Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Keseimbangan

Keseimbangan

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Keseimbangan

Posted on | June 15, 2014 | No Comments

Latihan Keseimbangan

 

Mungkin beberapa dari anda sudah pernah melakukan latihan yang satu ini. pada dasarnya, latihan keseimbangan bukanlah hal yang baru dan asing bagi kita semua. Akan tetapi, masih banyak juga di antara kita yang belum pernah melakukan latihan keseimbangan.

Pada dasarnya, latihan keseimbangan ini sangatlah bermanfaat bagi kita semua. Mungkin sebagian besar dari anda malah telah melakukan hal tersebut setiap harinya. Sebelum kita membahas mengenai melatih keseimbangan olahraga, sebaiknya kita pahami apa yang dimaksud dengan olahraga dan latihan keseimbangan itu.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang

 Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Latihan keseimbangan adalah latihan khusus yang ditujukan untuk membantu meningkatkan kekuatan otot pada anggota bawah (kaki) dan untuk meningkatkan sistem vestibular atau kesimbangan tubuh.

Organ yang berperan dalam sistem keseimbangan tubuh adalah balance perception. Latihan keseimbangan sangat penting pada lansia (lanjut usia) karena latihan ini sangat membantu mempertahankan tubuhnya agar stabil sehingga mencegah terjatuh yang sering terjadi pada lansia.

Setiap tahunnya di Amerika Serikat dilaporkan sekitar 300.000 kasus patah tulang pada hip disebabkan karena terjatuh. Latihan keseimbangan ini sangat berguna untuk memandirikan para lansia agar mengoptimalkan kemampuannya sehingga menghindari dari dampak yang terjadi yang disebabkan karena ketidakmampuannya.

Otak, otot dan tulang bekerja bersama-sama menjaga keseimbangan tubuh agar tetap seimbang dan mencegah terjatuh. Ketiga organ ini merupakan sasaran yang terpenting dan harus dioptimalkan pada latihan keseimbangan, untuk itu program latihan integrasi yang lengkap harus dipersiapkan oleh seorang fisioterapis.

Dasar untuk menciptakan program latihan keseimbangan yaitu pada awalnya adalah latihan penguatan kemudian latihan penguatan tersebut dimodifikasikan dengan latihan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki atau memejamkan mata.

Fisioterapis sangat membantu dalam memepercepat keseluruhan proses dan membantu mendesign program latihan keseimbangan yang terintegrasi sesuai dengan tingkatan level manakah keseimbangan anda.

Untuk lebih jelas mengenai latihan keseimbangan olahraga, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Untuk pemula

 Untuk anda yang masih pemula, anda bisa melatih keseimbangan olahraga dengan cara yang lebih sederhana, yaitu :

–    Berdiri disamping kursi yang tinggi yang memungkinkan tangan kita untuk memegangnya

–    Gengamlah pegangan kursi tersebut

–     Angkat satu kaki dan pertahankan kesimbangannya ketika berdiri

–      Tahan sampai hitungan kesepuluh

–       Ulangi pada kaki yang lain

–      Lakukan pada setiap kaki 5 kali

2.   Untuk intermediate

 Bagi anda yang sudah terbiasa dengan latihan sederhana tersebut, anda bisa melakukan latihan berikut ini :

–     Berdiri disamping kursi yang tingi yang memungkinkan tangan kita untuk memegangnya.

–    Tanpa memegang genggaman kursi tersebut angkatlah satu kaki anda

–    Tahan sampai hitungan kesepuluh

–     Ulangi pada kaki yang lain

–       Lakukan pada setiap kaki 5 kali

3.   Untuk advance

 Setelah anda merasa sudah bisa melakukan latihan untuk intermediate dengan baik, selanjutnya anda bisa melakukan latihan berikut ini :

–     Berdiri disamping kursi yang tinggi hanya untuk berjaga-jaga saja

–    Tanpa menggenggam kursi angkatlah kaki anda

–      Kemudian pejamkan kedua mata anda

–      Tahan sampai hitungan kesepuluh

–       Ulangi pada kaki yang lain

–      Lakukan pada setiap kaki 5 kali

4.   Latihan keseimbangan

 Latihan keseimbangan bertujuan untuk mengasah sensitivitas sensor proprioseptif. Prinsip gerakan latihan keseimbangan cukup mudah hanya dengan duduk kemudian berdiri yang dilakukan berulang-ulang.

15Inilah sekilas mengenai latihan keseimbangan. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'