Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kapan tanggal hari raya idul fitri/lebaran

Posted on | August 11, 2012 | No Comments

Kapan tanggal hari raya idul fitri/lebaran

Lebaran bagi masyarakat Indonesia adalah hari yang penting, karena umat muslim diseluruh Indonesia merayakan hari kemenangan dengan mengunjungi sanak keluarga yang ada dikampung halaman.hari raya lebaran kerap sekali berbedaterutama antar organisasi besar di Indonesia seperti NU dan Muhammadiyah.

Sbenarnya Untuk menentukan hari raya lebaran apa saja yang dilakukan?

Metode hilal

Metode hilal digunakan masyarakat muslim untuk menandai datannya hari raya baik puasa maupun lebaran. Metode ini telah digunakan sejak abad ke 13. Dan semakin berjalan waktu metode hilal mengalami penyempurnaan dengan harapan semakin akurat penetapan waktunya.

Selain hilal metode lain apalagi?

Metode Kitab dan memanfaatkan teknologi

Metode ini berdasarkan dari perhitungan di kitab kitab. Namun perkembangan zaman dan teknologi sudah maju pesat maka metode kitab mengalami penyesuaaian. Sehingga juga ditentukan dengan ilmu modern yang ada di LAPAN. Mealalui teropong yang dimiliki lapan, dengan tropong yang canggih maka keakuratan kapan datangnya hari raya puasa maupun lebaran akan lebih akurat

Banyak metode yang digunakan oleh masing masing organisai agama, sehingga jika ada perbedaan dari masing masing organisasi. Diharpkan saling ikhlas menerima.

 

"

Comments

Leave a Reply





'