Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Makanan Perkutut

Posted on | June 11, 2012 | No Comments

Setiap makhluk hidup perlu makan untuk memenuhi nutrisinya. Pemenuhan gizi dalam tubuh di lakukan dengan makan.  Makan merupakan cara tubuh untuk memenuhi kebutuhan atas tubuh ataupun sel.  Oleh karena  itu sering kali makanan membuat kita bertenaga seteleh mengkonsumsinya, makanan yang baik akan membuat tubuh juga dalam keadaan baik pula.  Pada dasarnya makanan membuat kita lebih bertenaga sebab di setiap makanan mempunyai banyak zat yang  bermanfaat bagi tubuh,  seperti:

  • Zat karbohidrat

Dalamzat ini terkandung manfaat sebagai sumber energi. Sumber energi merupakan seumber dari segala tenaga yang membuat kita mampu untuk bergerak  mampu untuk berfikir serta menjalani hari hari dengan penuh aktivitas

  • Protein

Zat ini dapat memperbaharui sel  sel tubuh dan serta mampu meningkatkan sistim imun dalam tubuh

  • Lemak

Lemak merupakan cadangan energi,dimana karbohidrat telah memenuhi kapasitas maka lemak lah yang menggantikan sebagai energi.

  • Vitamin

Memberi dampak pada tubuh,  mata, kulit dan anggota organ lainnya yang ada di tubuh kita

  1. Mineral

Mempunyai manfaat juga bagi tubuh kita

Seperti halnya manusia hewan juga membutuhkan makanan, baik hewan berjenis  apapun. Burung pun butuh makanan  agar dia tetap  hidup dan berkembang biak. Makanan  sangat besar kebutuhannya bagi kita sebab makanan lah yang membuat kita hidup dan tumbuh  sampai kita dewasa dan tanpa makan kita tak berarti apa apa.  Seperti halnya manusia  yang memiliki makanan,  begitu juga burung juga memiliki makanan mereka tersendiri. Makanan haruslah sesuai dengan apa yang harus konsumsi  sebagai makhluk hidup dan sesuaikanlah kandungan gizi yang anda makan terhadap tubuh anda  agar terjadi keseimbangan guna menuju kesehatan. Begitu pula  dengan burunng mereka juga punya jenis makanan tersendiri, tak mungkin burung memakan makanan manusia  sebab ada beberapa makanan manusia yang malah akan membuat hewan mati,  dan kita pun sebagai manusia tak mungkin memakan makanan burung. Begitu dengan burung yang satu ini yaitu burung perkkutut, kita akan mengetahui makanan perkutut  ini.

Makanan perkutut dapat dibagi menjadi berikut ini :

  • Milet

Milet merupakan makanan perkutut yang berasal  dari luar negeri atau disebut ekspor, makanan ini  memiliki harga yang cukup tinggi karena merupakan barang ekspor dariluar negeri. Milet memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan seekor bururng perkutut oleh karena itu konsumsikan milet pada burung perkutut anda, namun takar lah dalam memberi makanan ini terhadap burung perkutut sebab burung perkutut yang terlalu banyak mengkonsumsi milet akan menderita kegemukan yang membuat mereka susah bergerak dan kemudia  mati/

–          Gabah

Gabah yang digunakan merupakan gabah bangkok yang buak merupakan gabah hasil dari beras indonesia yang jika  diproses akan dapat kita konsumsi, gabah bangkok memiliki ukuran yang lebih kecil dan brbebntuk oval dan gabah bangkok ini dibagi atas 2 jenis  yaitu :

n  Gabah bangkok merah

Gabah ini memiliki warna merah dan pada dasarnya berwarna merah layyaknya beras merah yang masih gabah di indonesi, beras ini memiliki ukuran yang lebih besar dari beras putih dan memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat bagi perkutut yang dikandangkan atau yang hanya diternak

n   gabah putih

gabah ini merupakan gabah yang mempunyaiukuran lebih kecil dari gabah merah dan warnanya sesuai dengan namanya yaitu putihyang biasany akan diberikan pada perkutut lomba yang di tandingkan.

–           Juwawut

Juwawut merupakan makanan perkutut yang berwarna  orange yang butirannya hampir menyerupai makanan perkutut yaitu milet, bentuk dari juwawut ini terasa kasarsangat bagus jika diberikan pada perkutut kandang atau ternakan apalagi pada indukan yang sedang mengerami, sebab pada indukan yang mengerami membutuhkan banyak gizi dan juwawut ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga tidak akan terjadi kejang kejang saat indukan sedang mengerami telur, juwawut harus diberikan rutin perharinya, dan ternyata juwawut dapat  diberikan pada piyek berumur 2 – 5  bulan agar  mempercepat pertumbuhan dari piyik  tersebut.

Berikut tadi makanan perkutut selamat menggunakannya dan semoga cocok dan bermanfaat bagi perkutut anda.

 

 

 

"

Comments

Leave a Reply





'