Portal Informasi STAN Nomor 1

akmil, persyaratan akmil

akademi militer, info akmil, pembukaan akmil

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

AKADEMI MILITER (AKMIL)

Akademi Militer (Akmil) merupakan sekolah pendidikan yang berbasis militer . Sekolah ini  mencetak para perwira TNI Angkatan Darat yang lokasinya di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Secara struktural, Akademi Militer berada di dalam lingkup organisasi TNI Angkatan Darat, yang dipimpin oleh Gubernur Akademi Militer yang saat ini dijabat oleh Mayjen TNI Bachtiar, S.IP. Selain itu pendidikan disini bersifat kedinasan, yakni biaya pendidikan gratis dan setelah lulus diwajibkan untuk bekerja di intansi yang terkait (TNI AD).

Pendidikan Akmil dijalani selama 4 tahun. Untuk 1 tahun pertama Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilaksanakan bersama taruna AAL dan AAU. Pendidikan menempuh hingga 52 sks. Selama masa pendidikan, Taruna tidak diperbolehkan  menikah sampai yang bersangkutan menjalani ikatan dinas selama 2 tahun. Sedangkan untuk 3 tahun selanjutnya ditempuh hingga 144 sks. Pada Tingkat III, jurusan pendidikan dibagi menjadi 5, yaitu Jurusan Tempur, Jurusan Teknik Zeni, Teknik Peralatan, Teknik Perhubungan dan jurusan Administrasi.

Untuk dapat mengikuti pendidikan disini, prosesnya cukup panjang. Banyak persyaratan dan tes yang harus dijalani diantaranya :

Persyaratan Umum

 

  1. Asli Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Takwa kepada Tuhan YME.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  4. Usia min. 17 tahun 9 bulan dan max. 22 tahun pada   saat     pembukaan pendidikan.
  5. Jasmani maupun rohani dalam keadaan sehat.
  6. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit yang berdasar pada pengadilan

 

Persyaratan Lain

 

  1. Pria, belum pernah menjadi prajurit TNI maupun Polri
  2. Berijazah SMU/MA program IPA atau yang sedrajat, dengan ketentuan UAN sebagai berikut:

Untuk Lulusan tahun 2007 –  2010. Lulus dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran), bagi calon yang berkacamata batas ukuran maksimal 1 Dioptri, tahun setelahnya nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.

  1. Belum pernah menikah  dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan.
  2. Memiliki tinggi badan mi.167 Cm serta memiliki berat badan yang proporsional.
  3. Bersedia untuk menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  4. Bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Harus ada mendapat surat persetujuan dari orang tua/wali.  Untuk yang wali akan diisi sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan menelaah KTP orang tua/Wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).

Harus mengikuti proses dan prosedur  dalam penerimaan yang meliputi

  1. Administrasi.
  2. Kesehatan.
  3. Jasmani.
  4. Wawancara.
  5. Psikologi.
  6. Akademik.

 

Persyaratan  Tambahan

  1. Bagi yang memperoleh ijazah dari luar negeri, harus mendapat izin dan pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. Calon taruna Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota tubuh lainnya, kecuali karena ketentuan agama/ adat.
  3. Bersedia mentaati semua peraturan bebas KKN baik secara langsung maupun tidak langsung dan jika terbukti secara hukum melanggar maka akan dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

 

 

"
'