Portal Informasi STAN Nomor 1

Kisi Kisi Ujian Nasional

Kisi Kisi UN

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kisi- kisi Ujian Nasional, Meminimalisir Ketakutan Siswa dan Pengajar

Posted on | April 7, 2012 | No Comments

Kisi Kisi Ujian Nasional Walau ujian nasional bukanlah satu-satunya penentu kelulusan, tetapi masih tetap menjadi dominasi proporsi kelulusan siswa sebesar 60 persen dan 40 persen dari nilai sekolah. Dengan tingkat kegagalan siswa tahun lalu dalam mengikuti ujian nasional, tak dipungkiri membuat peserta didik dan pengajar sangat khawatir akan apa yang mereka akan hadapi tahun ini. Kisi Kisi Ujian Nasional Perlu untuk persiapan menghadapi ujian Nasional.

Nilai Ujian Nasioanl yang rendah menjadi peringatan pula bagi pemerintah dan instansi terkait atas kualitas pendidikan yang ingin dicapai tidak dapat disampaikan dengan baik dan jelas kepada peserta didik dan pengajar. Yang menyebabkan strategi dan tujuan pembelajaran yang dilakukan pengajar tidak tepat sasaran.

Ketakutan dan kekhawatiran yang sangat tinggi ini pula yang menyebabkan beberapa pihak mencoba untuk mengambil jalan pintas tidak terpuji dengan sibuk mencari bocoran soal. Tak dipungkiri setiap penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) ribuan polisi dikerahkan mengamankan naskah dan jalannya UN, ribuan dosen diterjunkan menjadi pengawas independen, ratusan bupati dan walikota serta puluhan gubernur turun memantau ke ruangan ujian. Artinya Ujian Nasional hanya menyedot banyak uang negara setiap tahun dan menarik perhatian publik, dengan menghasilkan kualitas ketidakjujuran anak bangsa.

Untuk formula kriteria kelulusan tahun ini, pemerintah menggunakan formula kelulusan siswa dengan melihat nilai gabungan yang dipatok minimal 5,50. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai Ujian Nasional dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran Ujian Nasional.

Nilai Akhir = 0,6 Nilai Ujian Nasional + 0,4 Nilai Sekolah

Ujian Nasioanl mestinya bukan kewajiban setiap anak didik melainkan hak bagi anak sekolah untuk mendapatkan pengakuan dari negara bahwa mereka telah lulus dari standar yang telah ditetapkan dari apa yang telah mereka pelajari dengan segala jerih payah untuk menggapai cita cita yang lebih baik. Apabila hal ini ditanamkan kepada semua pihak maka segala usaha untuk membocorkan soal dapat diperkecil.

Sebagai salah satu langkah konkrit adalah dengan menginformasikan kisi kisi ujian nasional jauh hari sebelum Ujian Nasional diselenggarakan. Pemberian kisi-kisi ujian nasional bertujuan agar memudahkan untuk dapat memberikan arahan kepada dinas pendidikan daerah dan guru-guru di sekolah agar kiranya kurukulum, sistem pengajaran dan pembuatan soal-soal ujian di sekolah merujuk dan disesuaikan dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang diberikan.

Hal ini memberikan siswa dan pengajar memiliki rencana kerangka strategis yang terukur dalam proses belajar mengajar atas apa yang harus mereka persiapan dan hadapi pada saat Ujian Nasional di kemudain hari. Sebagai wujud komitmen Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempercepat waktu pemberian kisi-kisi soal ujian nasional 2012. Hal ini dilakukan untuk membantu sekolah dan para siswa lebih siap menghadapi Ujian Nasional tahun 2012.

"

Comments

Leave a Reply





'