Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Aerobik

Aerobik

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Aerobik

Posted on | June 12, 2014 | No Comments

Latihan Aerobik

 

Pada dasarnya, latihan aerobik merupakan salah satu bentuk olahraga yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Sama seperti bentuk olahraga lainnya, latihan aerobik tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Namun, sebelum kita membahas seperti apa cara yang benar untuk melakukan latihan aerobik dan apa yang dimaksud dengan latihan aerobik itu sendiri, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga dan sejuta manfaatnya.

Mungkin sebagian besar dari anda malah telah melakukan hal tersebut setiap harinya. Sebelum kita membahas mengenai melatih keseimbangan  olahraga, sebaiknya kita pahami apa yang dimaksud dengan olahraga dan latihan keseimbangan itu.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang

Pada saat ini, senam aerobik telah jauh berkembang pesat dan berbeda. Sekarang aerobik bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam CD senam aerobik yang banyak beredar di pasaran, misalnya CD karya Berty Tylarso, Rudi pocco-pocco, Ester suwito dan lainnya.

Aerobik dapat pula dilakukan secara berkelompok, misalnya di pusat-pusat kebugaran, instansi dinas, jum’at dan minggu pagi serta acara-acara lainnya. Untuk lebih jelas mengenai latihan squat thrust, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Latihan aerobic

 Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan latihan aerobic ini, di antaranya adalah :

a.   Gerakan tangan

 Merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam latihan aerobic dan dilakukan dengan cara :

–    gerakan tangan membuka dan menyilang

–    mendorong dan memompa ke depan, ke atas, dan ke samping

–   gerakan tangan meninju, ke depan, ke samping, ke atas, ke bawah, dan menyilang

–      gerakan mengayun satu tangan atau dua tangan

–      tepukan, antara lain kedua tangan menepuk, tangan menepuk paha, bahu, dsb.

b.   Gerakan kaki

 Merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam latihan aerobic dan dilakukan dengan cara :

–      berjalan di tempat

–     berbaris

–     melangkah satu atau dua langkah

–     melompat satu kaki atau dua kaki ke samping, ke depan, dan ke belakang

–       mengangkat lutut

–       tendangan, ke belakang, ke depan, dan ke samping

–       gerakan cha cha cha.

–       gerakan menggteser kaki, menyeret kaki, dsb

2.    manfaat latihan aerobic

 Sebenarnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari latihan aerobic ini sendiri, di antaranya adalah :

–    meningkatkan fungsi jantung. Dengan menaikan detak jantung anda minimal selama 15 menit, dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan anda.

–    meningkatkan kinerja paru-paru anda seperti bagian lainnya dari tubuh anda, aerobik membantu untuk memperluas paru-paru dan meningkatkan stamina dan kekuatan.

–    menjaga jantung dan paru-paru bekerja dengan baik adalah hal yang terpenting untuk dapat menguasai latihan berat tertentu. Setelah daya tahan anda dibangun, akan lebih mudah untuk menyelesaikan latihan anda dalam jumlah yang relatif singkat.

–    membantu andan untuk menurunkan berat badan, karena dalam latihan aerobik memanfaatkan oksigen secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh atau pembakaran lemak.

–      menjadi awet muda, karena latihan aerobik juga memiliki efek signifikan pada kesehatan memori atau daya ingat, dan meningkatkan kemampuan fungsi-fungsi organ tubuh.

–     meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang.

–     melawan depresi. Kegiatan aerobik yang teratur telah dikenal untuk meningkatkan mood seseorang dan membantu membendung efek depresi. Tidak hanya peningkatan denyut jantung anda memperbaiki mood anda, kegiatan aerobik dapat menyenangkan dan terlalu ramah.

–       latihan aerobik meningkatkan koordinasi anda, terutama saat kita lanjut usia, koordinasi penting untuk gaya hidup sehat.

Inilah sekilas mengenai latihan aerobic. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'