Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Seputar Beasiswa Monbukagakusho

Posted on | March 24, 2012 | No Comments

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Jepang adalah negara yang luar biasa. Dengan wilayahnya yang kecil, Jepang telah mampu menyulapnya menjadi negara dengan industri yang hampir di setiap negara produknya dapat dijumpai, terutama di bidang teknologi. Tak hanya itu, dengan kerja kerasnya yang tidak pernah kenal menyerah dan kreativitasnya yang tinggi, Jepang yang pernah luluh lantah akibat bom atom di tahun 1945 telah berubah menjadi negara yang disegani. Semua pencapaian yang diraih Jepang ini berkat pendidikan yang diterpakan di negara tersebut sangat baik. Karena pendidikannya yang baik inilah, banyak sekali orang yang tertarik ingin belajar ke Jepang. Apalagi, pemaerintah Jepang juga memang mengadakan program beasiswa tiap tahunnya. Program beasiswa ini dikenal dengan nama beasiswa Monbogakusho yang diberikan oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Pemerintah Jepang. Tak tanggung-tanggung, pemerintah Jepang memberikan beasiswa ini kepada seluruh warga negara dunia, termasuk Indonesia.

Indonesia dan Jepang telah lama menjalin hubungan baik bilateral, termasuk dalam hubungan pendidikan dan budaya. Hingga saat ini, sudah banyak pelajar dari Indonesia yang tercatat sedang menempuh pendidikan di negeri Sakura ini. Tak sedikit dari mereka yang pergi sekolah ke Jepang karena mendapatkan beasiswa, tapi tak sedikit juga yang berangkat denga biaya sendiri. Bagi mereka yang belajar ke Jepang dengan fasilitas beasiswa, banyak yang memanfaatkan beasiswa Monbogakusho. Beasiswa ini sudah memberikan uang saku untuk biaya studi dan biaya hidup selama di Jepang. Namun, beasiswa ini tidak memberikan jaminan kerja atau jaminan setelah si penerima beasiswa tersebut lulus. Bagi yang berminat untuk iseng-iseng mencoba beasiswa ini, siapa tahu lolos seleksi, dapat mendapatkan informasi lebih lanjut melalui media internet di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html. atau jika ada yang berminat untuk langsung menanyakan keterangan yang lebih detail bisa mengunjungi kedutaan besar Jepang di Indonesia yang berada di beberapa kota besar di Jakarta, Surabaya, Medan, atau Makassar. Dan yang paling penting adalah beasiswa ini diberikan setiap tahun. Kesempatan yang menyenangkan bukan?

Ragam Jenjang Pendidikan yang Ditawarkan Melalui Beasiswa Jepang

Ada banyak jenis tingkat pendidikan yang ditawarkan oleh beasiswa Jepang ini. Pada umunya beasiswa Monbogakusho ini dikategorikan menjadi empat macam:

  1. Beasiswa bagi lulusan SMA

Bagi para siswa lulusan SMA, pemerintah Jepang memberikan ragam pilihan jenjang pendidikan yang dapat dipilih untuk melanjutkan studi. Beasiswa untuk lulusan SMA ini ada yang berupa program D1, beasiswa program D3, beeasiswa program S1. Biasanya, program beasiswa bagi lulusan SMA ini dimulai pada bulan Mei dan berakhir pada bulan Juni. Jika ingin mendapatkan informasi beasiswa jenis ini, dapat mengunjungi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.

  1. Beasiswa program research student

Beasiswa selanjutnya adalah yang diberikan kepada para akademisi yang ingin melakukan riset di jenjang S2 atau S3 sesuai dengan bidang yang pernah digelutinya di jenjang pendidikan sebelumnya. Informasinya dapat dilihat di situs yang beralamat di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html.

  1. Beasiswa program teacher training

Beasiswa yang satu ini khusus diberikan kepada anda yang berprofesi sebgai guru. Program beasiswa ini tanpa gelar, lama belajar sekitar satu setengah tahun ditambah enam bulan untuk belajar bahasa Jepang. Bagi anda para guru yang ingin mendapatkan beasiswa ini bisa mengakses http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Beasiswa program Japanese training

Khusus bagi para mahasiwa sastra Jepang, pemerintah Jepang memberikan beasiswa non-gelar bagi yang tertarik untuk mengikuti training mendalam tentang bahasa dan budaya Jepang. Jika anda mahasiswa jurusan sastra Jepang dan berminat untuk mendapatkan training gratis, silakan kunjungi situs ini: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

"

Comments

Leave a Reply