Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Perguruan Tinggi Indonesia di Top 300 Universities in the World

Posted on | September 19, 2011 | No Comments

Penilaian Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2011/2012 pada 5 September 2011, memantapkan Universitas Indonesia (UI) diperingkat ke-217 (peringkat 236 pada 2010). QS World University Ranking 2011/2012 yang menilai lebih dari 600 perguruan tinggi terbaik di dunia menempatkan UI sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam Top 300 Universities in the World. Adapun di Asia, Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi 50 terbaik dari 201 perguruan tinggi di Asia yang dinilai QS.

Quacquarelli Symonds (QS) adalah lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia yang menilai perguruan tinggi berdasarkan beberapa  indikator diantaranya research quality, teaching quality, graduate employability dan internationalitation. QS melakukan pemeringkatan sejak 2004. Lembaga ini menyajikan pemeringkatan berdasarkan subyek seperti peringkat perguruan tinggi di bidang Arts & Humanities, Engineering & Technology, Social Science and Management, natural Science, Life Science and Medicine.

QS World University Ranking menggunakan enam parameter dalam pemeringkatan yaitu academic reputation (40 persen), employer reputation (10 persen), student/faculty ratio (20 persen), citations per faculty (20 persen), international faculty (5 persen) dan international students (5 persen). Berdasarkan indikator penilaian tersebut, secara nasional Universitas Indonesia berada di peringkat atas pada bidang ilmu Arts and Humanities UI (142 dunia), bidang Life Sciences and Medicine (162 dunia) dan bidang Social Sciences & Management (124 dunia). Adapun pada bidang Engineering and Technology dan Natural Science, Institut Teknologi Bandung (ITB) masih yang terbaik di Indonesia dengan berada di peringkat 93 dan 212 dunia.

Selain UI yang berhasil masuk Top 300, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR) dan ITB mewakili perguruan tinggi di Indonesia dalam jajaran 600 perguruan tinggi terbaik dunia. UGM berada di peringkat 321 dunia (80 Asia), UNAIR di peringkat 451-500 dunia (86 Asia) dan ITB di peringkat 401-450 dunia (98 Asia). Pencapaian ini tidak hanya milik UI, UGM, UNAIR dan ITB semata, tetapi juga merupakan prestasi nasional.

Prestasi tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mencanangkan program peningkatan kualitas dan daya saing internasional perguruan-perguruan tinggi nasional melalui program internasionalisasi.Program tersebut dimanifestasikan dalam kegiatan-kegiatan pemberian beasiswa luar negeri bagi dosen, fasilitasi publikasi internasional, fasilitasi riset kolaborasi internasional, pelatihan bagi dosen dan pengembangan sistem manajemen berbasis kinerja.

sumber : www.dikti.go.id

Artikel yang lain

biaya masuk Universitas Indonesia

Perguruan Tinggi Indonesia di Top 300 Universities in the World

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Biaya Bantuan Pendidikan Bidik Misi

Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa penuh

Jika anda ingin kerangka visi km Stan 

"

Comments

Leave a Reply





'