Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Push Up

Push Up

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Push Up

Posted on | June 15, 2014 | No Comments

Latihan Push Up

 

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk olahraga yang satu ini. push up pada dasarnya merupakan salah satu bentuk latihan atau olahraga yang banyak dilakukan, khususnya oleh kaum pria dengan tujuan untuk membentuk otot.

Namun, tahukah anda bahwa tidak banyak orang yang bisa melakukan latihan ini dengan benar. Sebenarnya, jika latihan ini dilakukan dengan cara yang salah, maka hasilnya sama saja tidak ada. Oleh karena itu, latihan ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Meskipun terlihat sederhana, namun sebenarnya latihan ini cukup rumit untuk dilakukan. Sebelum kita membahas cara latihan push up yang benar dan baik, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan berolahraga itu.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Untuk lebih jelas mengenai latihan push yang benar dan baik, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.  Latihan push up

Push up memang olahraga yang ringan dan efektif untuk mengecilkan perut. Push up bermanfaat untuk menguatkan lengan dan otot perut. Namun sikap push up yang salah justru tidak membawa manfaat apa pun malah memberi efek buruk pada tubuh.

Adapun beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda melakukan push up, di antaranya adalah :

–     Sebaiknya jangan gunakan alas atau matras saat melakukan push up. Lakukan saja di atas lantai.

–      Posisi tangan melebar di lantai. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, sehingga seluruh tubuh bisa ditopang dengan lurus dan sempurna.

–     Tekuk sikut sambil membuang napas, turunkan posisi bahu sampai sikut membentuk sudut 90 derajat.

–      Kemudian sambil menarik napas, dorong bahu ke atas sambil tangan selurus mungkin, namun usahakan posisi sikut tidak kaku.

–      Push up sebaiknya dilakukan saat perut sedang kosong, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemula disarankan melakukan push up 2 seri setiap hari (25 kali perseri). Selanjutnya bisa ditingkatkan secara bertahap.

2.   Manfaat dari latihan push up

 Pada dasarnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari latihan push up, di antaranya adalah :

–     Mengencangkan otot, menurut sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, testosteron konsisten merespon otot. Push up menggunakan otot-otot besar dada, yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Juga otot lain, termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.

–     Mencegah terjadinya osteoporosis, menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron dapat berkontribusi pada hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan mengakibatkan osteoporosis pada laki-laki. Rendahnya tingkat testosteron juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan, serta atrofi otot dari waktu ke waktu.

–     Menurunkan berat badan dan mengecilkan perut

–    Lebih panjang umur dan menjaga kebugaran tubuh

Inilah sekilas mengenai latihan push up. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'