Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kelincahan

Kelincahan

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Melatih Kelincahan

Posted on | May 15, 2014 | No Comments

Cara Melatih Kelincahan

 

Istilah olahraga ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Setiap harinya, setiap orang di seluruh dunia pasti melakukan aktivitas ini dengan berbagai tujuan. Meskipun kebanyakan dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, namun olahraga juga merupakan cara melatih kelincahan.

Tentunya hal tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan komitmen yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum kita membahas cara melatih kelincahan, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga dan manfaatnya bagi tubuh.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Kelincahan sendiri merupakan salah satu kompoonen kebugaran jasmani yang penting untuk dilatih.  Kelincahan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu.

Seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik berarti kelincahannya cukup baik. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Kegiatan olahraga ini sendiri banyak dimanfaatkan oleh orang orang sebagai sarana rekreasi dan penghilang stress karena dinilai menyenangkan. Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur.

Untuk lebih jelas mengenai cara melatih kelincahan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Lari dengan beban

 Cara yang dinlai cukup efektif untuk melatih kelincahan adalah lari dengan membawa beban. Latihan yang dimaksud disini yaitu kita melakukan gerakan lari dengan tubuh diberi beban. Contohnya yaitu berlari dengan menarik parasut dan berlari dengan menarik tali karet yang terikat. Sebelum melakukan latihan ini hendaknya lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit.

Lama waktu istirahat yaitu 2 kali waktu latihan misalnya anda melakukan latihan ini selama 30 detik maka waktu istirahat adalah 1 menit. Lakukan latihan ini secara rutin dan teratur untuk hasil yang memuaskan.

2.  Latihan lompat tangga

 Salah satu cara melatih kelincahan adalah dengan melakukan latihan lompat tangga. Latihan ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan. Latihan ini dapat anda variasi dengan gerakan berjalan, berlari melompat dengan 1 atau 2 kaki, baik itu ke arah depan atau belakang.

3.   Mengangkat beban yang berat

 Dalam kehidupan anda sehari-hari lakukan gerakan berjalan dengan membawa beban yang lebih berat. Hal ini dimaksudkan agar tubuh terbiasa untuk membawa beban yang lebih berat. Kemudian ketika beban tersebut hilang, anda akan lebih cepat dan lebih lincah.

4.  Melakukan perenggangan otot

 Fleksibilitas merupakan factor penting yang mempengaruhi kelincahan dan kecepatan. Memiliki fleksibilitas yang baik akan meningkatkan jangkauan gerak dan mengurangi kemungkinan otot tertarik atau melukai sendi dan ligament.

Lakukan peregangan dinamis tepat setelah pemanasan dan sebelum sesi pelatihan. Lakukan peregangan statis segera setelah sesi pelatihan. Beberapa contoh peregangan dinamis yaitu gerakan perlahan yang terkendali atau latihan aerobik intensitas rendah, seperti bersepeda, berjalan, atau jogging.

Beberapa contoh peregangan statis yaitu membungkuk ke depan, kesamping,

kebelakang, peregangan hamstring.

5.    Melakukan latihan bosu

 Salah satu cara melatih kelincahan adalah dengan melakukan latihan Bosu adalah latihan dengan menggunakan alat bernama “Bosu” yaitu alat untuk mempertajam kecepatan dan kelincahan. Selain itu anda dapat meningkatkan kekuatan kardiovaskular anda, kekuatan otot anda, daya tahan otot dan keseimbangan anda, yang mana hal ini adalah parameter penting yang terlibat dengan kecepatan dan kelincahan.

Langkah sisi lateral, melompat menerjang 180-an dan hop adalah contoh yang baik dari latihan ini. inilah sekilas mengenai cara melatih kelincahan. Semoga bermanfaat

 

 

 

"

Comments

Leave a Reply





'