Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Kaki

Kekuatan Kaki

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kekuatan Kaki

Posted on | June 1, 2014 | No Comments

Cara Melatih Kekuatan Kaki

 

Latihan atau fitness merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh kaum pria. Berbeda dengan kaum wanita yang sebagian besar bertujuan untuk menurunkan berat badan, kaum pria cenderung melakukan aktivitas ini dengan tujuan untuk membentuk otot.

Salah satu otot yang paling ingin mereka bentuk setelah otot perut adalah otot kaki. Banyak di antara mereka yang bertanya tanya cara melatih kekuatan kaki itu. Tentunya hal tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Para atlet sepak bola atau pemain futsal pada umumnya mengetahui rahasia ini dengan baik. Oleh karena itu, tidak heran bila otot kaki mereka terlihat begitu indah dan tentunya proporsional dengan bentuk tubuh yang mereka miliki.

Sebelum kita membahas cara melatih kekuatan kaki, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga itu. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Footwork atau gerakan kaki adalah salah satu kemampuan dasar dalam bermain bola. Setiap pemain bola apalagi anak anak yang  berusia 14 hingga 16 tahun harus selalu melatih footwork setiap hari agar kemampuan footwork prima.

Latihan adalah proses kerja yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Beban atau intensitasnya semakin hari semakin bertambah agar memberikan rangsangan secara menyeluruh terhadap tubuh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental secara bersama-sama.

Kegiatan olahraga ini sendiri banyak dimanfaatkan oleh orang orang sebagai sarana rekreasi dan penghilang stress karena dinilai menyenangkan. Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur.

Untuk lebih jelas mengenai cara melatih kekuatan kaki, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Cara melatih kekuatan kaki

 Adapun beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk melatih kekuatan kaki, di antaranya adalah :

–     Latihan lari langkah kecil menggunakan batasan/garis dari bambu panjang 80 cm sebanyak 6-10 bh, pasang pada jarak 50 cm memanjang. Setelah itu anda berlari kecil pada batas bambu tersebut. Kemudian gunakan langkah kecil, dengan variasi melangkah ke samping – kedepan – mundur kebelakang dengan berbagai kombinasi. Pada latihan ini dapat pula menggunakan tangga yg direbahkan, atau ban mobil yg dijajarkan

–    Latihan loncat – loncat main tali atau skipping, mulai dengan 200 xulangan hingga anda bisa loncat sebanyak 400, 500 hingga 700x, lakukan 5-6 x seminggu

–   Lari ditangga bulak balik

–    Gunakan cone atau bola sebanyak 6 bh, pasang zig zag — lalu anda berlari kecil dengan gaya sprint – langkah langkah kecil dengan paha diangkat, pada cone sentuh dengan ujung kaki. Cobalah gerakan langkah mundur – kesamping

–   Latihan dribbling cepat dengan gerakan zig zag – maju mundur, juga akan meningkatkan footwork. Anda bisa mengajak pasangan anda untuk adu cepat pada jarak 15 m.
Semua Latihan harus diulang-ulang – mulai dengan jumlah kecil tingkatkan 30% setelah 4 minggu tingkatkan 2 x lipat setelah 8 minggu.

2. Burn out

 Setelah melakukan standing calf presses, lakukan latihan berat dengan repetisi sebanyak mungkin hingga Anda benar-benar merasa lelah. Untuk seated calf presses, berdiri di lantai sekali lagi, kemudian tekuk lutut seperti posisi jongkok.

Untuk melatih betis, usahakan Anda melakukan 2 jenis latihan untuk betis. Cobalah untuk mengkombinasikan latihan seperti seated dengan standing. Lakukan latihan dengan beban yang sangat ringan setiap akhir set latihan rutin sebanyak 2 kali per minggu. Lakukan repetisi sebanyak yang Anda mampu hingga batas kekuatan maksimal.

Inilah sekilas mengenai cara melatih kekuatan kaki. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'