Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional (SPN) oleh Direktorat Jenderal Pajak

Posted on | November 2, 2011 | No Comments

Sehubungan dengan pelaksanaan Sensus Pajak Nasional (SPN) oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan RI, dengan ini dimohon perhatian masyarakat akan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahwa akhir-akhir ini diketahui ada oknum yang mengatasnamakan petugas SPN yang menghubungi Wajib Pajak (WP), sehingga dapat meresahkan masyarakat dan/atau WP.

2. Berdasarkan butir 1 (satu) diatas, dengan ini disampaikan bahwa :

  • Saat ini pelaksanaan SPN diprioritaskan pada sentra ekonomi/kawasan bisnis. Jika dikawasan tersebut terdapat gedung bertingkat tinggi (high rise building), maka sensus sekaligus dilakukan  pada gedung tersebut karena merupakan satu kawasan;
  • Dalam melaksanakan tugasnya, petugas SPN di lengkapi dengan surat tugas, kartu pengenal serta memakai seragam berupa rompi dengan desain khusus. Petugas SPN juga mendatangi langsung masyarakat (bukan melalui telepon atau faksimili). Petugas pelaksana sensus terdiri dari 2 orang dalam Unit Pelaksana Sensus (UPS), dan disetiap lokasi sensus dapat terdiri dari + 10 UPS.

3. Jika ada oknum yang mengaku sebagai petugas SPN tanpa dibekali dengan tanda-tanda seperti dimaksud butir 2, diminta agar masyarakat tidak perlu melayaninya.

4. Pelaksanaan SPN dilakukan tanpa dipungut biaya apapun atau gratis. Oleh karenanya jika ada oknum yang mengaku sebagai petugas SPN dan meminta uang atau imbalan lainnya adalah tidak benar, dan masyarakat agar menolak dan melaporkannya kepada pihak berwajib.

5. Apabila masih memerlukan informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat atau Kantor Wilayah (Kanwil) DJP dan Kring Pajak 500200.

Demikian disampaikan, agar masyarakat mengetahui dan memahaminya.

 

a.n. Direktur Jenderal Pajak

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat

 

t.t.d.

 

N.E. Fatimah

NIP 195812121982102001

 

SUMBER : PENGUMUMAN NOMOR : PENG – 11/PJ.09/2011 TANGGAL 28 OKTOBER 2011

"

Comments

Leave a Reply





'