sehingga mereka terlihat seperti tokoh komik dengan bentuk badan segitiga, besar di atas dan kecil mengerucut ke bawah.

Hal ini membuat mereka bertanya apakah latihan yang selama ini dilakukan tidak memiliki pengaruh pada otot betis dan kaki? Banyak binaragawan yang melatih betis sampai habis-habisan karena frustasi dengan pertumbuhan otot betis yang sangat lambat.

Para binaragawan harus memiliki bentuk dan ukuran betis yang sempurna untuk keseimbangan sehingga bentuk tubuhnya terlihat proporsional. Bentuk proporsional ini adalah bentuk simetris yang ideal dengan ukuran betis, bisep dan leher yang sama.

Untuk lebih jelas mengenai cara melatih kekuatan betis, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.  Ball of the foot and toe position

 Kunci untuk pertumbuhan otot betis adalah dengan menantang betis Anda untuk melakukan latihan dengan set yang padat, superset, dam descending set setiap hari dalam seminggu. Satu-satunya cara untuk merusak sekaligus membangun otot betis adalah dengan melakukan latihan yang berat dengan intensitas tinggi hingga hingga batas kemampuan maksimum.

Prinsip dasar latihan untuk otot betis adalah untuk membanjiri otot dengan darah guna membuka ruang baru untuk pertumbuhan otot. Peningkatan aliran darah ke otot akan membantu penyebaran oksigen dan berbagai faktor lain seperi nutrisi dan asam amino yang membantu pemulihan dan pertumbuhan otot.

Untuk memberikan tekanan ke otot betis, fokuslah pada beban yang diberikan dari bola latihan kepada kaki. Untuk membantu memberi tekanan pada bagian betis yang berbeda, cobalah untuk mengarahkan jari kaki kearah betis dalam, kemudian arahkan ke betis luar.

2.   Burn out

 Setelah melakukan standing calf presses, lakukan latihan berat dengan repetisi sebanyak mungkin hingga Anda benar-benar merasa lelah. Untuk seated calf presses, berdiri di lantai sekali lagi, kemudian tekuk lutut seperti posisi jongkok.

Untuk melatih betis, usahakan Anda melakukan 2 jenis latihan untuk betis. Cobalah untuk mengkombinasikan latihan seperti seated dengan standing. Lakukan latihan dengan beban yang sangat ringan setiap akhir set latihan rutin sebanyak 2 kali per minggu. Lakukan repetisi sebanyak yang Anda mampu hingga batas kekuatan maksimal.

Inilah sekilas mengenai cara melatih kekuatan betis. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'