Portal Informasi STAN Nomor 1

Senam Ritmik

Senam

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Senam Ritmik

Posted on | July 1, 2014 | No Comments

Senam Ritmik

 

Tentunya sebagian besar dari anda sudah pernah mendengar istilah senam ritmik ini. Pada dasarnya, senam ritmik itu merupakan istilah lain untuk menyebutkan senam irama. Mungkin anda sudah pernah mempelajari hal ini dalam pelajaran penjaskes ketika anda duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani

 Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang

Selain itu, senam ritmik juga merupakan salah satu cabang olahraga senam yang sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak orang yang melakukan aktivitas ini, khususnya wanita untuk menjaga bentuk tubuh mereka.

Pada dasarnya, senam berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani Kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda serta pada pertunjukkan sirkus. Senam ini biasanya digunakan sebagai sarana rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran dan lainnya.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Untuk lebih jelas mengenai senam ritmik, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.   Senam ritmik atau senam irama

 Senam ritmik (Modern rhythmic) disebut juga senam irama karena seluruh gerakannya harus sesuai dengan irama yang mengiringinya. Senam ritmik pada pesta olahraga juga dilombakan, baik dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Tinggi rendahnya tingkat kesulitan gerakan merupakan kontribusi untuk mendapatkan nilai yang paling besar.

Senam ritmik adalah khusus untuk putri, di Indonesia perkembangan tidak sepesat senam artistic yang untuk putra dan putri, walaupun kedua jenis senam ini dalam satu wadah organisasi yaitu PERSANI untuk nasional dan FIG (Federation International de Gymnastique) untuk international.Senam ritmik di Indonesia berkembang setelah tahun 1984.

Pada tahun 1984, senam yang berbentuk gerak tari ini masuk dalam kancah Olimpiade, dan pertama kalinya dipertandingkan secara internasional. Senam ritmik modern memang menarik, karena elemen dari dansa dan permainan digunakan untuk menciptakan rangkaian menarik dengan menggunakan bola, tali, simpai, pita dan gada, yang dimainkan sesuai iringan musik.

Indikator kualitas penampilannya terletak pada irama, aliran, kontras yang dinamis dari seluruh gerakan yang berupa tarian. Anak-anak di sekolah dasar (SD) benar-benar menyukai elemen ritmik dari gerakan yang mereka lakukan, dan ketika mereka dapat menangkap, memantulkan, serta melontarkan bola atau alat lain.

Mereka merasakan adanya penguasaan tambahan di dalam perbendaharaan gerak mereka. Mereka juga akan menyukai tantangan untuk menciptakan komposisi rangkaian senam sederhana yang dikaitkan pada musik populer yang sederhana.

2.   Unsur-unsur dalam senam ritmik

 Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama adalah :

–   Kelentukan

–    Keseimbangan

–      Keluwesan

–      Fleksibilitas

–      Kontinuitas

–      Ketepatan dengan irama

Sebenarnya kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan.

Ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu :

–    Ketepatan musik/irama

–       Kelentukan (fleksibilitas)

–      Kontinuitas gerakan

Senam ritmik dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu :

–    Senam ritmik tanpa alat

–     Senam ritmik menggunakan alat (gada, tongkat, bola, simpai, tali (selendang)

Inilah sekilas mengenai senam ritmik. Semoga bermanfaat

 

"

Comments

Leave a Reply





'