Portal Informasi STAN Nomor 1

Perlengkapan Pencak Silat

Perlengkapan Pencak

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Perlengkapan Pencak Silat

Posted on | May 16, 2014 | No Comments

Perlengkapan Pencak Silat

 

Pada dasarnya, istilah pencak silat ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari anda. hal ini karena olahraga yang satu ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang cukup populer di kawasan Asia dan termasuk Indonesia sendiri.

Olahraga bela diri ini juga merupakan salah satu bentuk olahraga yang dipertandingkan di seluruh dunia secara berkala. Olahraga ini juga mempunyai banyak sekali aliran, termasuk di Indonesia sendiri.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya olahraga ini bisa secara bebas anda lakukan. Namun, tentunya anda harus mempunyai perlengkapan pencak silat. Sebelum kita membahas hal tersebut, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai pencak silat.

Sebenarnya, nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu telah memiliki cara membela diri yang ditujukan untuk melindungi dan mempertahankan kehidupannya atau kelompoknya dari tantangan alam.

Mereka menciptakan seni bela diri dengan menirukan berbagai gerakan binatang yang ada di sekitarnya, misalnya gerakan kera, harimau, ular atau burung elang. Setelah itu, kesenian ini berkembang sesuai berjalannya waktu, sampai dengan menggunakan perisai, parang atau tombak.

Diperkirakan silat masuk ke nusantara pada abad ke 7 M, akan tetapi asal mulanya belum bisa ditentukan secara pasti. Seorang peneliti silat yang bernama Donald D. Draeger berpendapat bahwa bukti adanya seni bela diri ini bisa dilihat dari berbagai artifak senjata yang ditemukan pada masa klasik, serta pahatan relief yang berisikan sikap kuda kuda di candi Borabudur.

Dalam bukunya, ia juga menuliskan bahwa senjata dan seni bela diri silat merupakan hal yang tak terpisahkan, bukan hanya dalam olah tubuh saja, melainkan juga dalam hubungan spiritual yang terkait dengan kebudayaan.

Untuk lebih jelas mengenai perlengkapan pencak silat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.  Perlengkapan pencak silat

 Selain bertarung dengan tangan kosong, pencak silat juga mengenal berbagai macam senjata, di antaranya adalah :

–  Keris, merupakan sebuah senjata tikam berbentuk pisau kecil, sering dengan bilah bergelombang yang dibuat dengan melipat berbagai jenis logam bersama-sama dan kemudian cuci dalam asam.

–  Kujang, yang merupakan pisau khas Sunda

–    Samping, yang merupakan selendang kain sutera dipakai sekitar pinggang atau bahu, yang digunakan dalam penguncian teknik dan untuk pertahanan terhadap pisau

–  Galah, yang merupakan tongkat yang terbuat dari kayu, baja atau bambu.

–    Cindai yang merupakan kain yang biasanya dipakai sebagai sarung atau dibungkus sebagai kepala gigi. Tradisional perempuan menutupi kepala mereka dengan kain yang dapat diubah menjadi cindai.

–   Tongkat, yang merupakan tongkat berjalan yang dibawa oleh orang tua, pengelana dan musafir.

–     Kipas yang merupakan kipas lipat tradisional yang kerangkanya dapat terbuat dari kayu atau besi.

–      Kerambit yang merupakan sebuah pisau berbentuk seperti cakar harimau yang bisa diselipkan di rambut perempuan.

–    Sabit yang biasa digunakan dalam pertanian, budidaya dan panen tanaman

–     Rencong yang merupakan belati Aceh yang sedikit melengkung

2.      Tingkat kemahiran pencak silat

 Secara ringkas, murid silat atau pesilat dibagi menjadi beberapa tahap atau tingkat kemahiran, yaitu:

–    Pemula, diajari semua yang tahap dasar seperti kuda-kuda,teknik tendangan, pukulan, tangkisan, elakan,tangkapan, bantingan, olah tubuh, maupun rangkaian jurus dasar perguruan dan jurus standar IPSI

–  Menengah, ditahap ini, pesilat lebih difokuskan pada aplikasi semua gerakan dasar, pemahaman, variasi, dan disini akan mulai terlihat minat dan bakat pesilat, dan akan disalurkan kepada masing-masing cabang, misalnya Olahraga & Seni Budaya.

–    Pelatih, hasil dari kemampuan yang matang berdasarkan pengalaman di tahap pemula, dan menengah akan membuat pesilat melangkah ke tahap selanjutnya, dimana mereka akan diberikan teknik – teknik beladiri perguruan, dimana teknik ini hanya diberikan kepada orang yang memang dipercaya, dan mampu secara teknik maupun moral, karena biasanya teknik beladiri merupakan teknik tempur yang sangat efektif dalam melumpuhkan lawan / sangat mematikan .

–          Pendekar, merupakan pesilat yang telah diakui oleh para sesepuh perguruan, mereka akan mewarisi ilmu-ilmu rahasia tingkat tinggi.

Inilah sekilas mengenai perlengkapan pencak silat. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'