FAQ PKN STAN

Sebagian orang sering menanyakan serba-serbi tentang PKN STAN, mulai dari biaya pendidikan, jurusan yang tersedia, fasilitas, penempatan kerja, hingga pertanyaan seputar SPMB PKN STAN. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan beserta jawaban dari PKN STAN.

Q : apa itu PKN STAN?

A: PKN STAN merupakn perguruan tinggi vokasi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara

Q: terdapat berapa jurusan di PKN STAN?

A : ada empat jurusan di PKN STAN, yakni Akuntansi, Pajak, Manajemen Keuangan, serta Kepabeanan dan Cukai. Dari masing-masing jurusan tersebut terdapat beberapa program studi yang bisa kalian pilih saat mendaftar SPMB PKN STAN. Adapun jenjang program studi yang dapat dipilih terdiri dari D1 dan D3.

Q : dimana lokasi pendidikan PKN STAN?

A : lokasi pendidikan hanya diselenggarakan di kampus Ali Wardhana,  Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. Balai Diklat Keuangan (BDK) yang berlokasi di daerah tidak dijadikan lagi lokasi pendidikan sejak tahun 2017.

Q : berapa biaya pendidikan di PKN STAN?

A : seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan pada APBN, jadi setiap mahasiswa tidak dipungut biaya selama pendidikan alias gratis.

Q : apakah ada fasilitas uang saku untuk mahasiswa PKN STAN?

A : PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan.

Q : apakah ada fasilitas asrama untuk mahasiswa PKN STAN?

A : PKN STAN tidak menyediakan asrama untuk mahasiswa PKN STAN. Seluruh biaya hidup ditanggung mahasiswa masing-masing.

Q : apakah benar PKN STAN menerapkan sistem drop out (DO) ?

A : ya, benar. PKN STAN menerapkan sistem DO bagi mahasiswa yang memiliki masalah pada absensi, nilai, dan perilaku yang tidak disiplin. Setiap siswa yang di DO dari PKN STAN tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali.

Q : apakah lulusan PKN STAN langsung diangkat menjadi CPNS?

A : seluruh lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi CPNS pada instansi pemerintah, baik di lingkungan Kementerian Keuangan ataupun instansi pemerintah lainnya.

Q : apakah PKN STAN menerapkan kuota daerah dalam penyelanggaraan SPMB PKN STAN?

A : PKN STAN tidak menerapkan kuota per daerah, pemeringkatan nilai SPMB PKN STAN dilakukan secara nasional.

Q : ada berapa tahap SPMB PKN STAN?

A : ada tiga tahap pada SPMB PKN STAN, yaitu tes tertulis, psikotest serta Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK). Tes tertulis berbasis Computer Assited Test (CAT) yang terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Kemudian Psikotest dan UKK hanya bisa diikuti ketika kalian lolos tahap ujian tertulis.

Q : apakah calon peserta dari jurusan IPS bisa mendaftar SPMB PKN STAN?

A : tentu saja bisa! PKN STAN membuka kesempatan untuk seluruh lulusan SMA/Sederajat dari seluruh jurusan atau peminatan.

Q : bagaimana cara menghitung rata-rata nilai rapor?

A : perhitungan rata-rata nilai rapor dapat dilakukan dengan menghitung seluruh nilai mata pelajaran dari setiap semester di kolom ilmu pengetahuan/kognitif. Kolom afektif, psikomotorik, dan lainnya tidak ikut dihitung.

Q : bagaimana jika peserta yang sudah dinyatakan lulus SPMB PKN STAN tetapi rata-rata nilai pada ijazah tidak memenuhi persyaratan?

A : peserta dengan kondisi tersebut dinyatakan gugur.

Q : apakah calon pendaftar yang lahir pada tanggal 31 Agustus 2000 dapat mengikuti SPMB PKN STAN 2020?

A : tidak bisa. Terdapat persyaratan usia maksimal pada SPMB PKN STAN 2020 yaitu 20 tahun 0 hari per 1 September 2020. Artinya, calon pendaftar yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak memenuhi syarat usia. Selain usia maksimal, ada juga syarat usia minimal yaitu 17 tahun bagi pendaftar yang memilih program D1 dan 15 tahun bagi pendaftar yang memilih program D3.

Q : apakah calon pendaftar dengan keadaan buta warna tetap bisa mendaftar SPMB PKN STAN?

A : tetap bisa, karena ketentuan tentang jenis kelamin, buta warna, tinggi badan hanya berlaku untuk calon pendaftar yang memilih program studi Kepabeanan dan Cukai.

Apakah pertanyaan kalian sudah terjawab pada FAQ di atas? miNSix harap sudah ketemu ya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kalian.

Mau Dapat Info PKN STAN Terbaru, Langsung Dari Alumni PKN STAN??

kamu ingin melanjutkan ke PKN STAN? Kalau iya, akses informasi mengenai PKN STAN. Banyak mereka yang gagal karena terlewatkan informasi Penting mengenai PKN STAN, informasi berjalan cepat, jika akses informasimu lambat, impianmu masuk PKN STAN pasti juga terhambat.

Isi Data kamu dengan benar dan lengkap pada form dibawah ini untuk mendapatkan informasi penting dari mahasiswa dan alumni PKN STAN

Loading...