Portal Informasi STAN Nomor 1

Jurusan PGSD

PGSD

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Kuliah PGSD

Posted on | April 10, 2012 | No Comments

Seiring berjalannya waktu, jurusan yang ditawarkan di universitas juga ikut beragam. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ilmunya juga berkembang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu jurusan baru yang akhir-akhir ini ramai diminati oleh generasi muda adalah PGSD. PGSD adalah singkatan dari  Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tepat sekali, sesuai dengan namanya, PGSD merupakan jurusan pendidikan yang ditawarkan bagi yang berminat menjadi guru SD.
Menjadi guru tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Mengajar juga memerlukan teknik agar siswanya mampu memahami materi dan memiliki kepribadian yang baik. Apalagi jika menjadi guru di tingkat pendidikan dasar, seperti Sekolah Dasar (SD). Nilai-nilai penting dalam kehidupan dan pembelajaran dasar sangat penting dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itulah kuliah PGSD dibuka untuk mencetak guru-guru sekolah dasar yang kompeten. Dan di era yang serba canggih ini, peran guru sebagai panutan anak-anak menjadi sangat penting untuk mengarahkan anak-anak agar bisa mengikuti perkembangan zaman dengan baik dan positif. Selain itu, seorang guru SD dituntut untuk mampu mengajarkan materi-materi dasar yang mencakup semua subjek mata pelajaran. Jadi, seorang guru SD harus bisa menguasai mata pelajaran Matematika, Bahasa (Indonesia, Inggris), Agama, Olah Raga, IPA, IPS, Kesenian.
Hampir semua universitas memiliki struktur program kurikulum yang sama untuk mahasiswa yang mengambil jurusan PGSD. Secara garis besar struktur program kurikulum S1 PGSD meliputi empat elemen:
a.    Mata kuliah kompetensi kepribadian sebanyak 6 sks
b.    Mata kuliah kompetensi pedagogik sebanyak 58 sks
c.    Mata kuliah kompetensi profesional sebanyak 68 sks
d.    Mata kuliah kompetensi sosial sebanyak 15 sks
Jadi, jika dijumlah masing-masing mahasiswa dibebani akademik sebanyak 147 sks. Dari 147 sks tersebut didistribusikan dalam delapan semester dengan tambahan materi profesi guru sebanyak 36 sks yang dibagi ke dalam 2 semester. Materi profesi guru (sertifikasi guru melalui pendidikan) merupakan bekal penting untuk menjadi lulusan S1 PGSD yang profesional. Materi profesi guru difokuskan pada kompetensi berkaitan dengan keterampilan, nilai, sikap, dan sikap menjadi guru sekolah dasar yang profesional.
Jika mahasiswa S1 PGSD berasal dari lulusan D-2 PGSD maka ada mata kuliah yang dapat diakui dengan mata kuliah S1 PGSD, dengan jumlah yakni 63 sks. Jadi, mahasiswa tersebut tinggal menempuh 82 sks di jenjang S1 PGSD.
Tantangan Guru Sekolah Dasar di Masa Depan
Setelah lulus kuliah PGSD, tidak berarti berhenti belajar. Masih banyak hal yang harus dipelajari karena zaman akan terus berubah. Ditambah lagi akan banyak sekali tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Adapun tantangan guru sekolah dasar di masa depan tersebut antara lain:
a.    Guru diharapkan mampu mengupgrade dirinya secara berkesinambungan
b.    Guru harus mampu menerapkan prinsip pendidikan dan belajar sepanjang hayat
c.    Guru diharapkan mampu mengajar anak didiknya yang berasal dari beragam latar belakang dan menciptakan situasi belajar yang atraktif
d.    Guru harus lulus dari standar mutu profesi guru
e.    Guru harus bisa mendidik muridnya secara relevan, efektif, dan efisien
Nah, jika anda adalah orang yang peduli terhadap pendidikan di negara ini, terutama pendidikan dasarnya, tidak salah jika anda kuliah PGSD.  Saat ini hampir semua universitas negeri membuka jurusan ini karena kebutuhan akan guru yang profesional saat ini sangat dibutuhkan. Bahkan di perguruan tinggi swasta juga sudah ada yang membuka jurusan PGSD. Hal ini menandakan bahwa peluang anda cukup besar untuk berpartisipasi dalam membangun pendidikan dasar di negeri ini.

"

Comments

Leave a Reply





'