Portal Informasi STAN Nomor 1

Memilih Perguruan Tinggi

Memilih Perguruan Tinggi Negeri

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

memilih perguruan tinggi

Posted on | April 14, 2012 | No Comments

Tips memilih Perguruan tinggi, Setelah Masa Ujian nasional berahir Perguruan tinggi  menjadi incaran bagi para siswa lulusan SMA maupun sedrajat. Perguruan tinggi menjadi salah satu alternatif yang bisa membantu untuk menggapai masa depan.  Untuk memilih perguruan tinggi sebaiknya jangan asal-asalan, karena memilih perguruan tinggi ibarat kamu memilih jalan hidupmu. Kamu akan menekuni bidang tersebut bertahun-tahun oleh karena itu supaya tidak menyesal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, beberapa antaranya antara lain

1. Pilih jurusan sesuai apa yang disukai atau diminati

Memilih perguruan tinggi bukan seperti memilih sebuah pakaian yang bisa setiap saat ditukar atau berganti baru sesuka hati. Mengambil pilihan perguruan tinggi ibarat mengambil pilihan hidup, mau tidak mau itu akan menjadi bidang yang akan dipelajar bertahun-tahun, misal memilih jurusan akuntansi maka selama bertahun-tahun akan mendalami akuntansi tersebut, jika ini benar minatmu maka mendalami ilmu tersebut bertahun-tahun bukan lah beban tetapi kamu akan menjalani dengan menyengkan, apabila kamu mengambil jurusan yang salah, mungkin yang terjadi kamu akan kurangnyaman dengan materi tersebut dan ahirnya kamu hanya setengah-setengah memahaminya.

2. Jangan Cuma ikut-ikutan

Untuk memilih kuliah jangan Cuma ikut-ikutan teman, kamu harus mencari tahu apa yang kamu minati kemudian kamu bisa mendaftarkan diri sesuai jurusan yang kamu minati, karena bila km hanya ikut-ikutan kemungkinan besar kamu akan kurang nyaman ketika perkuliahan berlangsung.

3. Perbanyak informasi mengenai perguruan tinggi yang akan kamu daftar

Pelajari dan cari info sebanyak mungkin perguruan tinggi yang akan kamu daftar, bila kamu ingin mendaftar ke perguruan tinggi swasta kamu harus tau akriditasi perguruan tinggi tersebut dan prospek kedepannya.

4. Jangan terlalu khawatir terhadap biaya

Di bangku perguruan tinggi banyak sekali beasiswa yang disediakan, beasiswa tersebut ada yang berbentuk pembiayaan kuliah maupun uang saku, beasiswa selain ditujukan kepada mahasiswa kurang mampu, beasiswa juga ditujukan untuk siswa yang berperestasi. selalu update info beasiswa, bagi kamu yang pintar tetapi punya masalah terhadap biaya bisa meminta beasiswa di universitas yang kamu inginkan.

5. Persiapkan diri sebaik mungkin

Selain memilih perguruan tinggi, kamu juga harus siap menghadapi seleksinya, seleksi perguruan tinggi tidak mudah dibutuhkan persiapan untuk bisa mencapi impian kuliah diperguruan tinggi. Cara kamu belajar bisa menggunakan buku atau belajar dari bimbingan belajar khusus persiapan masuk perguruan tinggi.

Semoga tips memilih perguruan tinggi  ini bisa bermanfaat dan bisa membantu adik adik untuk menggapai mimpi

"

Comments

Leave a Reply





'