Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Back Up

Back Up

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Back Up

Posted on | May 13, 2014 | No Comments

Latihan Back Up

 

Mungkin bagi anda yang sangat jarang melakukan kegiatan olahraga, latihan back up ini masih terdengar sangat asing bagi anda. akan tetapi, sebenarnya latihan back up ini merupakan salah satu latihan fisik yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan atau memperindah bentuk tubuh.

Sama halnya dengan latihan push up atau pull up, latihan ini telah terbukti mampu menjaga kesehatan dan kebugaran anda serta membentuk otot tubuh yang indah dan proporsional. Oleh karena itu, tidak heran banyak kaum pria yang melakukan latihan ini secara rutin.

Sebelum kita membahas seperti apa latihan back up ini dilakukan, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga dan sejuta manfaatnya. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Memang harus diakui bahwa aktivitas olahraga ini sangatlah menyenangkan. Banyak juga orang orang yang mengandalkan aktivitas ini untuk melepaskan stress. Dengan kata lain olahraga merupakan salah satu sarana rekreasi dan hiburan.

Untuk lebih jelas mengenai latihan back up, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Latihan back up

 Pada dasarnya, latihan yang satu ini bisa anda lakukan dengan cara :

–    Posisi tubuh tidur tengkurap.

–     Posisi tubuh lurus

–      Kaki juga lurus

–     Posisi masing-masing tangan berada di samping, menyentuh belakang masing-masing telinga

–      Kemudian gerakan tubuh bagian atas naik dan turun.

–       Ketika naik, posisi tubuh harus naik maksimal.

–       Perhitungan, dimulai dari poasisi dibawah, maka duhitung sekali jika sudah turun lagi.

2.    Latihan pull up

 Bentuk latihan fisik lain yang bisa anda lakukan adalah latihan pull up. Pull up merupakan salah satu latihan otot punggung (lattisimus dorsi) terbaik yang dilakukan dengan bergantungan pada sebuah palang/bar besi dan menarik tubuh sampai dagu bisa sejajar (atau sedikit di atas) dengan bar tersebut.

Posisi kaki bisa lurus maupun ditekuk, namun umumnya adalah dengan menekuk kaki. Latihan ini terutama melibatkan otot biceps dan forearms, oleh sebab itu kunci untuk dapat memainkan pull up dengan baik adalah melatih kekuatan pada biceps dan forearms anda.

Untuk dapat membiasakan diri berlatih pull up, maka anda perlu melatih kekuatan lengan anda secara keseluruhan, khususnya otot biceps dan forearms. Untuk otot biceps berlatihlah Biceps Barbell Curl dan untuk otot forearms berlatihlah dengan gerakan Barbell Wrist Curl.

ika anda berlatih di tempat fitness, maka tambahkan latihan seperti Bar Dip (dengan kaki condong ke depan) dan Triceps Push Down. Kedua latihan terakhir ini walaupun diutamakan melatih otot triceps, namun sangat besar pengaruhnya terhadap seluruh kekuatan forearms dan upper arms anda.

alam melakukan pull up dengan performa yang baik, fokuskan kekuatan anda pada siku bukan pada genggaman anda. Jika anda fokus pada genggaman tangan, maka otot biceps akan menerima pengaruh yang lebih besar daripada otot punggung anda.

inilah sekilas mengenai latihan back up. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply