Portal Informasi STAN Nomor 1

kebijakan blt, bantuan langsung tunai

bantuan masyarakat

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai

Posted on | November 3, 2011 | No Comments

 

 

  1. Equity and Fairness

Kebijakan ini dinilai cukup adil dan wajar kaena sangat berpihak kepada masyarakat kecil pada khuusnya,terutama kebijakan ini diberlakukan ketika keadaan ekonomi saat ini yang menyulitkan masyarakat.

 

  1. Economic Efficiency

Kebijakan ini dinilai kurang efisien karena dilihat dari efisiensi pareto, kebijakan ini masih membebani atau merugian orang lain, yaitu para pengguna BBM, terutama dari golongan menengah ke bawah yang masih belum termasuk dalam pembagian BLT, karena dana BLT berasal dari pengurangan subsidi BBM.

 

  1. Paternalism

Dalam kondisi seperti ini, kebijakan pemberian BLT adalah opsi yang paling memungkinkan yang bisa dilakukan oleh pemerintah melihat kemampuan keuangan pemerintah di tengah kenaikan harga minyak dunia yang semakin melambung. Di samping itu, opsi – opsi lainnya seperti pemberdayaan masyarakat kecil kurang efisien bila dibandingkan dengan BLT karna sifat BLT yang jangka pendek.

 

  1. Fredom of Choice

Kebijakan pemerintah dalam pemberian BLT dinilai sangat memberi kebebasan individu. Penerima BLT dapat secara bebas menggunakan uang BLT untuk transaksi ekonomi walaupun semestinya BLT tersebut ialah subsidi BBM dalam bentuk mentah.

"

Comments

Leave a Reply