Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Fotosintesis Kehidupan

Posted on | March 26, 2012 | No Comments

Kehidupan ini selalu melalui proses. Dan di dalam proses tersebut terbagi atas fase-fase yang harus dilewati. manusia mungkin memang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami fase tertentu dalam hidupnya. Mungkin suatu fase kehidupan ini dapat lebih jelas dilihat di dalam fase metamorfosis pada hewan, yang palin gpopuler adalah metarmofosis kupu-kupu. Sedangkan pada tumbuhan, suatu fase-fase tersebut dapat diwakili penjelasannya oleh proses fotosintesis, yang hampir dialami oleh semua tumbuhan, terutama tumbuhan yang memiliki hijau daun (klorofil).

Mungkin bagi orang yang tidak mendalami ilmu sains, belum terlalu paham dengan proses fotosintesis. Baiklah, agar tidak berlama-lama penasaran dengan proses fotosintesis, berikut uraian singkatnya tentang proses fotosintesis.

  1. fotosintesis memerlukan cahaya untuk memproses bahan baku.

Sesuai dengan namanya, fotosintesis, foto berarti cahaya. Ini menunjukkan bahwa proses ini melibatkan cahaya. Cahaya matahari membantu proses fotosintesis menjadi sukses. Sama halnya dengan fotosintesis kehidupan yang dialami manusia. Manusia tidak bisa hidup dengan baik tanpa adanya sinar matahari.

Matahari merupakan pusat tata surya dalam jagat raya ini. Selain itu, matahari menjadi pusat kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Semua makhluk melibatkan cahaya matahari untuk tetap bertahan hidup. Oleh karena itulah, matahari membantu makhluk hidup yang ada di bumi ini dapat tetap tumbuh berkembang.

Fotosintesis yang dialami oleh tumbuhan merupakan siklus untuk menghasilkan makanan bagi seluruh bagian tumbuhan. Tanpa sinar matahari, fotoseintesis tidak akan ada dan besar kemungkinan akan terjadi chaos. Dan dengan adanya cahaya matahari, bumi menjadi lebih bersinar.

Cahaya matahari adalah komponen utama untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan zat makanan dan oksigen. Oksigen merupakan zat utama yang dibuthkan oleh makhluk hidup lain selain tumbuhan, yakni hewan dan manusia. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika fotosintesis tidak terjadi. Makhluk hidup lain akan cepat mengalami kepunahan karena kekurangan oksigen.

Selain itu, hewan dan manusia tidak dapat memperoleh sumber makanan seperti buah atau sayur. Hasil lain dari fotosintesis selain oksigen adalah glukosa yang terkandung di dalam buah atau sayuran. Gula atau glukosa ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup, hewan dan manusia. Tanpa adanya gula, keadaan tubuh akan menjadi cenderung asam. Dan jika terlalu asam, hewan ataupun manusia bisa terkena perut kembung dan bisa menyebabkan maag.

Untungnya, keseimbangan proses di bumi ini masih terjaga hingga sekarang sehingga kebutuhan makhluk hidup masih dapat terpenuhi. Oleh karena itu, manusia tidak bisa hidup sendiri. Walaupun memiliki banyak kelebihan, manusia tetp membutuhkan makhluk lain, contohnya saja tumbuhan untuk bernafas.

  1. Air melengkapi proses fotosintesis

Selain cahaya matahari, fotosintesis juga membutuhkan air. Air dibutuhkan tumbuhan dalam berfotosintesis dalam fase penstabilan elektron klorofil. Begitu juga dengan dalam kehidupan manusia, air turut membuat hidup manusia lebih sehat dan tenteram. Air mampu membantu menyegarkan pikiran sehingga jiwanya menjadi lebih stbil. Oleh karena itulah mengapa seorang muslim harus berwudhu.

Begitulah sekelumit kisah tentang fotosintesis yang melibatkan cahaya matahari dan air. Begitu sempurna proses yang diciptakan oleh Tuhan sehingga makhluk hidup di dunia ini tidak perlu bersusah payah mencari sumber oksigen dan makanan. Oleh karena itu, manusia layak bersyukur di tiap hembusan nafasnya karena dicipta dengan proses yang sempurna dalam kehidupannya. Dan yang perlu diingat adalah harus menyayangi sesama makhluk hidup agar keseimbangan di alamsemesta ini tetap terjaga.

"

Comments

Leave a Reply





'