Portal Informasi STAN Nomor 1

Kuliah Gratis

Info Kuliah Gratis

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kuliah Gratis Kenapa tidak

Posted on | April 5, 2012 | No Comments

Kuliah Gratis kenapa tidak, Bagi yang saat ini sedang duduk di bangku kelas tiga SMA dan bercita-cita untuk melanjutkan ke perguruan tinggi perlu mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah masalah ekonomi. Saat ini biaya pendididkan meningkat tajam. Oleh karena itu, masih sedikit masyarakat yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Padahal, pendidikan menjadi salah satu penentu tingkat taraf hidup masyarakat.

Untuk dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan tapi terkendala masalah ekonomi, dapat diatasi dengan cara mencari informasi kuliah gratis. Informasi tentang kuliah gratis dapat diperoleh dari beragam sumber, antara lain:

  1. Media komunikasi

Saat ini komunikasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Oleh karena itu, sarana dan prasarana untuk mempermudah komunikasi juga makin beragam. Mulai dari media cetak hingga elektronik. Melalui media komunikasi inilah informasi tentang kuliah gratis bisa diperoleh. Bahkan jika memaksimalkan penggunaan internet secara periodik, informasi seputar kuliah gratis yang sesuai keinginan dapat diperoleh dengan mudah dan banyak pilihan. Tinggal mengetikkan kata kunci tentang kuliah gratis di mesin pencari seperti Google atau Yahoo, maka akan bermunculan beragam link yang mengantarkan ke website yang memuat beragam informasi tentang kuliah gratis. Dari website tersebut biasanya disertakan contact person yang bisa dihubungi dan dengan menghubungi CP yang dicantumkan biasanya akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lengkap.

  1. Instansi di lingkungan sekitar

Jika masih duduk di bangku SMA, pasti banyak pengumuman yang ditempel di mading sekolah. Mulai dari pengumuman seputar kegiatan sekolah sampai dengan informasi yang terkait dengan perguruan tinggi. Nah, biasanya di situ kadang juga tercantum informasi seputar kuliah gratis. Atau jika mading sekolah kurang memuaskan, bisa langsung bertanya ke bagian kesiswaan atau BK. Di situ siswa bisa bertanya dan berkonsultasi seputar perkuliahan, termasuk kuliah gratis. Biasanya BK memiliki data-data dan informasi yang up to date seputar perkuliahan karena memang itulah salah satu fungsi bagian kesiswaan. Jika perlu, bisa saja meminta data alumni yang pernah mendapatkan beasiswa atau bisa mendapatkan kesempatan kuliah gratis. Dari data itu, alumni-alumni tersebut bisa dihubungi untuk dimintai informasi bagaimana caranya agar bisa mengikuti jejak mereka bisa kuliah gratis.

  1. Koneksi

Jika memiliki kenalan seperti kakak kelas, tetangga, saudara, atau siapa pun yang pernah mendapatkan kesempatan kuliah gratis jangan disia-siakan. Gunakan kesempatan untuk bertanya seputar kuliah gratis. Siapa tahu mereka malah menawarkan kuliah gratis yang sesuai dengan impian. Dengan bertanya kepada orang yang pernah dikenal biasanya bisa sekalian mendapatkan tips dan trik karena mereka mengalami langsung bagaimana rasanya mengikuti seleksi untuk bisa kuliah gratis dan apa konsekuensinya jika mengikuti program kuliah gratis.

Kuliah gratis itu ada banyak macamnya. Terutama jika diklasifikasikan menurut instansi yang memfasilitasi kuliah gratis tersebut. Berikut macam-macam kuliah gratis:

  1. Beasiswa

Kuliah dengan mendapatkan beasiswa adalah prestasi yang membanggakan. Tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa karena untuk mendapatkannya harus memenuhi persyaratan yang ditawarkan oleh institusi pemberi beasiswa. Beasiswa sendiri masih banyak lagi macamnya. Dan bisanya, para penerima beasiswa harus memenuhi kewajiban-kewajiban tertentu jika telah dinyatakan lolos untuk menerima beasiswa.

  1. Ikatan dinas dari instansi tertentu

Jika ingin kuliah gratis dan mendapatkan jaminan kerja, maka jangan pernah melewatkan informasi tentang sekolah ikatan dinas. Biasanya yang mengadakan adalah institusi pemerintahan, seperti STAN yang di bawah naungan Kementerian Keuangan, STIS yang di bawah Biro Statistik. Namun, tak jarang juga instansi swasta mengadakan beasiswa yang kelak lulusan penerima beasiswa tersebut telah dijamin untuk bekerja di instansi pemberi beasiswa tersebut.

"

Comments

Leave a Reply