Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Sit Up

Sit Up

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Latihan Sit Up

Posted on | June 16, 2014 | No Comments

Latihan Sit Up

 

Tentunya istilah latihan sit up ini bukan lagi hal yang baru bagi kita semua. Hampir semua orang mengetahui bagaimana caranya melakukan latihan atau olahraga yang satu ini. biasanya, olahraga ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan atau melatih kekuatan otot.

Seperti latihan otot lainnya, sit up merupakan latihan otot perut yang bertujuan memperindah bentuk perut anda. Selain itu, sit up juga bermanfaat untuk memperkuat otot perut anda juga dapat memperindah bentuk tubuh anda. Bagi mereka yang gemuk, latihan ini mampu menurunkan berat badannya.

Sebelum kita membahas cara melakukan latihan sit up, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai olahraga itu. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Sekilas mungkin latihan sit up mudah untuk dilakukan, namun bagi anda yang belum pernah melakukannya, jangan harap untuk bisa melakukan gerakan ini dengan repetisi yang tinggi. Mulailah dengan sedikit demi sedikit dahulu.

Untuk melakukan gerakan sit up, anda cukup berbaring dengan posisi lutut ditekuk. Rentangkan tangan anda ke atas. Bangunlah perlahan julurkan tangan ke arah lutut, tekuk perut hingga bagian dada menyentuh paha.

Lakukan dengan perlahan baik pada saat bangun maupun kembali keposisi berbaring. Gerakan perlahan ini, tentu membuat beban menjadi sedikit lebih berat, tujuannya bukan lain supaya hasil yang diberikan oleh latihan sit up lebih cepat terlihat.

Lakukan gerakan ini, minimal 30X pada pagi hari dan 30X pada sore hari, namun bagi anada yang baru memulainya, boleh lebih sedikit dari 30. Tambahkan sedikit demi sedikit repetisinya, setelah otot perut anda mulai kuat.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat latihan sit up, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Mengencangkan otot

 Menurut sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, testosteron konsisten merespon otot.

Sit up menggunakan otot-otot besar dada, yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Juga otot lain, termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.

2.   Mencegah terjadinya osteoporosis

 Menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron dapat berkontribusi pada hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan mengakibatkan osteoporosis pada laki-laki.
Rendahnya tingkat testosteron juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan, serta atrofi otot dari waktu ke waktu.

3.  Lebih panjang umur

 Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Greifswald di Jerman menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan bahkan kematian.

Studi yang diikuti peserta selama lebih dari tujuh tahun ini menemukan bahwa orang dengan kadar testosteron rendah 2,5 kali lebih mungkin meninggal dini dibandingkan dengan orang dengan tingkat testosteron lebih tinggi, terlepas dari merokok, konsumsi alkohol atau usia.

4.   Menurunkan berat badan dan mengecilkan perut

 Peneliti Rush University Medical Center dalam studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, menemukan korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral, yaitu lemak yang menumpuk di dalam dan sekitar organ vital di dekat pinggang.

Baik usia maupun ras peserta tidak terbukti menjadi faktor yang signifikan dalam jumlah lemak visceral. Kadar testosteron justru terbukti menjadi ‘prediktor’ terkuat lemak visceral. Menjadikan latihan sit up untuk meningkatkan testosteron dapat membantu menjaga lemak di perut Anda.

Sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan latihan sit up secara rutin dan teratur, mengingat manfaatnya yang begitu besar. Semoga bermanfaat

 

 

 

"

Comments

Leave a Reply





'