Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Dada

Kekuatan Dada

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Dada

Posted on | May 30, 2014 | No Comments

Cara Melatih Kekuatan Dada

 

Semua orang, khususnya kaum pria pasti ingin mempunyai badan yang sempurna dan berbidang. Oleh karena itu, tidak heran bila mereka melakukan segala bentuk usaha untuk mencapai hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur atau melakukan fitness. Hal ini sangat banyak dilakukan, karena olahraga telah terbukti merupakan salah satu cara melatih kekuatan dada dan juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Akan tetapi, banyak sekali jenis olahraga di dunia ini, jadi olahraga apa yang bisa dijadikan sebagai cara melatih kekuatan dada ? Sebelum kita membahas hal tersebut, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga dan aneka manfaatnya.

Latihan adalah proses kerja yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Beban atau intensitasnya semakin hari semakin bertambah agar memberikan rangsangan secara menyeluruh terhadap tubuh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental secara bersama-sama.

Untuk meningkatkan perkembangan otot, maka latihan beban sebisa mungkin dapat melibatkan sebanyak mungkin serat otot. Oleh karena itulah ada banyak variasi gerakan yang tujuannya adalah memaksimalkan sebanyak mungkin otot yang dilatih.

Kadang ketika melakukan latihan gerakan dasar, otot pendukung yang terlibat, yang biasanya merupakan otot yang lebih kecil dari otot utama, bisa lelah lebih dahulu sehingga gerakan harus berhenti padahal mungkin serat otot utamanya belum terlatih semua. Untuk itu maka bisa diterapkan prinsip ini.

Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Untuk lebih jelas mengenai cara melatih kekuatan dada, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Fly machine

 Salah satu cara melatih kekuatan dada adalah dengan menggunakan fly machine atau butterfly machine. Ini merupakan gerakan isolasi untuk otot dada. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini sendiri adalah untuk mengembangkan ukuran dan definisi otot dada tengah.

Fly machine bukan merupakan pilihan yang baik untuk mengembangkan masa otot dada, tetapi sangat berguna untuk menciptakan definisi otot dada. Sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan latihan ini sebanyak 3 set dengan repetisi sebanyak 10 sampai 15 kali.

2.  Incline press

 Pada dasarnya, latihan ini merupakan gerakan kompon untuk otot dada. Tujuan dari dilakukannya latihan ini sendiri adalah untuk mengembangkan masa dan kekuatan otot dada (tengah dan atas) dan bahu depan.

Dengan sudut bangku yang lebih tinggi maka tekanan pada otot dada lebih terpusat pada otot dada bagian atas dan bahu. Beban yang dapat diangkat pada incline press tidak seberat beban pada bench press.

Sangat dianjurkan pada anda untuk melakukan latihan ini secara rutin dan teratur sebanyak 3 set dengan repetisi 6 sampai 10 kali.

3.  Dips

 Latihan yang satu ini pada dasarnya merupakan latihan gerakan kompon untuk otot dada. Tujuan dilakukannya latihan ini adalah untuk mengembangkan otot dada, dan juga tricep (sekunder)
Dips merupakan latihan dada dan tricep yang mempunyai efek yang sama dengan Decline Press.

Pada awalnya bebannya adalah berat badan kita sendiri, tetapi seiring dengan berkembangnya kekuatan, maka beban tambahan dapat diberikan dengan menggantungkan beban. Latihan ini memungkinkan otot bergerak dengan jangkauan gerakan yang lebih panjang.

Sebaiknya anda melakukan latihan yang satu ini secara teratur dan rutin sebanyaj 3 set dengan repetisi sebanyak 6 sampai 10 kali.

4.  Bench press

 Latihan ini secara umum merupakan gerakan kompon untuk otot dada. Tujuan utama dilakukannya latihan ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan masa otot dan kekuatan otot dada, bahu depan dan lengan atas belakang (tricep).

Bench Press merupakan gerakan kompon dasar (fundamental compound exercise) untuk tubuh bagian atas.

Inilah sekilas mengenai cara melatih kekuatan dada. Semoga bermanfaat

"

Comments

Leave a Reply





'