Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Gaya Lilin

Gaya Lilin

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Gaya Lilin

Posted on | June 14, 2014 | No Comments

Latihan Gaya Lilin

 

Tentunya istilah latihan gaya lilin bukan lagi hal yang asing bagi kita semua. Sebagian besar dari kita mungkin sudah pernah melakukan latihan gaya lilin ketika kita duduk di bangku sekolah. Meskipun tidak tergolong sebagai kegiatan yang menyenangkan, namun pastinya anda pernah melakukan sikap ini.

Pada dasarnya, latihan gaya lilin merupakan salah satu latihan senam lantai yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. sama halnya dengan olahraga lain, latihan gaya lilin ini juga mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang14

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Untuk lebih jelas mengenai latihan gaya lilin, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.  Senam lantai

 Senam lantai atau yang dikenal dengan floor exercise pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani.

Senam lantai sering juga di sebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 X 12 m dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan anda yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan.

Unsur-unsur gerakannya terdiri mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau ke belakang.

Bentuk gerakannya merupakan gerakan dasar senam perkakas, bentuk latihannya pada putera maupun puteri pada dasarnya adalah sama, hanya untuk puteri dimasukkan unsur-unsur gerakan balet.

2.  Sikap lilin

 Sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang kemudian kedua kaki diangkat keras di atas
(rapat) bersama-sama, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada
lantai. Dalam melakukan sikap lilin, kekuatan otot perut berfungsi untuk kedua tangan
menopang pinggang.

Adapun cara untuk melakukan sikap ini, yaitu :

–    Tidur terlentang, kedua tangan di saping badan, pandangan ke atas.

–      Angkat kedua kaki lurus ke atas dan rapat.

–      Yang menjadi landasan adalah seluruh pundak dibantu kedua tangan menopang pada
pinggang.

–     Pertahankan sikap ini beberapa saat.

Sikap Lilin (Konstan) Merupakan sikap berdiri tegak lurus bertumpu pada kedua tangan dan kepala bagian depan. Rangkaian senam pada sikap lilin adalah termasuk senam lantai yang membutuhkan kekuatan, ketangkasan, dan keseimbangan. Latihan sikap lilin ini dapat dibantu dengan sesama teman dan dapat dilakukan ssecara bergantian.

Cara melakukan latihan ini :

–   Jongkok kedua kaki dapat dibantu teman yang berada di belakangnya

–   Meletakkan kedua tangan pada matras membentuk posisi segitiga sama sisi

–     Meletakkan dahi di atas matras di antra kedua lengan

–     Mengangkat kedua kaki bersamaan dengan pinggul

–     Pada waktu mengangkat kedua kaki bersamaan dengan pinggul. Teman yang berada di belakangnya memegang kedua kaki dan berusaha meluruskanya.

–      Setelah berdiri sikap lilin (Kopstand) dengan lurus pertahankan keseimbangannya.

Inilah sekilas mengenai latihan gaya lilin. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'