Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Scholarship-Kesempatan Belajar di Tengah Kesempitan

Posted on | March 26, 2012 | No Comments

Scholarship atau yang lebih familiar dengan istilah beasiswa adalah suatu sarana yang diberikan kepada seseorang yang memiliki prestasi yang luar biasa, tapi kurang beruntung di bidanga finansial dalam membiayai proses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya melalui pendidikan.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat beragam. Semua itu tergantung pada siapa yang memberikan beasiswa dan apa tujuan diberikannya beasiswa. Oleh karena itulah, tidak ada patokan pasti tentang aturan untuk mendapatkan beasiswa. Dan untuk alasan itu juga, para pemburu beasiswa harus memenuhi persyaratan yang diterapkan oleh si pemberi beasiswa.

Bagi pemburu beasiswa, perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis scholarship yang umumnya ditawarkan oleh pemberi beasiswa. Beikut gambaran singkat tentang beasiswa yang umunya diberikan oleh pendonor beasiswa.

  1. Merit based

Beasiswa jenis ini diberikan kepada orang-orang yang yang memiliki prestasi dalam bidang tertentu, misalnya prestasi dalam bidang akademik, prestasi dalam bidang olah raga, prestasi dalam bidang kesenian, dan prestasi di bidang-bidang lainnya.

Pada umumnya, pendonor beasiswa jenis ini adalah institusi pendidikan atau dapat juga diberikan oleh organisasi yang menyeponsori. Peserta yang mengikuti program beasiswa akan lolos jika mampu memperoleh score tertinggi dari serangkaian tes yang diberikan pihak pemberi beasiswa. Selain itu, prestasi khusus dalam bidang yang telah disebutkan di atas akan berpengaruh signifikan pada perolehan score.

  1. Beasiswa bagi yang kurang beruntung dalam bidang finansial

Tiap anak berhak memperoleh pendidikan. Dan dengan dukungan yang baik, seorang anak dapat memberikan kemampuan terbaiknya serta mampu meraih prestasi di luar dugaan orang tuanya. Akan tetapi, tidak semua anak mendapatkan kesempata untuk dapat mengenyam pendidikan sampai jenjang tertinggi. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya dukungan dari orang tua dalam bidang finansial untuk membiayai sekolah.

Sebenarnya, alasan finansial tersebut dapat diatasi dengan mengikuti program beasiswa. Dengan program beasiswa ini, anak yang kurang mampu dapat memperoleh kesempatan belajar di tengah kesempitan. Pada umumnya, syarat utama untuk mendapatkan beasiswa jenis ini tidak menyertakan syarat yang memberatkan selain sang anak memiliki konsistensi dan kemauan yang besar untuk belajar dan kurang mampu dalam hal finansial.

  1. Beasiswa khusus

Beasiswa jenis ini biasanya mensyaratkan persyaratan yang spesifik, dan kadang prestasi peserta yang mengikuti program beasiswa ini tidak dinilai secara signifikan. Yang dimaksud dengan persyaratan yang spesifik tersebut adalah sejarah siswa, jenis kelamin, ras, keluarga, riwayat kesehata, agama, dan masih banyak lagi.

  1. Beasiswa lainnya

Sedangkan untuk besiswa jenis lainnya ini pada umumnya memberikan ikatan dinas bagi peserta pengikut program beasiswa ini. misalnya saja, suatu perusahaan memberikan beasiswa dan jika si penerima beasiswa tersebut telah lulus nantinya diwajibkan untuk bekerja di perusahaan yang memberikan beasiswa tersebut.

Pendonor beasiswa

Beasiswa dapat diperoleh dari beragam sumber. Dari sekian banyak pendonor beasiswa, dapat dikategorikan menjadi:

  1. Lembaga pemerintah

Lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa bisa jadi merupakan departemen pendidikan atau bisa juga departemen lainnya. Tidak sedikit dari lembaga pemerintah ini yang memberikan beasiswa yang bersifat ikatan dinas.

  1. Lembaga swasta

Lembaga swasta yang sering memberikan beasiswa seringnya adalah perusahaan ternama. Bisa juga lembaga swasta yang memberikan beasiswa ini merupakan organisasi khusus yang menghimpun dana dari masyarakat untuk disalurkan kepada anak yang kurang mampu tapi ingin terus sekolah.

"

Comments

Leave a Reply





'