prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (STPN)

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang kehadirannya cukup lama di Indonesia dan banyak lulusanya yang sudah bekerja dan tersebar di seluruh wilayah indonesia. STPN memiliki filosofi sejarah yang panjang sebagai Perguruan Tinggi sejak tahun 1963, dengan asal mula namanya Akademi Agraria, sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua di Indonesia.

Jika dilihat secara khusus, substansi pendidikannya sangat teratur dimana Pendidikan Tinggi Pertanahan diselenggarakan dengan sistem pembelajaran secara terpadu, yang menekuni kekhususan bidang tersebut dan berusaha mengembangkannya sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mandiri dan terampil. Jurusan program Sekolah tinggi pertanahan ada 2 yaitu:

1. PROGRAM DIPLOMA IV PERTANAHAN

Badan pertanahan nasional merupakan pelopor diselenggarakanya program diploma IV pertanahan. Yang menjadi Mahasiswa Diploma IV adalah PNS utusan dari kantor pertanahan atau instansi pertanahan pemerintah daerah atau pusat dengan status sebagai mahasiswa tugas belajar

Terdapat  2 jurusan pada program diploma IV pertanahan, yaitu :

a. Jurusan Manajemen Pertanahan

b. Jurusan Perpetaan

Sistem pendidikan dan pengajaran lebih diarahkan ke praktek, dengan proporsi 40% teori dan 60% praktek. Mata kuliah yang harus ditempuh ada 3, yaitu : Mata Kuliah Umum (MKU);  Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK); Mata Kuliah Keahlian (MKK)

 

2. PROGRAM DIPLOMA I PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL(PPK)

Hukum tanah nasional menjadi dasar pembangunan dibidang pertanahan yang telah dimulai sejak ditetapkannya Undang-undang Pokok Agraria (UU Nomor 5 Tahun 1960). Poin utama dari Undang-undang tersebut adalah pendaftaran tanah ke pemerintah yang sifatnya wajib, tujuannya yaitu untuk memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah bagi pemilik tanah terhadap obyek hak( bidang tanah yang dimiliki). Dalam perkembangannya, selain tujuan untuk kepastian hukum, pendaftaran tanah juga bertujuan sebagai dasar informasi pertanahan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

Oleh karena itu, Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral akan sangat menunjang dicetaknya para ahli yang trampil di bidang pertanahan. Pendidikannya hanya dilakukan selama 2 semester.

Persyaratan calon mahasiswa D1 pertanahan, yaitu:

  • Lulusan SMA/MAN jurusan IPA dan SMK jurusan bangunan/survey pemetaan
  • Usia maksimal 23 tahun
  • Nilai rata – rata raport kelas 1 – 3, minimal 6,5
  • Khusus untuk mata pelajaran Matematika, nilai rata – rata kelas 1 – 3, minimal 6,5

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di website: http://www.stpn.ac.id

"