Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

SPMB

Posted on | April 2, 2012 | No Comments

SPMB adalah singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. SPMB merupakan tahapan yang berupa registrasi dan seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. SPMB biasanya diikuti oleh lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Biasanya SPMB ini dilakukan melalui dua macam ujian, yakni Penyaluran Minat dan Bakat (PMDK) dan ujian mandiri. PMDK biasanya berdasarkan nilai raport atau prestasi. Sedangkan ujian mandiri biasanya berupa tes saringan masuk yang berisi tentang materi pelajaran SMA.

Sejak pertama kali diadakan, SPMB telah mengalami berkali-kali ganti istilah. Meskipun berubah-ubah nama, pada intinya tetaplah sama. Seleksi masuk perguruan tinggi ini merupakan media penyaringan siswa berprestasi untuk ditempatkan di jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat yang dipilihnya serta kemampuannya.

Saat ini SPMB untuk perguruan tinggi negeri tidak kalah mahal biayanya dengan ujian masuk perguruan tinggi swasta. Namun, opini yang telah terbentuk di masyarakat tentang SPMB, terutama di pedesaan, membuat para orang tua tetap bersemangat mendorong anaknya agar lulus SPMB sehingga bisa diterima di PTN favorit. Seolah lulus SPMB itu adalah suatu kewajiban dan kebanggan tersendiri.

Kisah Bermulanya SPMB

SPMB bermula dari terbentuknya SKALU (Sekretariat Kerjasama antar Lima Universitas). Seleksi ini pada mulanya dilakukan pada tahun 1976. SKALU ini terdiri dari lima PTN favorit pada masanya dan merupakan dambaan bagi lulusan SMA yang ingin meraih gelar sarjana yang kompeten di bidangnya. PTN yang tergabung dalam SKALU pada saat itu adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair).

Pada saat dimulainya SKALU, seleksi penerimaan mahasiswa sudah menggunakan sistem seperti saat ini, yakni diadakan secara serentak. Jadi, calon mahasiswa tidak repot harus hadir di ujian universitas yang diimpikannya. Saat itu, Depdiknas menganggap cara ini cukup membantu bagi para peserta seleksi yang jarak rumah dengan PTN favoritnya jauh sehingga bisa menghemat biaya.

Selanjutnya, pada tahun 1977 sistem seleksi diperbaiki oleh SKALU dengan opsi memilih program studi yang lebih banyak. Dan pada tahun 1979 sistem seleksi serentak ini mulai diperkenalkan dengan mengajak PTN lainnya yang lebih banyak lagi. Hingga pada akhirnya, PTN yang masuk dalam sistem SPMB dalam menerima mahasiswanya ini digolongkan menjadi:

  1. Cikal Bakal SPMB-Proyek Perintis 1

Proyek SPMB pada wilayah ini mencakup sepuluh PTN. Tambahan PTN yang terlibat dalam SKALU adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Sehingga total PTN yang masuk dalam SKALU dari yang semula lima menjadi ada sepuluh.

Makin banyaknya minat PTN lain untuk berpartisipasi dalam SPMB ini, sehingga publik mulai terbiasa menyebut sistem seleksi serentak ini dengan istilah SKASU (Sekretariat Kerja Sama Sepuluh Universitas).

  1. Cikal Bakal SPMB-Proyek Perintis 2

Pada proyek kedua ini, muncullah 23 PTN yang turut menerapkan sistem seleksi serentak ini. Proyek ini menerapkan aturan bahwa calon mahasiswa diperkenankan memilihh tiga prodi di tiga PTN favorit. Ada tiga PTN yang saat itu juga mengadakan seleksi mahasiswa tanpa tes, yakni IPB, UI, dan UGM.

  1. Cikal Bakal SPMB-Proyek Perintis 3

Makin banyak PTN ikut andil dalam sistem seleksi calon mahasiswa ini. Bahkan Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) pun mulai tertarik untuk masuk menerapkan sistem seleksi yang sama.

Bermulanya SPMB

Telah ada kurang lebih lima kali pergantian nama seleksi masuk PTN. Lalu diberikan nama Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Jalur yang tanpa tes dinamakan PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat). Kemudian kedua istilah itu diganti menjadi UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada tahun 2001, istilah UMPTN diganti menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Dan pada tahun 2009 hingga sekarang, SPMB diganti namanya menjadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

"

Comments

Leave a Reply





'