Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Membuat Kandang Perkutut

Posted on | September 10, 2011 | No Comments

 

Setiap makhluk hidup pasti mempunyai tempat tinggal yang :

n  Bagi manusia di sebut dengan rumah

n  Bagi hewan darat disebut kandang

n  Bagi hewan udara di sebut sangkar / sarang

–          Semuanya mempunyai habitat masing masing sesuai dengan dimana seharusnya ia berada  atau dia bertempat tinggal. Pada dasarnya tempat  tinggal merupakan tempat dimana kita melakukan aktivitas pribadi kita. Oleh karena itu buatlah tempat tinggal yang seaman dan senyaman mungkin buat kita. Agar kita betah tinggal ditempat tersebut, karena  pada dasarnya rumah merupakan tempat yang seharusnya nyaman.  Dengan kenyamanan rumah merupakan tempat yang indah dan sangat di idamkan oleh banyak orang . begitu juga pada hewan,  para manusia membuat kandang bagi hewan peliharaan mereka.  Mereka akan membuat kandang yang sesuai dengan bentuk dari hewan peliharaan mereka tersebut. Mereka  juga akan menghias kandang hewan peliharaan mereka tersebut  agar terlihat lebih menarik dan cantik sehingga merekapun nyaman dalam meletakan hewan mereka tersebut. Bagi para penjual  kandang hewan, mereka akan memberikan variasi yang bermacam macam pada kandang hewan membuat kandang mereka semenarik mungkin agar pembeli membeli kandang tersebut. Sang penjual kandang hewan akan memberikan penawaran yang bermacam macam dan mereka akan memfasilitasi kandang tersebut agar nyaman untuk digunakan oleh hewan peliharaan tersebut.  Begitu jugga dengan  para penggemar burung, mereka akan membuat kandang untuk burung burung yang mereka ternakan dengan bahan yang kuat.  Kekuatan kandang itulah yang dibutuhkan sebab kandang yang tidak kuat akan membuat burung burung tersebut terbang jika terjadi  kerusakan pada kandang, kerena  itu buatlah kandang dengan bahan yang kuat. Bagi para pembuat sangkar buruk, mereka akan memberikan variasi pilihan yang membuat para pembeli menjadi tertarik  dan membeli sankar tersebut.  Bagi peternak burung perkutut mereka lebih senang membuat kandang bagi burung perkutut tersebut oleh karena itu mereka harus tau mengenai cara membuat kandang perkutut. Dengan cara membuat kandang perkutut tersebut maka mereka akan dapat membuat tempat dimana perkutut tersebut tinggal.

Cara membuat kandang perkutut haruslah melihat ukuran dari pasangan calon indukan anda yang hendak anda masukan ke dalam kandang,  biasanya ukuran untuk kandang perkutut tersebut adalah  bisa sepanjang 1,2 meter dengan tinngi kandang tersebut 1,8 meter dan mempunyai lebar 50 -70 cm,  yang diperlukan dalam cara membuat kandang perkutut adalah pancaran sinar matahari langsung.  Dalam segi ukuran , kandang perkutut tidak terlalu memiliki ukuran yang pasti.  Untuk lantai dari kandang perkutut tidak harus mutlak terbuat dari pasir atanya juga bisa saja terbuat dari asbes, genteng atau apa saja yang penting kuat dan tidak membahayakan bagi burung tersebut.  Jarak antara sarang serta genting harus berjauhan dan tidak boleh terlalu dekat karena jika jarak antara sarang dan genting berdekatan maka yang akan terjadi adalah telur akan meleleh akibat suhu dan kelembapan udara yang tidak seimbang dan sesuai dengan seharusnya. Cara membuat kandang perkutut ini membuat anda bebas memilih bahan yang digunakan sebagai pembuat kandang,  dapat berupa aluminium, kontruksi kayu ataupun besi  sesuai dean selera dan kemampuan modal anda untuk membelinya tidak ada paksaan  harus  menggunakan bahan yang mahal namun pada dasarnya semakin bagus kualitas dari  sebuah barang makan akan terjaga kekuatannya dan akan mahal harga belinya.

Kandang perkutut ini dapat dibuat diatas lantai rumah kita, ataupun diibuat diatas tanah dapat juga memanfaat kan lahan rumah kita yang sempit ataupun yang luasdi anjurkan agar kandang tersebut haruslah  berkeadaan ramai atau tidak sepi, usahakan agar kandang tersebut sering dilewati oleh orang orang atau bisa dibilang kadang tersebut harus dapat dikunjungi oleh orang orang yang ingin berkunjung .semakin sepi, semakin jarang atau semakin tidak adanya  manusia  yang melewati kandang tersebut  maka tidak akan produktif lah  burung perkutut tersebut, sebab burung ini sangat suka berinteraksi dengan manusia,mereka  suka bertatapan dengan manusia sebab itu membuat mereka merasa nyaman.  Usahakan tempat adanya kandang perkutut tersebut terbebas dari suara  suara berisik usahakan tempatnya nyaman dan tidak berisik sehingga burung tersebut pun bisa  nyaman dan yang paling penting usahakan kandang tersebut jauh dari kucing karena kucing hewan yang ditakuti perkutut.

Jika anda ingin tips membuat perkutut juara 

 

"

Comments

Leave a Reply





'