Portal Informasi STAN Nomor 1

universitas muhammadyah

muhammadyah

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

universitas Muhammadiyah

Posted on | April 2, 2012 | No Comments

Di Indonesia banyak sekali dijumpai lembaga dakwah Islam. Beberapa di antaranya sudah cukup familiar di masyarakat, misalnya saja Muhammadiyah. Muhammadiya sebagai salah satu lembaga islami yang selalu serius dalam berdakwah. Banyak media yang digunakan Muhammadiyah untuk berdakwah, salah satunya adalah melalui pendidikan. Dan Muhammadiyah sangat concern pada media dakwah yang satu ini. Buktinya, tidak sedikit madrasah yang telah didirikan oleh Muhammadiyah. Lihat saja di pelosok negeri ini pasti sangat mudah dijumpai sekolah islam seperti TK Aisyiyah Bustanul Atfal, SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, Mua’limat dan Mu’alimin, SMA Muhammadiyah, dan Universitas Muhammadiyah.

Khusus untuk universitasnya, Muhammadiyah bisa dikatakan telah sukses dalam usahanya mendirikan universitas. Buktinya, banyak universitas yang didirikan Muhammadiyah dan cukup dikenal oleh masyarakat, yakni:

  1. Universitas Muhammadiyah Malang atau yang lebih familiar dengan nama UNMUH Malang.
  2. Universitas Muhammadiyah Surakrta
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  5. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  6. Universitas Muhammadiyah Magelang
  7. Universitas Muhammadiyah Gresik
  8. Universitas Muhammadiyah Makassar
  9. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  10. Universitas MuhammadiyahProf. Dr. Hamka (UHAMKA)
  11. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  12. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Tak hanya universitas yang bersifat universal dalam memberikan meteri perkuliahan, tapi ada juga akademi perawat yang khusus bagi para calon perawat. Hal ini sejalan dengan program Muhammadiyah yang lainnya terkait dengan kesehatan. Muahammadiyah memiliki banyak rumah sakit sehingga membtuhkan banyak tenaga medis, terutama perawat.

Nah, jika ingin tahu lebih banyak tentang universitas yang didirikan muhammdiyah, mungkin ulasan singkat mengenai salah satu Universitas Muhammadiyah yang cukup dikenal masyarakat ini dapat memberikan gambaran.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang sering disebut UMY adalah sebuah universitas swasta yang didirikan oleh lembaga dakwah Muhammadiyah di daerah Wirobrajan Yogyakarta. Pada mulanya kampus ini hanya berupa sebuah gedung kecil sederhana yang dibangun di lapangan sepak bola yang dulu bernama Asri, bersebelahan dengan SMA 1 Yogyakarta. Lalu gedung kecil tersebut berkembang menjadi bangunan tiga lantai. Sekitar tahun 1998, UMY mengalami perkembangan fakultas yakni fakultas kedokteran dibuka di lahan baru di sekitar jalan Sonosewo Sonopakis Yogyakarta, yang berdampingan dengan Universitas PGRI Yogyakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, UMY kini telah menjelma menjadi kompleks perkuliahan di Ring Road Barat di desa Ambarketawang Gamping, Sleman, Yogyakarta. Kini UMY yang bermula dari bangunan kecil itu telah berubah menjadi bangunan modern dan memiliki daya tarik bagi yang melewati kkomplek kampus tesebut.

Tokoh pendiri UMY

Ir. H.M. Dasron Hamid, M.S. yang merupakan pimpinan UMY saat in adalah orang yang terlibat dalam pendirian UMY pada bulan Maret 1981. Beliau mendirikan universitas ini bersama dengan rekan-rekannya, di antaranya adalah: Drs. Mustafa Kamal Pasha; K.H. Ahmad Azhar Basyir, M.A.; Dr. M. Amien Rais, M.A.; H.Mh. Mawardi; Drs. M. Alfian Darmawan; Drs. H. Hasan Basri; Drs. H. Abdul Rosyad Soleh; Ir. H. A. Basit Wahid. Pendirian UMY pada saat itu sangat didukung oleh Ketua Pimpinan Muhammadiyah, yakni K.H.A.R. Fakhruddin, dan Ketua Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni H.M. Muchlas Abror.

Fakultas dii UMY

Hingga sekarang, UMY telah memiliki tujuh fakultas dan satu program pasca sarjana. Tujuh fakultas tersebut adalah: fakultas Agama Islam, fakultas Ekonomi, fakultas Hukum, fakultas Teknik, fakultas Isipol, fakultas Kedokteran, dan fakultas Pertanian.

biaya masuk Universitas Indonesia

Perguruan Tinggi Indonesia di Top 300 Universities in the World

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Biaya Bantuan Pendidikan Bidik Misi

Manfaat Program Beasiswa S2

penerimaan mahasiswa universitas negeri

"

Comments

Leave a Reply





'