prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Cara Perawatan Burung Perkutut

Posted on | June 11, 2012 | No Comments

Perawatan setiap orang butuh perawatan.  Begitu juga pada 3  jenis  makhluk hidupp  yang ada di muka bumi ini. 3 makhluk tersebut adalah sebagai berikut :

  1.  Manusia  yang terdiri atas  2 jenis laki  laki  atau perempuan
  2. Hewan yang terdiri atas 2  jenis juga yaitu betina dan jantan
  3. Tumbuhan

Perawatan untuk masing masing makhluk hidup ini sanagat bebeda sebab kebutuhan mereka pun berbeda. Kebutuhan manusia , hewan dan tumbuhan itu berbeda sebab apa yang mereka rasakan apa yang mereka tempati sebagai tempat tinggal apa yang mereka jalani pokoknya semua tentang mereka pasti berbeda beda dan kita dapat mengetahuinya denga n :

  1. Kebutuhan manusia

Pada dasarnya manusia  memiliki cara untuuk merawat diri mereka dengan banyak hal :

-          Perawatan  wajah

-          Perawatan kuku

-          Perawatan kesehatan

Dan banyak lagi perawatan lainnya

  1. Kebutuhan tumbuhan

Tumbuhan pada dasarnya memerlukan berbagai maccam hal  yang meliputi dirinya dan lingkungannya, pada dasarnya tumbuhan harus mencukupkan dirinya dengan berbagai unsur seperti :

-          Unsur hara

-          Unsur cahaya

-          Unsur  air

Dan berbagai unsur lain sebagai pendukung dari proses pertumbuhannya

  1. Kebutuhan hewan

Hewan juga perlu kebutuhan yang hampir sama dengan manusia, seorang hewan berbulu lebat seperti kucing anggora harus diberikan perawatan tentang bulu dan makanan sebab kesalahan yang terjadi jika  hewan tersebut tak dipelihara adalah perusakan pada bulu akan terjadi dan banyak lagi hal

Perawatan itu penting sebab tanpa itu akan banyak lagi terjadi  kesalahan serta  banyak terjadi penyakit akibat kurangnya perawatan, itu lah guna perwatan  bagi kita  begitu juga lah hal nya dengan burung, pasti punya perawatan juga, apalagi burung kontes  seperti burung erkutu,akan banyakperawatan perkutut yang diberikan.

Perawatan perkutut dapat dilakukan dengan cara iniyaitu  :

  1. Perawatan  sehari hhari

Untuk perawatan yang dilakukan sehari hari harus melihat faktor berikut yaitu :

-          Makanan serta minuman

-          Badan sang  perkutut

Mari kita bahas mengenai makanan serta minuman perkutut,  pada dasarnya perkutut   sama degan kita memperoleh makanan ,  namun apakah makanan ersebut seuai dengan perkutut tersebut atau malah akan meracuninya. Pilihlah makanan yang bnar merupakan makanan perkutut sebab makanann perkutut dapat kita lihat diberbagai macam  pasar atau tempat penjualpakan bururng. Contoh dari pakan burung tersebut adalah antara lain :

-          Milet

-          Juwawut

-          Ketan hitam

-          Godem

-          Gabah

Banyak jenis makanan ini dengan merek merek terkenal hadir dipasaran dan anda bebas untuk memilihnya, begitu banyak pilihan yang ada.  Pada dasarnya dalamm seetiap makanan burung terdapat khasiat serta kandungan gizi nya masing masing guna menjaga pertahanan burung perkutut tersebut. Hati hati dalam pembelian pakan sebab  terkadang ada juga pakan yyang beracun karena sudah lama. Kemudian pada saat pemberian makanan berikan lah seadanya agar tidak terjadi kematian burung karena kelebihan makan atau kegemukan, diharapkan tempat makan dan  tempat air harus selalu dibersihkan agar tiidak tumbuh jamur atau bakteri. Pada hal minuman gantilah minuman yang ada agar tetap bisa digunakan dan guna menjaga kesehatannya sering sering menukar air.

-          Mandi

Kebersihan merupakan hal terpenting begitu juga pada  bururng haruslah menjaga kebersihan,madikan burung anda dengan cairan anti septik dengan cara menyemprotkannya ke badan agar tidak terjadi penyakit kutu dan sebagai pelindung bulu yang ada pada burung tersebut.  Jangan menyemprotkan ke arah bagian kepala. Jangan sampai juga hidung perkutut kemasukan air, waktu yang tepat guna memandikan burung perkutut adalah sore hari atau pada malam hari. Mandikanlah perkutut dengan jelang waktu 1 minggu sekali atau 2 hari sekali.. dengan sering memegang perkutut kita akan tambah dekat dengan perkutut tersebut.dan perkutut tersebut akan jinakkepda kita.

  1. Perawatan stamina

Didmana stamina dibutuhan guna mellawan penyakiit yang ada dan berkembang dalam tubuh seekor perkutut. berikanlah vitamin pada perkutut guna menjaga staminanya.

Berikut tadi perawatan perkutut maka lakukanlah buatlah perkutut anda sehat..

 

 

 

"

Comments

Leave a Reply