Portal Informasi STAN Nomor 1

gaji pejabat, naiknya gaji pejabat

kebijakan pemerintah kenaikan gaji, kebaikan gaji pejabat

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kebijakan pemerintah untuk menaikkan gaji pejabat.

Posted on | November 3, 2011 | No Comments

  1. Equity and Fairness

Kebijakan pemerintah kali ini dikenal tidak populer di kalangan masyarakat, karena masyarakat sepakat kebijakan ini sangatlah tidak adil dan wajar. Di tengah kondisi ekonomi yang cukup memprihatinkan saat ini, pemerintah tiba – tiba saja mengeluarkan kebijakan dengan mengusung birokrasi ekonomi sebagai dalih mereka. Walaupun gaji pokok mereka bila dibandingkan dengan pimpinan BUMN memiliki beda yang sangat jauh, namun take home payment yang mereka dapatkan sangatlah besar. Hal inilah yang membuat masyarakat merasa kebijakan ini sangatlah tidak wajar.

 

  1. Economic Efficiency

Kebijakan pemerintah yang satu ini sangatlah tidak efisien, bahkan dinilai merugikan bagi masyarakat. Pada APBN 2010, belanja pegawai menggeser dominasi belanja subsidi di pemerintah pusat. Belanja pegawai meningkat hingga 21% (28 triliun) sementara belanja – belanja yang bersentuhan langsung dengan orang miskin, seperti subsidi berkurang 10% (15,6 triliun) dan belanja bantuan sosial berkurang 11% (8,7 triliun).

 

  1. Paternalism

Di lihat dari kriteria ini, pemerintah lah yang sebenarnya paling mengetahui tentang bagaimana semestinya APBN itu dirancang. Bisa saja pemerintah mengalokasikan peningkatan dana bagi belanja pegawai asalkan tidak merugikan sektor – sektor yang lain terutama yang berkenaan langsung pada masyarakat kecil.

 

  1. Freedom of Choice

Menurut kriteria ini, kebijakan pemerintah dalam menaikkan gaji pejabat dinilai kurang memberi ruang kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi. Selain kebijakan ini kurang mendapatkan reaksi yang positif dari sebagian besar masyarakat, pengalokasian dana yang kurang tepat dari pemerintah di APBN dalam rangka menaikan gaji pegawai bisa melesukan pertumbuhan ekonomi apabila sektor ekonomi lah yang dipindahkan dananya untuk merealisasikan kebijakan pemerintah satu ini.

 

  1. Stabilization

 

 

  1. Trade Off

Kebijakan menaikan gaji pejabat mungkin bisa menyukseskan reformasi birokrasi yag menjadi tujuan pemerintah, tetapi hal ini mungkin tidak efisien dan bahkan bisa merugikan masyarakat apabila dalam mengalokasikan dana untuk merealisasikan kebijakan ini kurang tepat.

"

Comments

Leave a Reply





'