Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kategori Penerimaan Beasiswa

Posted on | March 24, 2012 | No Comments

Penerima beasiswa sudah dipastikan adalah orang yang luar biasa karena pasti memiliki kelebihan dibanding yang peminat beasiswa lainnya sehingga orang tersebut bisa berhasil mendapatkan tiket menuntut ilmu gratis. Tak jarang banyak orang yang bertanya-tanya kenapa orang tersebut layak mendapatkan beasiswa yang menjadi incaran banyak orang.

Sebenarnya gerbang utama untuk mendapatkan beasiswa adalah mau mencari informasi tentang beasiswa yang ingin diperoleh. Jika bermimpi untuk mendapatkan beasiswa, tapi tidka berusaha lebih keras dibandingkan peminat beasiswa yang lain, tentulah mimpinya hanyalah sekadar mimpi belaka dan tidak akan pernah terwujud. Semua orang sebenarnya berpeluang untuk mendapatkan beasiswa, tapi banyak peluang yang disia-siakan oleh pencari beasiswa karena adanya faktor malas. Oleh karena itu, tak jarang yang mendapatkan beasiswa bukanlah orang yang berprestasi tinggi tapi malas, melainkan orang tersebut memiliki prestasi pas-pasan tapi rajin dan beremangat mencari beasiswa. Dua hal permulaan penting dalam mendapatkan beasiswa adalah:

  1. Rajin mencari informasi lebih dari peminat beasiswa yang lain. Jika anda benar-benar berniat mendapatkan beasiswa yang sesuai dengan bidang yang anda sukai dan mendaptkan universitas tujuan dengan akreditasi yang tinggi, jangan pernah malas mencari informasi. Informasi beasiswa bisa diperoleh di internet dalam jumlah yang banyak. Dan carilah informasi yang dengan semangat. Jangan mudah dipengaruhi oleh rekan yang sama-sama mencari beasiswa, tapi akhirnya menyerah di tengah jalan karena belum mendapatkan beasiswa yang menjadi incarannya.
  2. Pantang menyerah untuk memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk mendapatkan beasiswa di institusi pendidikan yang sudah mendapatkan reputasi yang bagus memang tidak mudah. Institusi tersebut pastilah meminta banyak persyaratan agar penerima beasiswa yang  kelak akan menuntut ilmu di tempatnya benar-benar berkualitas. Tak jarang tuntutannya terlalu banyak dan tidak mudah. Inilah yang menyebabkan banyak orang bertumbangan di tengah jalan karena menyerah untuk memenuhi syarat beasiswa tersebut. Nah, jika anda benar-benar ingin mendapatkan beasiswa, jangan menyerah untuk memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa. Berikut kategori penerima beasiswa yang biasanya harus dipenuhi oleh para calon penerima beasiswa:
    1. Prestasi akademik yang gemilang dan stabil dalam mempertahankannya selama menempuh pendidikan.

Untuk mendapatkan beasiswa, perlu adanya usaha yang keras untuk membuktikan bahwa anda kompeten di bidang yang anda geluti dengan cara menunjukkannya melalui prestasi akademik, seperti rata-rata nilai yang baik, indeks prestasi yang selalu cumlaude di setiap semester, atau bahkan memiliki pengalaman pernah memenangkan suatu lomba kejuaraan akademik seperti olimpiade.

  1. Memiliki prestasi yang memuaskan, tapi kurang beruntung dalam hal finansial untuk membiayai sekolah.

Inilah yang sering menjadi pertimbangan mengapa orang mencari beasiswa. Kemampuan finasial yang kurang untuk mencukupi biaya pendidikan menyebabkan orang yang ingin terus maju di tengah keterbatasan untuk mencari beasiswa agar dia bisa tetap memperoleh ilmu yang berkualitas secara Cuma-Cuma.

  1. Berpengalaman mengikuti organisasi tertentu atau memiliki kesibukan di luar jam sekolah, tapi prestasinya tetap gemilang.

Jika ada orang yang memiliki banyak aktivitas di luar jam belajar mengajar, tapi tetap dapat berprestasi menunjukkan bahwa orang tersebut mampu membagi waktu. Oleh karena itulah, orang yang bisa mendisiplinkan dirinya ini banyak dicari oleh institusi yang menawarkan beasiswa karena orang yang seperti biasanya bertanggung jawab terhadap pilihannya.

  1. Memiliki bakat atau kelebihan lain di luar bidang utama yang digeluti.

Jika memiliki prestasi akademik yang bagus, tapi tidak memiliki kelebihan lain biasanya akan dikalahkan oleh orang yang prestasinya pas-pasan tapi memiliki kelebihan lain di bidang akademis, seperti musik, seni lukis, atau bidang bahasa. Karena dengan mahir di bidang lain yang digelutinya, orang tersebut memiliki karakter yang kuat dan bisa membagi kemampuannya kepada orang lain.

"

Comments

Leave a Reply





'